Home » , » Biografi Fatin Shidqia - Penyanyi Muda Bersuara Emas

Biografi Fatin Shidqia - Penyanyi Muda Bersuara Emas

Fatin Shidqia
Siapa yang tidak mengenal Fatin Shidqia Lubis, dia adalah gadis belia yang tenar pada usia 17 tahun lewat ajang pencarian bakat  X Factor Indonesia, lepas dari  X Factor Indonesia, Penyanyi yang lahir 30 Juli 1996 ini melanjutkan karirnya dengan mengeluarkan debut single "Aku Memilih Setia" yang langsung menempati posisi 1 di chart iTunes Indonesia.

Fatin mengikuti audisi musim pertama dari X Factor Indonesia dengan membawakan lagu Bruno Mars yang berjudul"Grenade". Kala itu dia masih memakai seragam OSIS sekolah karena dia sebelumnya izin sekolah untuk mengikuti audisi ini. Dia pun memakai sweater berwarna abu-abu bergaris-garis. Hal ini karena dia sedang dalam kondisi sakit ketika melantukan lagu "Grenade". Tepuk tangan meriah ia dapatkan dari keempat juri dan para penonton. Rossa mengatakan bahwa suara fatin sangat bagus. Ahmad mengatakan bahwa ia sangat suka suara Fatin. Sementara itu Mulan mengatakan bahwa suara Fatin "bahaya".Keempat juri memberikan 4 Yes. Ia pun berhak maju ke tahap bootcamp 1.

Di tahap tersebut Fatin menyanyikan lagu "Rindu" secara group bersama teman grupnya yakni Mersya Veronica-Mahasiswi(19), Alifia Yeri-Freelancer(22), Yemima Novalia-Mahasiswi(19), dan Bella-Mahasiswa(19). Saat menyanyikan lagu asal Agnes Monica itu, Fatin sempat salah lirik. Hal ini karena ia merasa gugup.

Babak selanjutnya yakni ;Bootcamp 2 (Dance Challenge) dimana peserta X Factor harus menari bersama-sama. Sayangnya Fatin dinyatakan tidak lolos pada Dance Challenge ini sehingga juri memberikan Mini Challenge yaitu menyanyi secara acapela (tanpa iringan musik), pada waktu ini Fatin menyanyikan lagu "Paris Oh La La". Diapun akhirnya dinyatakan lolos yang membawanya dia untuk tampil di babak selanjutnya yakni Bootcamp 3.

Pada tahap Bootcamp 3 ini, Fatin membawakan lagu Foster The People yang berjudul "Pumped Up Kick". Meskipun sempat lupa lirik, namun Fatin tetap mendapatkan pujian, hal ini karena suaranya yang benar-benar khas.

Fatin pun lanjut ke babak selanjutnya yakni Judges Home Visit. Dihadapan juri Rossa dan Maia, ia melantukan lagu "Cintakan Membawamu Kembali" karya Dewa19. Sayang lagu ini tidak pas dengan karakter Fatin sehingga wajar jika Maia mengatakan bahwa Fatin tidak menyanyikan lagu ini dengan rasa indah.Namun Rossa masih percaya dengan kemampuam karakter vokal Fatin. Iapun meloloskannya hingga akhirnya ia melanjutkan ke babak berikutnya yakni Showcase, dimana ia tampil dengan ke12 kontestan lainnya secara live dihadapan 4 juri (Ahmad Dhani, Rossa, Anggun, dan Beby Romeo) dan ribuan penonton. Fatin saat itu menyanyikan lagu dari Rihanna yang berjudul "Diamond".

Fatin pun melanjutkan ke tahap Gala Show pertamanya. Ia melantukan lagu dari Adele "Rumour Has It".Kemudian Fatin lolos dan melangkah ke babak selanjutnya yakni Gala Show 2 yang bertemakan "Song from mentor", yang mana dia menyanyikan lagu "Pudar". Ia mulai beradaptasi menyanyi dengan menari bersama penari lainnya. Fatin dinyatakan lolos dan berhak lanjut ke babak berikutnya.

Babak ini (Gala Show 3) bertemakan "My Favourite Song". Fatin menyanyikan lagu "Girl On Fire" asal penyanyi Alicia Keys sambil menge-rap. Disini karakter serak Fatin muncul. Diapun dinyatakan lolos. Pada Gala Show selanjutnya, Fatin tampil nge-Rock dengan menyanyikan lagu "Don't Speak" diapun Lolos ke Gala Show 5.Pada Gala Show 5 ini, Fatin menyanyikan lagu slow dari Maudy Ayunda yang berjudul "Perahu Kertas". Fatin melangkah ke babak selanjutnya, Gala Show 6 yang mengambil tema "My Inspiration Song". Fatin memilih lagu Bruno Mars yang berjudul It Will Rain. Ia pun lolos dan berhak melanjutkan ke Gala Show 7 dimana dia membawakan lagu Duffy yang berjudul "Mercy". Disini Fatin mulai bernyanyi sambil berinteraksi dengan penonton. Fatin juga disebut finalis yang sering lupa, sudah banyak yang waktu Gala Show dia lupa lirik.

