Biografi Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) - Sastrawan, Ulama, Ahli filsafat, Aktivis politik

Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA)
Haji Abdul Malik Karim Amrullah


Nama panggilan: Hamka, Buya Hamka 

Tempat lahir: Sungai Batang, Tanjung Raya, Agam, Hindia-Belanda 

Tanggal Lahir: 17 Februari 1908 Meninggal : 24 Juli 1981 (umur 73) Jakarta Kebangsaan: Indonesia Suku bangsa: Minangkabau 

Minat utama: Tafsir Al-Qur'an, hukum Islam, dan sejarah Islam 

Karya terkenal: Tafsir Al-Azhar, Tenggelamnya Kapal Van der Wijck, Di Bawah Lindungan Ka'bah

Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan julukan Hamka, yang merupakan singkatan namanya, Belakangan ia diberikan sebutan Buya, yaitu panggilan untuk orang Minangkabau yang berasal dari kata Abi atau Abuya dalam bahasa Arab yang berarti Ayahku atau seseorang yang dihormati. Hamka adalah sastrawan Indonesia, sekaligus ulama, ahli filsafat, dan aktivis politik. Oleh pemerinytah Indonesia belia dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada tanggal 7 November 2011 melalui Keppres No. 113/TK/2011. Beliau lahir di Sungai Batang, Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, 17 Februari 1908 dan meninggal di Jakarta, pada 24 Juli 1981 saat berusia 73 tahun.


Kehidupan awal

Hamka lahir pada 17 Februari 1908 [Kalender Hijriyah: 13 Muharram 1362] di Minangkabau, Sumatera. Beliau merupakan anak pertama dari tujuh orang bersaudara dan dibesarkan dalam keluarga yang taat melaksanakan ajaran agama Islam. Ayahnya bernama Abdul Karim Amrullah, ulama pembaru Islam di Minangkabau yang akrab dipanggil dengan sebutan Haji Rasul, sementara ibunya, yakni Sitti Shafiyah, berasal dari keturunan seniman di Minangkabau. Adapun ayah dari Abdul Karim, kakek Hamka, yakni Muhammad Amrullah dikenal sebagai ulama pengikut Tarekat Naqsyabandiyah.

Ketika kecil Hamka tinggal bersama neneknya di sebuah rumah di dekat Danau Maninjau. Ketika berusia enam tahun, ia pindah bersama ayahnya ke Padang Panjang. Sebagaimana umumnya anak-anak laki-laki di Minangkabau, sewaktu kecil ia belajar mengaji dan tidur di surau yang berada di sekitar tempat ia tinggal, sebab anak laki-laki Minang memang tak punya tempat di rumah. Di surau, ia belajar mengaji dan silek, sementara di luar itu, ia suka mendengarkan kaba, kisah-kisah yang dinyanyikan dengan alat-alat musik tradisional Minangkabau. Pergaulannya dengan tukang-tukang kaba, memberikannya pengetahuan tentang seni bercerita dan mengolah kata-kata. Kelak melalui novel-novelnya, Hamka sering mencomot kosakata dan istilah-istilah Minangkabau. Seperti halnya sastrawan yang lahir di ranah Minang, pantun dan petatah-petitih menjadi bumbu dalam karya-karyanya.


Pendidikan

Pada tahun 1915, setelah usianya genap tujuh tahun, ia dimasukkan ke sebuah Sekolah Desa, Dua tahun kemudian, sambil tetap belajar setiap pagi di Sekolah Desa, ia juga belajar di Diniyah School setiap sore. Namun sejak dimasukkan ke Thawalib oleh ayahnya pada tahun 1918, ia tidak dapat lagi mengikuti pelajaran di Sekolah Desa. Ia berhenti setelah tamat kelas dua. Setelah itu, ia belajar di Diniyah School setiap pagi, sementara sorenya belajar di Thawalib dan malamnya kembali ke surau.

