Home » , » Homer - Penulis Puisi Epic

Homer - Penulis Puisi Epic

Homer
Homer
Dalam tradisi klasik Barat, Homer ( / h oʊ m ər / ; Yunani Kuno : Ὅμηρος [hómɛ ː ros] , Homeros) merupakan seorang filsuf asal Yunani ini banyak dikenal dari tulisannya yaitu Iliad dan Odyssey. Iliad dan odyssey adalah dua buah puisi epic yang hingga kini dipercaya sebagai sebuah mahakarya yang berasal dari Yunani kuno. Homer adalah seorang filsuf, penulis, penyair dan sastrawan asal Yunani kuno lebih banyak dikenal lewat karya sastranya daripada filosofinya.

Meski tidak banyak diketahui seberapa lama Homer hidup atau pada tahun berapa tepatnya Homer hidup, banyak sejarawan menemukan bukti bahwa Homer hidup antara 7 atau 8 Century BC. Sekelompok sejarawan lain menunjukkan kalau Homer hidup di periode awal 12th Century BC. Filsuf Yunani lainnya, Herodotus, menulis bahwa Homer hidup 400 tahun sebelum dirinya.

Homer adalah merupakan keturunan dari Epikaste dan Telemachus. Akan tetapi kedekatan teori ini dengan Odyssey membuat teori ini lebih banyak dianggap sebagai sebuah fiksi daripada kenyataan. Homer lahir di pulau Chios dan meninggal di pulau Ios, Asia Minor.

Semasa hidupnya, Homer bekerja sebagai sastrawan dan guru. Banyak ahli yang menganggap Homer terlahir buta atau hidup tanpa indra penglihatan dikarenakan namanya yang berarti ‘dia yang menemani, dan dia yang harus mengikuti’. Homer semasa hidupnya pernah berkelana ke berbagai penjuru benua seperti Mycenae, Troy, Ithaca, dan bahkan Mesir.

Selama hidupnya Homer menulis berbagai puisi epic, seperti Iliad, Odyssey, dan banyak lainnya. Gayanya yang unik pada masanya membuat tulisannya dikreditkan sebagai Homeric Styles, sebuah model penulisan puisi epic yang khas dengan gaya Homer.

Pengaruh formatif epos Homer dalam membentuk kebudayaan Yunani secara luas diakui, dan Homer digambarkan sebagai guru Yunani. karya Homer, sekitar lima puluh persen pidato, tersedia model dalam berbicara persuasif dan menulis yang ditiru di seluruh dunia, Yunani kuno dan abad pertengahan.