Fatin lanjut hingga Grand Final dan menyanyikan "Katakan Tidak" dengan Afgansyah Reza,"Stay",dan Lagu Kemenangannya "Aku Memilih Setia" yang langsung menjadi Top Songs di Chart iTunes Indonesia.

Pada 25 Mei 2013, Fatin dinyatakan sebagai pemenang X Factor Indonesia musim pertama.

Setelah memenangkan X Factor Indonesia musim pertama, Fatin meluncurkan single perdananya yang berjudul "Aku Memilih Setia". Video Klip single perdananya tersebut pertama kali ditayangkan pada acara Konser Super X.

Fatin juga banyak menjadi bintang tamu di berbagai acara seperti pada tanggal 27 Mei 2013 tampil di Indonesian Movie Awards bersama rekannya di X Factor Indonesia musim pertama Shena Malsiana dan Alex Rudiart Hutajulu. Di acara ini, Fatin membawakan lagu "Ada Apa Dengan Cinta? milik Melly Goeslaw Pada tanggal 14 Juni 2013 tampil di Indonesia Kids Choice Awards 2013 bersama Mikha Angelo.

 Pada tanggal 5 Juli Fatin juga tampil di acara Satu Jam Lebih Dekat di TvOne. Disini, Fatin banyak bercerita mengenai kehidupannya sebelum mengikuti X Factor Indonesia. Di acara ini Fatin membawakan lagunya sendiri "Aku Memilih Setia" dan "Grenade" dari Bruno Mars Setelah single perdananya,Fatin mengeluarkan single keduanya yang berjudul "KekasihMu". Lagu ini dirilis bersamaan dengan terpilihnya Fatin sebagai Brand Ambasador Rabbani di acara tersebut

Pada 7 November 2013, Fatin merilis single ketiganya yang berjudul "Dia Dia Dia". Perilisan single ini bersamaan dengan musik video di YouTube. Musik video untuk single ini, Fatin syuting di kota Paris,Perancis dan Vienna,Austria bersamaan dengan syuting film 99 Cahaya di Langit Eropa. Pada tahun ini, Fatin juga mendapatkan penghargaan dari Tabloid Bintang sebagai Bintang Paling Berkilau 2013 bersama beberapa artis lainnya.

Pada 11 November 2013, Fatin merilis album pertamanya yang berjudul For You dibawah naungan Sony Music Indonesia Di album ini Fatin banyak bekerja sama dengan musisi asing seperti Gustav Efraimsson yang merupakan penulis lagu dan produser musik berkebangsaan Swedia, dan merupakan produser musik yang pernah bekerja sama dengan NKOTBSB (New Kids On The Block & Backstreet Boys) dan Hayden Bell seorang produser musik berkebangsaan Australia.

Di album perdana ini, beberapa lagu Fatin untuk penyelesaian akhirnya dilakukan di studio di Swedia oleh Hayden Bell. Pada 22 November 2013, Fatin merilis musik video terbarunya di YouTube yang berjudul "Cahaya Di Langit Itu". Lagu ini juga menjadi soundtrack film 99 Cahaya Di Langit Eropa yang juga merupakan film perdana Fatin dan akan tayang pada 5 Desember 2013. Pada tahun ini juga, Fatin berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Rising Star of the Year pada ajang Yahoo! OMG Awards 2013, dan masuk nominasi di World Music Awards untuk kategori Worlds Best Female Artist. Fatin juga berhasil menduduki puncak polling di situs TheTopTens.com pada kategori 'Best Female Singer in Asia' dan 'Best Indonesian Female Pop Soloist'. Situs TheTopTens merupakan situs yang memuat list sepuluh teratas yang kemudian di-vote oleh pengunjung yang tersebar di seluruh dunia. dan masuk di nominasi HAI Reader's Poll Music Awards 2013 untuk kategori 'The Best Fresh Meat' dan 'The Best Female'. Penghargaan ini merupakan penghargaan tahunan yang diadakan oleh majalah HAI.

Pada akhir tahun 2013, Fatin mengeluarkan buku Biografi yang ditulis oleh Sundari Mardjuki, buku yang berjudul  "Fantastic Fatin" tersebut berisi tentang perjalanan hidupnya dari kecil hingga sekarang.