Daripada bersekolah,  Ia lebih senang berada di sebuah perpustakaan umum milik gurunya, Zainuddin Labay El Yunus, di sana banyak membaca dan leluasa membaca bermacam-macam buku, suatu hari ia sempat ditegur oleh ayahnya karena membaca buku Kaba Cindua Mato yang tidak sesuai dengan pelajaran di sekolah. Sebagian buku yang ia baca menceritakan soal daya tarik Jawa tengah yang membuatnya sangat berminat untuk merantau ke Tanah Jawa.

Setelah belajar selama empat tahun, ia memutuskan untuk keluar dari Thawalib, Ia keluar tanpa memperoleh ijazah. Pada tahun 1922 Hamka sempat dibawa ke Parabek  untuk belajar kepada Syekh Ibrahim Musa, tetapi tidak berlangsung lama. Ia memutuskan untuk bertolak ke pulau Jawa. Namun, usaha yang pertama sempat terjegal oleh ayahnya.


Merantau ke Jawa

Karena seringnya berkelana kebeberapa tempat di Minagkabau ia dijuluki "Si Bujang Jauh". Setelah orang tuanya bercerai Hamka pergi ke pulau Jawa. Namun setiba di Bengkulu, Hamka terkena wabah penyakit cacar  dan kembali ke ke Padang Panjang. Pada tahun 1924, setahun setelah sembuh dari penyakit cacar, ia kembali berangkat ke pulau Jawa. ke Yogyakarta dan menetap di rumah adik kandung ayahnya, Ja'far Amrullah. Melalui pamannya itu, ia mendapat kesempatan mengikuti berbagai diskusi dan pelatihan pergerakan Islam yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah dan Sarekat Islam.

Dalam berbagai kesempatan, ia berguru kepada Bagoes Hadikoesoemo, HOS Tjokroaminoto, Abdul Rozak Fachruddin, dan Suryopranoto. Sebelum kembali ke Minangkabau, ia sempat mengembara ke Bandung dan bertemu dengan tokoh-tokoh Masyumi seperti Ahmad Hassan dan Mohammad Natsir, yang memberinya kesempatan belajar menulis dalam Majalah Pembela Islam. Selanjutnya pada tahun 1925, ia pergi ke Pekalongan, Jawa Timur untuk menemui Ahmad Rasyid Sutan Mansur yang waktu itu menjabat sebagai Ketua Muhammadiyah cabang Pekalongan sekaligus belajar kepadanya. Selama di Pekalongan, ia menetap di rumah kakak iparnya itu dan mulai tampil berpidato di beberapa tempat.

Dalam perantauan pertamanya ke pulau Jawa, ia mengaku memiliki semangat baru dalam mempelajari Islam. Ia juga melihat ada perbedaan antara misi pembaruan Islam di Minangkabau dan Jawa; jika di Minangkabau ditujukan pada pemurnian ajaran Islam dari praktik yang dianggap salah, seperti tarekat, taklid, dan khirafat, maka di Jawa lebih berorientasi kepada usaha untuk memerangi keterbelakangan, kebodohan, dan kemiskinan.


Menunaikan ibadah haji

Pada bulan Juli 1925 Hamka kembali ke Padang Panjang. Di sana, ia menulis majalah pertamanya berjudul Chatibul Ummah, yang berisikan kumpulan pidato yang didengarkannya di Surau Jembatan Besi, dan Majalah Tabligh Muhammadiyah. Di sela-sela aktivitasnya dalam bidang dakwah melalui tulisan, ia menyempatkan berpidato di beberapa tempat di Padang Panjang. Namun pada saat itu, semuanya justru dikritik tajam oleh ayah, masyarakat dan beberapa ulama, namun hal itu tidak membuatnya mundur, malah membuatnya semakin bersemangat untuk menambah ilmu.

Pada bulan Februari 1927, tanpa sepengetahuan ayahnya, ia pergi ke Mekkah untuk memperdalam ilmu pengetahuan kegamaan,  mempelajari bahasa Arab dan menunaikan ibadah hajinya yang pertama dengan biaya sendiri. Selama di Mekkah, ia menjadi koresponden Harian Pelita Andalas sekaligus bekerja di sebuah perusahaan percetakan milik Tuan Hamid, putra Majid Kurdi, yang merupakan mertua dari Ahmad Khatib Al-Minangkabawi. Di tempat ia bekerja itu, ia dapat membaca kitab-kitab klasik, buku-buku, dan buletin Islam dalam bahasa Arab, satu-satunya bahasa asing yang dikuasainya.

