Gottlieb Wilhelm Daimler adalah Ilmuwan asal Jerman yang dikenal sebagai seorang penemu dan pionir di bidang otomotif. Pada tahun 1890 ia berhasil mengembangkan mesin pembakaran internal, dan pada tahun 1883 Daimler menciptakan mesin yang bertenaga bensin, dan mematenkan mesin empat tak. Daimler membuat mobil pertama (bersama dengan Carl Friedrich Benz).
Pada tahun 1890, ia mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Dua puluh empat tahun tahun setelah kematian Daimler, manajemen DMG menandatangani persetujuan kooperatif jangka panjang dengan Benz & Cie. milik Carl Benz, dan pada tahun 1926 kedua perusahaan itu bergabung untuk membentuk Daimler-Benz AG, yang kini bagian Daimler AG. Gottlieb Wilhelm Daimler dikenal juga sebagai Bapak Sepeda Motor.
Gottlieb Wilhelm Daimler lahir pada 17 Maret 1834, ia adalah putra seorang pembuat roti bernama Johannes Däumler (Daimler) dan istrinya Frederika, dari kota Schorndorf dekat Stuttgart, Württemberg. Pada usia 13 tahun (1847), pendidikan dasarnya ia selesaikan selama enam tahun di Lateinschule. Saat inilah ia mulai tertarik pada bidang teknik.
Setelah menyelesaikan sekolah menengah pada tahun 1848, Daimler dilatih sebagai pembuat senjata di bawah bimbingan Master Gunsmith Hermann Raithel. Pada tahun 1852 ia mengakhiri pelatihannya dengan ujian perdagangan. Ia lulus pada tahun 1852, lulus tes kerajinan dengan sepasang pistol berlaras ganda berukir. Pada tahun yang sama, pada usia 18 tahun, Daimler memutuskan untuk mengambil jurusan teknik mesin, meninggalkan pembuatan senjata, dan meninggalkan kampung halamannya.
Daimler mendaftar di Sekolah Pelatihan Lanjutan Seni Industri Stuttgart, di bawah bimbingan Ferdinand von Steinbeis. Daimler rajin belajar, bahkan mengambil kelas tambahan di Minggu pagi. Pada tahun 1853, Daimler, dengan bantuan Steinbeis, mendapatkan pekerjaan di "perguruan tinggi pabrik", Rollé und Schwilque (R&S) di Grafenstaden, dinamakan demikian karena manajernya, Friedrich Messmer, pernah menjadi instruktur di Universitas Karlsruhe. Daimler berkinerja baik, dan ketika Rollé und Schwilque mulai membuat lokomotif kereta api pada tahun 1856, Daimler yang saat itu berusia 22 tahun, diangkat menjadi mandor.
Alih-alih tinggal, Daimler mengambil waktu dua tahun di Institut Politeknik Stuttgart untuk mengasah keterampilannya, mendapatkan pemahaman mendalam tentang lokomotif uap, serta "keyakinan mendalam" bahwa uap ditakdirkan untuk digantikan. Ia merancang mesin kecil, murah, dan sederhana untuk keperluan industri ringan, kemungkinan terinspirasi oleh mesin gas yang baru dikembangkan pada masa itu.
Pada tahun 1861, ia mengundurkan diri dari R&S, mengunjungi Paris, kemudian melanjutkan ke Inggris, bekerja dengan perusahaan teknik terkemuka di negara tersebut, dan menjadi ahli dalam bidang peralatan mesin . Dia menghabiskan waktu dari musim gugur 1861 hingga musim panas 1863 di Inggris, yang kemudian dianggap sebagai "tanah air teknologi", di Beyer, Peacock & Company, Manchester, yang mitranya Beyer berasal dari Saxony. Selama di London, ia mengunjungi Pameran Internasional tahun 1862, dimana salah satu yang dipamerkan adalah kereta uap. Namun, gerbong-gerbong ini tampaknya tidak menginspirasinya, karena keinginannya adalah untuk meningkatkan peralatan mesin untuk mesin pengerjaan logam dan kayu.
Sepeda motor pembakaran internal pertama (1885) [en.wikipedia.org] |
Gottlieb Daimler menciptakan sepeda motor pertama bermesin bensin pada tahun 1885, merupakan mesin yang melekat pada sepeda kayu. Itu menandai momen dalam sejarah ketika pengembangan dual mesin bertenaga bensin yang layak dan sepeda modern.
Gottlieb Daimler menggunakan mesin yang telah diciptakan oleh insinyur, Nicolaus Otto. Otto menemukan "Four-Stroke Internal-Combustion Engine" pertama pada tahun 1876. Dia menyebutnya " Mesin Siklus Otto" Segera setelah ia menyelesaikan mesinnya, Daimler (mantan karyawan Otto) membangun sebuah sepeda motor. (Daimler bekerja sebagai direktur teknis Deutz Gasmotorenfabrik, yang dimiliki Nicolaus Otto co pada tahun 1872).
Motor Daimler 1886 [en.wikipedia.org] |
Tahun 1885 Daimler-Maybach membuat mesin yang memiliki spesifikasi: kecil, ringan, cepat, menggunakan karburator bensin injeksi, dan memiliki silinder vertikal. Ukuran, kecepatan, dan efisiensi dari mesin diperbolehkan untuk sebuah revolusi dalam desain mobil.
Pada 8 Maret 1886, Daimler mengambil sebuah stagecoach (perhentian) (dibuat oleh Wilhelm Wimpff & Sohn) dan diadaptasi untuk menahan mesinnya, kemudian dirancanglah mobil roda empat pertama di dunia.
Pada tahun 1889, Gottlieb Daimler menciptakan V-miring dua silinder, mesin empat-stroke dengan katup berbentuk jamur. Sama seperti mesin Otto yang dibuat 1876, mesin baru Daimler menetapkan dasar untuk semua mesin mobil ke depan.
Pada tahun 1889, Daimler dan Maybach membangun mobil pertama mereka. Mobil baru Daimler memiliki transmisi empat percepatan dan memperoleh kecepatan 10 mph.
Gottlieb Daimler mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft pada tahun 1890 untuk memproduksi desainnya. Wilhelm Maybach berada di balik desain mobil Mercedes. Maybach akhirnya meninggalkan Daimler untuk mendirikan pabrik sendiri untuk membuat mesin untuk Zeppelin airships. (Daimler Motoren Gesellschaft: perusahaan teknik asal Jerman yang kemudian beralih menjadi produsen mobil)
Pada tahun 1894 diadakan balapan mobil pertama di dunia yang dimenangkan oleh mobil dengan mesin yang dibuat oleh Daimler.
Gottlieb Wilhelm Daimler meninggal dunia pada 6 Maret 1900 (usia 65) di Cannstatt, Kerajaan Württemberg, Kekaisaran Jerman.