Home » » Sundar Pichai - CEO Baru Google

Sundar Pichai - CEO Baru Google

Sundar Pichai
Sundar Pichai
Nama asli: பிச்சை சுந்தராஜன்
Lahir: Pichai Sundararajan 12 Juli 1972 (umur 43) Madras (sekarang Chennai ), 
Tamil Nadu, India
Pendidikan: B.Tech. , MS , MBA
Alma mater: IIT Kharagpur, Stanford University, Wharton School of University of Pennsylvania
Posisi: Kepala Product & CEO Google yang ditunjuk
Perusahaan: Google Inc.
Pasangan: Anjali Pichai
Pichai Sundarajan, atau yang lebih dikenal dengan Sundar Pichai diangkat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Google pada tanggal 10 Agustus 2015 oleh Larry Page semenjak berdirinya induk perusahaan Alphabet dan Larry Page sebagai CEO nya.

Pichai lahir di Madras (sekarang Chennai ), Tamil Nadu, India pada tahun 1972 dari pasangan Tamil Lakshmi & Regunatha Pichai. Ayahnya Regunatha Pichai adalah seorang insinyur listrik senior untuk konglomerat Inggris General Electric Company (GEC) dan mengelola pabrik yang membuat komponen listrik. Sundar dibesarkan di sebuah apartemen dua kamar di 46th Street, 7th Avenue, di Ashok Nagar, Madras. Ia menikah dengan Anjali dan memiliki seorang anak perempuan.

Sundar Pichai menyelesaikan Kelas X di sekolah Jawahar Vidyalaya yang terletak di Ashok Nagar, Chennai, dan menyelesaikan Kelas XII dari sekolah Vana Vani yang terletak di kampus IIT, Chennai.

Pichai mendapat gelar dari Indian Institute of Technology Kharagpur (IIT KGP) di Teknik Metalurgi. Profesor Sundar di IIT merekomendasikan ia mengejar gelar PhD di Stanford University, namun ia memutuskan untuk mengejar MS dan gelar MBA sebagai gantinya.

Pasca kelulusan dia memegang gelar MS dari Universitas Stanford di Ilmu Material dan Teknik dan MBA dari Wharton School of University of Pennsylvania, di sana ia diangkat menjadi Siebel Scholar dan Palmer Scholar.


Google

Pichai bergabung dengan Google pada 2004, ia menjabat sebagai pimpinan manajemen produk dan inovasi perangkat lunak klien Google, termasuk Google Chrome, Chrome OS, dan Google Drive. Ia juga bertanggungjawab atas pengembangan aplikasi seperti Gmail dan Google Maps.

Pada tanggal 19 November 2009 Pichai memberikan demonstrasi dari Chrome OS dan Chromebook dirilis untuk percobaan dan pengujian pada tahun 2011 dan dirilis pada publik tahun 2012. Pada tanggal 20 Mei 2010, ia mengumumkan open-sourcing codec video VP8 Google, dan memperkenalkan format video baru WebM.

Pada tanggal 13 Maret 2013 Pichai menambahkan Android untuk produk Google yang ia awasi. Android sebelumnya dikelola oleh Andy Rubin. Ia dikabarkan menjadi salah satu pesaing untuk posisi CEO Microsoft pada tahun 2014.

Dia adalah Direktur Software Jive dari April 2011 hingga 30 Juli 2013.

Pichai diumumkan sebagai CEO Google berikutnya pada 10 Agustus 2015 setelah sebelumnya ditunjuk sebagai Kepala Produk oleh CEO Larry Page pada tanggal 24 Oktober 2014. Dia akan melangkah ke posisi baru setelah selesainya pembentukan Alphabet Inc., konglomerat baru untuk keluarga perusahaan Google. (Sumber: Wikipedia)