Di Mekah, Hamka bersama beberapa calon jemaah haji lainnya mendirikan organisasi Persatuan Hindia-Timur, sebuah organisasi yang memberikan pelajaran manasik haji kepada calon jemaah haji asal Indonesia. Setelah menunaikan haji, dan beberapa lama tinggal di Tanah Suci, ia berjumpa dengan Agus Salim dan sempat menyampaikan hasratnya untuk menetap di Mekkah, tetapi Agus Salim justru menasihatinya untuk segera pulang. Hamkapun segera kembali ke tanah air setelah tujuh bulan bermukim di Mekkah. Namun, bukannya pulang ke Padang Panjang, Hamka malah menetap di Medan, kota tempat berlabuhnya kapal yang membawanya pulang.


Karier di Medan

Selama di Medan, ia banyak menulis artikel di berbagai majalah dan sempat menjadi guru agama selama beberapa bulan di Tebing Tinggi. Ia mengirimkan tulisan-tulisannya untuk surat kabar Pembela Islam di Bandung dan Suara Muhammadiyah yang dipimpin Abdul Rozak Fachruddin di Yogyakarta. Selain itu, ia juga bekerja sebagai koresponden di Harian Pelita Andalas dan menuliskan laporan-laporan perjalanan, terutama perjalanannya ke Mekkah pada tahun 1927. Pada tahun 1928, ia menulis romannya yang pertama dalam bahasa Minangkabau berjudul Si Sabariyah. Pada tahun yang sama, ia diangkat sebagai redaktur Majalah Kemajuan Zaman berdasarkan hasil konferensi Muhammadiyah di Padang Panjang. Setahun berikutnya, ia menulis beberapa buku, antara lain: Agama dan Perempuan, Pembela Islam, Adat Minangkabau, Agama Islam, Kepentingan Tabligh, dan Ayat-ayat Mi’raj. Namun, beberapa di antara kayanya tersebut disita karena dianggap berbahaya bagi pemerintah kolonial yang sedang berkuasa ketika itu.

Sewaktu di Medan, orang-orang di kampungnya sudah berkali-kali berkirim surat memintanya pulang, tetapi selalu ditolak oleh Hamka. Oleh sebab itu, ayahnya meminta Ahmad Rasyid Sutan Mansur untuk menjemput dan membujuk Hamka pulang. Bujukan kakak iparnya itu akhirnya membuat Hamka luluh, dan kemudian ia pulang ke kampung halamannya di Maninjau, sementara rumah ayahnya di Padang Panjang luluh lantah akibat gempa bumi pada tahun 1926. Setiba di kampung halamannya, ia diterima ayahnya dengan penuh haru hingga menitikkan air mata. Ayahnya terkejut mengetahui Hamka telah berangkat haji dan pergi dengan ongkos sendiri. Ayahnya bahkan berkata, "Mengapa tidak engkau beri tahu bahwa begitu mulia dan suci maksudmu? Abuya (ayah) ketika itu sedang susah dan miskin. Kalau itu maksudmu, tak kayu jenjang dikeping, tak emas bungkal diasah." Sejak saat itu, pandangan Hamka terhadap ayahnya mulai berubah. Namun, setelah sekitar setahun menetap di Sungai Batang, ia kembali meninggalkan kampung halamannya.

