Biografi Andrinof Chaniago - Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia ke-11

Andrinof Chaniago
Andrinof Chaniago
Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia ke-11
Mulai menjabat: 27 Oktober 2014

Informasi pribadi
Lahir: 3 November 1962 Padang, Sumatera Barat
Kebangsaan: Indonesia Indonesia
Alma mater: Universitas Indonesia, Fu Hsing Kang College
Profesi: Ilmuwan, Akademisi
Agama: Islam
Andrinof Achir Chaniago adalah seorang akademisi, peneliti, dan pengamat kebijakan publik asal Indonesia. Sejak 27 Oktober 2014, ia resmi menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dalam Kabinet Kerja periode 2014-2019 dalam kabinet kerja Jokowi-JK.


Andrinof Achir Chaniago lahir pada 3 November 1962 di Padang, Sumatera Barat. Ia menikah dengan Ir. Yultifani dan memiliki seorang anak yang bernama Auzi Amazia Domasti.


Karir

Ia mengajar di tiga program sekaligus; S1, S2 dan Sarjana Eksistensi. Selain itu, ia merupakan Senior Fellow di The Habibie Center.

Andrinof merupakan ketua umum Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia dan pendiri sekaligus direktur eksekutif Cirus Surveyors Group.
Selain itu ia juga seorang penggagas Visi Indonesia 2033, yang menawarkan konsep pembangunan Indonesia menuju negara maju pada tahun 2033 mendatang. Andrinof juga menjadi dosen Pascasarjana FISIP Universitas Indonesia.

Ia juga aktif dalam organisasi sosial non profit seperti Anggota Dewan Redaksi Jurnal Galang. Jurnal ini mengupas pemikiran tentang penggalangan dana sosial. Selain itu, ia juga sempat menjadi Ketua III Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI).

Ia menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia untuk program S1-nya. Kemudian ia melanjutkan ke Program Master Perencanaan dan Kebijakan Publik, Fakultas Ekonomi di universitas yang sama, Universitas Indonesia. Ia juga sempat kuliah di Fu Hsing Kang College, Taipei, Taiwan.

Ia juga aktif berkarya sebagai penulis. Ia menulis buku yang berjudul Gagalnya Pembangunan: Kajian Ekonomi Politik Akar Krisis Indonesia di tahun 2001. Selain itu, ia juga membuat tulisan di berbagai jurnal serta media massa.


Riwayat Pendidikan
  • S-1; Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia
  • S-2; Master Perencanaan dan Kebijakan Publik, Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia
  • S-3; Ilmu Filsafat, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia
  • Fu Hsing Kang College, Taipei, Taiwan

Karya
  • Dampak Kenaikan Harga BBM pada Kelompok Masyarakat Near Poor Komuter di Bodetabek, 2006
  • Upaya Inovasi Sistem Rekrutmen CPNS Pasca-Orde Baru, 2006
  • Profesionalitas dan Netralitas Birokrasi : Menuju Daya Saing Ekonomi Daerah, 2007
  • Gagalnya Pembangunan: Membaca Ulang Keruntuhan Orde Baru, 2012
(Sumber: id.Wikipedia.org, merdeka.com)