Hamka pindah ke Medan pada tahun 1936. Di Medan, ia bekerja sebagai editor sekaligus menjadi pemimpin redaksi sebuah majalah pengetahuan Islam yang didirikannya bersama M. Yunan Nasution, yaitu Majalah Pedoman Masyarakat. Melalui Pedoman Masyarakat, ia untuk pertama kalinya memperkenalkan nama pena "Hamka". Selama di Medan, ia menulis Di Bawah Lindungan Ka'bah, yang terinspirasi dari perjalanannya ke Mekkah pada tahun 1927. Setelah Di Bawah Lindungan Ka'bah diterbitkan pada tahun 1938, ia menulis Tenggelamnya Kapal Van der Wijck, yang pada awalnya ditulis sebagai cerita bersambung dalam Pedoman Masyarakat. Selain itu, ia juga menerbitkan beberapa roman dan buku-buku lainnya seperti: Merantau ke Deli, Keadilan Ilahi, Tuan Direktur, Angkatan Baru, Terusir, Di Dalam Lembah Kehidupan, Ayahku, Tasawuf Modern, dan Falsafah Hidup. Namun pada tahun 1943, Majalah Pedoman Masyarakat yang dipimpinnya dibredel oleh Jepang, yang ketika itu berkuasa di Indonesia.


Karier dan kehidupan selanjutnya

Muhammadiyah
Setelah perkawinannya dengan Sitti Raham, Hamka aktif dalam kepengurusan Muhammadiyah cabang Minangkabau, yang cikal bakalnya bermula dari perkumpulan Sendi Aman yang didirikan oleh ayahnya pada tahun 1925 di Sungai Batang. Selain itu, ia sempat menjadi pimpinan Tabligh School, sebuah sekolah agama yang didirikan Muhammadiyah pada 1 Januari 1930. Sejak menghadiri Muktamar Muhammadiyah di Solo pada tahun 1928, Hamka tidak pernah absen menghadiri kongres-kongres Muhammadiyah berikutnya. Sekembalinya dari Solo, ia mulai memangku beberapa jabatan, sampai akhirnya ia diangkat sebagai Ketua Muhammadiyah cabang Padang Panjang. Seusai Muktamar Muhammadiyah ke-19 di Bukittinggi pada tahun 1930, disusul dengan kongres berikutnya di Yogyakarta, ia memenuhi undangan untuk mendirikan cabang Muhammadiyah di Bengkalis. Selanjutnya pada tahun 1932, ia diutus oleh Muhammadiyah ke Makassar dalam rangka mempersiapkan dan menggerakkan semangat rakyat untuk menyambut Muktamar Muhammadiyah ke-21 di Makassar. Selama di Makassar, ia sempat menerbitkan Al-Mahdi, majalah pengetahuan Islam yang terbit sekali sebulan. Pada tahun 1934, setahun setelah menghadiri Kongres Muhammadiyah di Semarang, ia diangkat menjadi anggota tetap Majelis Konsul Muhammadiyah untuk wilayah Sumatera Tengah.

Kariernya di Muhammadiyah kian menanjak sewaktu ia pindah ke Medan. Pada tahun 1942, bersamaan dengan jatuhnya Hindia-Belanda ke dalam tampuk kekuasaan penjajah Jepang, Hamka terpilih menjadi pimpinan Muhammadiyah untuk wilayah Sumatera Timur menggantikan H. Mohammad Said. Namun pada Desember 1945, ia memutuskan kembali ke Minangkabau dan melepaskan jabatan tersebut. Pada tahun berikutnya, ia terpilih menjadi Ketua Majelis Pimpinan Muhammadiyah Sumatera Barat menggantikan S.Y. Sutan Mangkuto. Jabatan ini ia rengkuh hingga tahun 1949.

Pada tahun 1953, ia terpilih sebagai pimpinan pusat Muhammadyiah dalam Muktamar Muhammadiyah ke-32 di Purwokerto. Sejak saat itu, ia selalu terpilih dalam Muktamar Muhammadiyah selanjutnya, sampai pada tahun 1971 ia memohon agar tidak dipilih kembali karena merasa uzur. Akan tetapi, ia tetap diangkat sebagai penasihat pimpinan pusat Muhammadiyah sampai akhir hayatnya.

Meninggal dunia
Setelah mengundurkan diri dari jabatan ketua MUI, kesehatannya menurun. Atas anjuran dokter Karnen Bratawijaya, dokter keluarga itu, ia diopname di Rumah Sakit Pusat Pertamina pada 18 Juli 1981, yang bertepatan dengan awal Ramadan.

Pada hari keenam dirawat, ia sempat menunaikan salat Duha dengan bantuan putrinya, Azizah, untuk bertayamum. Siangnya, beberapa dokter datang memeriksa kondisinya, dan kemudian menyatakan bahwa ia berada dalam keadaan koma. Kondisi tersebut tetap berlangsung sampai malam harinya. Tim dokter menyatakan bahwa ginjal, paru-paru dan saraf sentralnya sudah tidak berfungsi lagi, dan kondisinya hanya bisa dipertahankan dengan alat pacu jantung. Pada pukul 10 pagi keesokan harinya, anak-anaknya sepakat untuk mencabut alat pacu jantung, dan Hamka menghembuskan napas terakhirnya tidak lama setelah itu.

Hamka meninggal dunia pada hari Jum'at, 24 Juli 1981 pukul 10 lewat 37 menit dalam usia 73 tahun. Jenazahnya disemayamkan di rumahnya di Jalan Raden Fatah III. Antara pelayat yang hadir untuk memberi penghormatan terakhir dihadiri Presiden Soeharto dan Wakil Presiden Adam Malik, Menteri Negara Lingkungan Hidup Emil Salim serta Menteri Perhubungan Azwar Anas yang menjadi imam salat jenazahnya. Jenazahnya dibawa ke Masjid Agung dan disalatkan lagi, dan kemudian akhirnya dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan, dipimpin Menteri Agama Alamsjah Ratoe Perwiranegara.

Politik
Sejak masih muda, Hamka telah terlibat dalam aktivitas politik, yaitu ketika menjadi anggota Sarekat Islam pada tahun 1925 dan, setelah kemerdekaan ia aktif dengan Partai Masyumi. Pada pemilihan umum 1955, ia terpilih menjadi anggota Dewan Konstituante mewakili Jawa Tengah. Akan tetapi pengangkatan tersebut ditolak karena merasa tempat tersebut tidak sesuai baginya. Atas desakan kakak iparnya, Ahmad Rasyid Sutan Mansur, akhirnya Hamka menerima pengangkatan tersebut.

Di Konstituante, ia bersama Mohammad Natsir, Mohammad Roem, dan Isa Anshari menjadi pihak yang paling konsisten memperjuangkan syariat Islam menjadi dasar negara Indonesia. Dalam pidatonya, Hamka mengusulkan agar dalam sila pertama Pancasila dimasukkan kembali kalimat tentang "kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya", sebagaimana yang termaktub dalam Piagam Jakarta. Akan tetapi, pemikiran Hamka ditentang keras oleh sebagian besar anggota Konstituante, yang umumnya berasal dari pihak komunis. Selanjutnya, dalam sidang Konstituante di Bandung pada tahun 1957, ia menyampaikan pidato penolakannya atas gagasan Presiden Soekarno yang akan menerapkan Demokrasi Terpimpin. Namun, segala usahanya itu kandas setelah Soekarno membubarkan Dewan Konstituante melalui Dekrit Presiden pada 5 Juli 1959 dan, perjalanan politik Hamka dapat dikatakan berakhir setelah Masyumi ikut dibubarkan oleh Presiden Soekarno.

Sikapnya yang konsisten terhadap agama, menyebabkannya acapkali berhadapan dengan berbagai rintangan, terutama terhadap beberapa kebijakan pemerintah. Keteguhan sikapnya ini membuatnya dipenjarakan oleh Soekarno dari tahun 1964 sampai 1966. Pada awalnya, Hamka diasingkan ke Sukabumi, kemudian ke Puncak, Megamendung, dan terakhir dirawat di rumah sakit Persahabatan Rawamangun, sebagai tawanan. Di dalam penjara ia mulai menulis Tafsir al-Azhar yang merupakan karya ilmiah terbesarnya.

Pada tahun 1977, Hamka dipilih sebagai ketua umum Majelis Ulama Indonesia yang pertama. Semasa jabatannya, Hamka mengeluarkan fatwa yang bersisi penolakan terhadap kebijakan pemerintah yang akan memberlakukan RUU Perkawinan tahun 1973, dan mengecam kebijakan diperbolehkannya merayakan Natal bersama umat Nasrani. Meskipun pemerintah mendesaknya untuk menarik kembali fatwanya tersebut dengan diiringi berbagai ancaman, Hamka tetap teguh dengan pendiriannya. Akan tetapi, pada tanggal 24 Juli 1981, Hamka memutuskan untuk melepaskan jabatannya sebagai ketua umum Majelis Ulama Indonesia, karena fatwanya yang tidak kunjung dipedulikan oleh pemerintah Indonesia.

Sastra
Hamka juga merupakan seorang wartawan, penulis, editor, dan penerbit. Sejak tahun 1920-an, Hamka menjadi wartawan beberapa buah surat kabar seperti Pelita Andalas, Seruan Islam, Bintang Islam, dan Seruan Muhammadiyah. Pada tahun 1928, ia menjadi editor majalah Kemajuan Masyarakat. Pada tahun 1932, ia menjadi editor dan menerbitkan majalah al-Mahdi di Makassar. Hamka juga pernah menjadi editor majalah Pedoman Masyarakat, Panji Masyarakat, dan Gema Islam. Hamka adalah seorang otodidak dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti filsafat, sastra, sejarah, sosiologi dan politik, baik Islam maupun Barat. Dengan kemahiran bahasa Arabnya yang tinggi, ia dapat menyelidiki karya ulama dan pujangga besar di Timur Tengah seperti Zaki Mubarak, Jurji Zaidan, Abbas al-Aqqad, Mustafa al-Manfaluti, dan Hussain Haikal. Melalui bahasa Arab juga, ia meneliti karya sarjana Perancis, Inggris dan Jerman seperti Albert Camus, William James, Sigmund Freud, Arnold Toynbee, Jean Paul Sartre, Karl Marx, dan Pierre Loti.

Hamka juga banyak menghasilkan karya ilmiah Islam dan karya lain seperti novel dan cerpen. Pada tahun 1928, Hamka menulis buku romannya yang pertama dalam bahasa Minang dengan judul Si Sabariah. Kemudian, ia juga menulis buku-buku lain, baik yang berbentuk roman, sejarah, biografi dan otobiografi, sosial kemasyarakatan, pemikiran dan pendidikan, teologi, tasawuf, tafsir, dan fiqih. Karya ilmiah terbesarnya adalah Tafsir al-Azhar. Di antara novel-novelnya seperti Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Di Bawah Lindungan Ka'bah, dan Merantau ke Deli juga menjadi perhatian umum dan menjadi buku teks sastra di Malaysia dan Singapura. Beberapa penghargaan dan anugerah juga ia terima, baik peringkat nasional maupun internasional.

Pada tahun 1959, Hamka mendapat anugerah gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas al-Azhar, Kairo atas jasa-jasanya dalam penyiaran agama Islam dengan menggunakan bahasa Melayu. Kemudian pada 6 Juni 1974, kembali ia memperoleh gelar kehormatan tersebut dari Universitas Nasional Malaysia pada bidang kesusasteraan, serta gelar Profesor dari Universitas Prof. Dr. Moestopo.


Daftar karya
  • Kenang-Kenangan Hidup, 4 Jilid, Jakarta: Bulan Bintang, 1979. 
  • Ayahku (Riwayat Hidup Dr. H. Abdul Karim Amrullah dan Perjuangannya), Jakarta: Pustaka Wijaya, 1958. 
  • Khatib al-Ummah, 3 Jilid, Padang Panjang, 1925. 
  • Islam dan Adat, Padang Panjang: Anwar Rasyid, 1929. 
  • Kepentingan Melakukan Tabligh, Padang Panjang: Anwar Rasyid, 1929. 
  • Majalah Tentera, 4 nomor, Makassar, 1932. 
  • Majalah al-Mahdi, 9 nomor, Makassar, 1932. 
  • Bohong di Dunia, cet. 1, Medan: Cerdas, 1939. 
  • Agama dan Perempuan, Medan: Cerdas, 1939. 
  • Pedoman Mubaligh Islam, cet. 1, Medan: Bukhandel Islamiah, 1941. 
  • Majalah Semangat Islam, 1943. 
  • Majalah Menara, Padang Panjang, 1946. 
  • Hikmat Isra’ Mi’raj, 1946 (tempat dan penerbit tidak diketahui). 
  • Negara Islam, 1946 (tempat dan penerbit tidak diketahui), 
  • Islam dan Demokrasi, 1946 (tempat dan penerbit tidak diketahui), 
  • Revolusi Fikiran, 1946 (tempat dan penerbit tidak diketahui), 
  • Dibandingkan Ombak Masyarakat, 1946 (tempat dan penerbit tidak diketahui), 
  • Muhammadiyah Melalui Tiga Zaman, Padang Panjang: Anwar Rasyid, 1946. Revolusi Agama, Padang Panjang: Anwar Rasyid, 1946. 
  • Sesudah Naskah Renville, 1947 (tempat dan penerbit tidak diketahui). 
  • Tinjauan Islam Ir. Soekarno, Tebing Tinggi, 1949. 
  • Pribadi, 1950 (tempat dan penerbit tidak diketahui). 
  • Falsafah Hidup, cet. 3, Jakarta: Pustaka Panji Masyarakat, 1950. 
  • Falsafah Ideologi Islam, Jakarta: Pustaka Wijaya, 1950. 
  • Urat Tunggang Pancasila, Jakarta: Keluarga, 1951. 
  • Pelajaran Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1952. 
  • K.H. A. Dahlan, Jakarta: Sinar Pujangga, 1952. 
  • Perkembangan Tashawwuf dari Abad ke Abad, cet. 3, Jakarta: Pustaka Islam, 1957. 
  • Pribadi, Jakarta: Bulan Bintang, 1959. 
  • Pandangan Hidup Muslim, Jakarta: Bulan Bintang, 1962. 
  • Lembaga Hidup, cet. 6, Jakarta: Jayamurni, 1962 (kemudian dicetak ulang di Singapura oleh Pustaka Nasional dalam dua kali cetakan, pada tahun 1995 dan 1999). 
  • 1001 Tanya Jawab tentang Islam, Jakarta: CV. Hikmat, 1962. 
  • Cemburu, Jakarta: Firma Tekad, 1962. 
  • Angkatan Baru, Jakarta: Hikmat, 1962. 
  • Ekspansi Ideologi, Jakarta: Bulan Bintang, 1963. 
  • Pengaruh Muhammad Abduh di Indonesia, Jakarta: Tintamas, 1965 (awalnya merupakan naskah yang disampakannya pada orasi ilmiah sewaktu menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas al-Azhar Mesir, pada 21 Januari 1958). 
  • Sayyid Jamaluddin al-Afghani, Jakarta: Bulan Bintang, 1965. 
  • Lembaga Hikmat, cet. 4, Jakarta: Bulan Bintang, 1966. 
  • Dari Lembah Cita-Cita, cet. 4, Jakarta: Bulan Bintang, 1967. 
  • Hak-Hak Azasi Manusia Dipandang dari Segi Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1968. 
  • Gerakan Pembaruan Agama (Islam) di Minangkabau, Padang: Minang Permai, 1969. 
  • Hubungan antara Agama dengan Negara menurut Islam, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1970. 
  • Islam, Alim Ulama dan Pembangunan, Jakarta: Pusat dakwah Islam Indonesia, 1971. 
  • Islam dan Kebatinan, Jakarta: Bulan Bintang, 1972. 
  • Mengembalikan Tasawuf ke Pangkalnya, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1973. 
  • Beberapa Tantangan terhadap Umat Islam di Masa Kini, Jakarta: Bulan Bintang, 1973. 
  • Kedudukan Perempuan dalam Islam, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1973. 
  • Muhammadiyah di Minangkabau, Jakarta: Nurul Islam, 1974. 
  • Tanya Jawab Islam, Jilid I dan II cet. 2, Jakarta: Bulan Bintang, 1975. 
  • Studi Islam, Aqidah, Syari’ah, Ibadah, Jakarta: Yayasan Nurul Iman, 1976. 
  • Perkembangan Kebatinan di Indonesia, Jakarta: Yayasan Nurul Islam, 1976. 
  • Tasawuf, Perkembangan dan Pemurniannya, cet. 8, Jakarta: Yayasan Nurul Islam, 1980. 
  • Ghirah dan Tantangan Terhadap Islam, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1982. 
  • Kebudayaan Islam di Indonesia, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1982. 
  • Lembaga Budi, cet. 7, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1983. 
  • Tasawuf Modern, cet. 9, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1983. 
  • Doktrin Islam yang Menimbulkan Kemerdekaan dan Keberanian, Jakarta: Yayasan Idayu, 1983. 
  • Islam: Revolusi Ideologi dan Keadilan Sosial, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1984. 
  • Iman dan Amal Shaleh, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1984. 
  • Renungan Tasawuf, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1985. 
  • Filsafat Ketuhanan, cet. 2, Surabaya: Karunia, 1985. Keadilan Sosial dalam Islam, Jakarta: Pustaka Antara, 1985. 
  • Tafsir al-Azhar, Juz I sampai Juz XXX, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1986. 
  • Prinsip-prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1990. 
  • Tuntunan Puasa, Tarawih, dan Idul Fitri, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1995. 
  • Adat Minangkabau Menghadapi Revolusi, Jakarta: Tekad, 1963. 
  • Islam dan Adat Minangkabau, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1984. 
  • Mengembara di Lembah Nil, Jakarta: NV. Gapura, 1951. 
  • Di Tepi Sungai Dajlah, Jakarta: Tintamas, 1953. 
  • Mandi Cahaya di Tanah Suci, Jakarta: Tintamas, 1953. 
  • Empat Bulan di Amerika, 2 Jilid, Jakarta: Tintamas, 1954. 
  • Merantau ke Deli, cet. 7, Jakarta: Bulan Bintang, 1977 (ditulis pada tahun 1939). 
  • Si Sabariah (roman dalam bahasa Minangkabau), Padang Panjang: 1926. 
  • Laila Majnun, Jakarta: Balai Pustaka, 1932. 
  • Salahnya Sendiri, Medan: Cerdas, 1939. 
  • Keadilan Ilahi, Medan: Cerdas, 1940. 
  • Angkatan Baru, Medan: Cerdas, 1949. 
  • Cahaya Baru, Jakarta: Pustaka Nasional, 1950. 
  • Menunggu Beduk Berbunyi, Jakarta: Firma Pustaka Antara, 1950. 
  • Terusir, Jakarta: Firma Pustaka Antara, 1950. 
  • Di Dalam Lembah Kehidupan (kumpulan cerpen), Jakarta: Balai Pustaka, 1958. 
  • Di Bawah Lindungan Ka'bah, cet. 7, Jakarta: Balai Pustaka, 1957. 
  • Tuan Direktur, Jakarta: Jayamurni, 1961. 
  • Dijemput Mamaknya, cet. 3, Jakarta: Mega Bookstrore, 1962. 
  • Cermin Kehidupan, Jakarta: Mega Bookstrore, 1962. 
  • Tenggelamnya Kapal Van der Wijck, cet. 13, Jakarta: Bulan Bintang, 1979. 
  • Pembela Islam (Tarikh Sayyidina Abubakar Shiddiq), Medan: Pustaka Nasional, 1929. 
  • Ringkasan Tarikh Ummat Islam, Medan: Pustaka Nasional,1929. 
  • Sejarah Islam di Sumatera, Medan: Pustaka Nasional, 1950. 
  • Dari Perbendaharaan Lama, Medan: M. Arbi, 1963. 
  • Antara Fakta dan Khayal Tuanku Rao, cet. 1, Jakarta: Bulan Bintang, 1974. 
  • Sejarah Umat Islam, 4 Jilid, Jakarta: Bulan Bintang, 1975. 
  • Sullam al-Wushul; Pengantar Ushul Fiqih (terjemahan karya Dr. H. Abdul Karim Amrullah), Jakarta: Pustaka Panjimas, 1984. 
  • Margaretta Gauthier (terjemahan karya Alexandre Dumas), cet. 7, Jakarta: Bulan Bintang, 1975.
(Wikipedia)