Beranda | 25 Nabi | Tokoh Militer | Tokoh Muslim | Tokoh Wanita

Profil Sunaryo Kartadinata - Rektor UPI, ISPI, Pakar Pendidikan, Ketua Umum ISPI

Sunaryo KartadinataProf. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd adalah seorang guru besar UPI yang saat ini menjabat Ketua Umum ISPI periode 2014-2019 dan Rektor UPI selama dua periode, 2005-2010 dan 2010-2015. Sunaryo tercatat sebagai rektor ke-7 sejak UPI bernama IKIP Bandung, dan merupakan Pimpinan ke-9 Kampus Bumi Siliwangi sejak bernama PTPG Bandung. Seorang Guru Besar Ilmu Pendidikan dalam bidang Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia. Karier Sunaryo dimulai ketika ia diangkat sebagai dosen di almamater tempatnya menimba ilmu, yaitu IKIP Bandung (sekarang UPI). Sunaryo muda dikenal sebagai sosok dosen yang aktif, pekerja keras, dan berwawasan luas di kalangan sejawatnya. Karena itu, tidak mengherankan apabila ia selalu diamanahi untuk mengemban berbagai jabatan di lembaga tempatnya bekerja. Sunaryo tercatat pernah mengemban jabatan sebagai Sekretaris Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP IKIP Bandung (1980), Pembantu Dekan I FIP IKIP Bandung (1988), Ketua Prodi Bimbingan dan Konesiling PPs IKIP Bandung (1995), dan Pembantu Rektor II IKIP Bandung/UPI (1996).


Menjadi Rektor

Pada tahun 2005, ketika UPI baru saja ditetapkan sebagai PT berstatus BHMN, Sunaryo berhasl terpilih oleh Majelis Wali Amanatt[5] untuk memimpin UPI selama satu periode (2005-2010). Dengan amanah itu, namanya tercatat sebagai Rektor pertama yang memimpin UPI PT BHMN. Pada masa awal kepemimpinannya, berbagai tantangan dan persoalan yang dihadapinya tidaklah mudah. Tuntutan dan harapan untuk menempatkan UPI sebagai perguruan tinggi yang berwibawa, baik di level nasional maupun internasional, berhasil dijawabnya dengan berbagai pengakuan terhadap kinerja UPI dari berbagai kalangan, baik dari kalangan pemerintah, organisasi swasta, maupun dari PT mitra. Setelah menyelesaikan masa kepemimpinan di periode pertama, Sunaryo kembali diamanahi oleh Majelis Wali Amanat untuk memimpin UPI di periode selanjutnya (2010-2015). Pada masa kepemimpinannya ini, Sunaryo sangat fokus memperkuat identitas kelembagaan dengan jati diri kependidikannya. Visinya dalam menempatkan UPI sebagai universitas pendidikan diyakininya sebagai sebuah mandat lembaga yang bersifat mutlak.

Beberapa hal penting yang dilakukan UPI pada masa kepemimpinannya yaitu mengembangkan konsep pendidikan guru di Indonesia yang pada saat itu masih mencari bentuk dan jati dirinya yang pas. Sunaryo dikenal aktif memperjuangkan kondisi pendidikan di tanah air. Hal itu dibuktikan melalui keterlibatannya dalam memimpin organisasi profesi kependidikan, di antaranya, (1) Ketua Majelis Eksekutif Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (ALPTKI), (2) Ketua Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI), (3) Ketua Majelis Eksekutif Asosiasi LPTK Indonesia, (4) President of Indonesian Society for Special Needs Education, dan (5) Ketua Umum Forum Pendidikan Anak Usia Dini Provinsi Jawa Barat, (6) Vice President of Consortium of Asia Pacific  Education Universities (CAPEU). Selain aktif di organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, ayah tiga orang anak yang telah dikaruniai 7 orang cucu ini, aktif juga di organisasi kemasyarakatan. Beberapa jabatan pernah dan masih dijabatnya hingga saat ini, yaitu sebagai (1) Dewan Pakar ICMI Orwil Jabar, (2) Dewan Kehormatan KONI Jawa Barat, (3) Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, dan (4) Dewan Penasihat Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) Jawa Barat.

Sunaryo pun aktif sebagai pakar dan pemikir yang telah banyak menelurkan gagasannya dalam bidang ilmu yang digelutinya, yaitu Bimbingan dan Konseling. Dedikasinya dalam mengembangkan derajat keilmuan dan Bimbingan dan Konseling dan profesi konselor, diwujudkan melalui keterlibtannya secara aktif dalam organisasi profesi yang dibentuknya, yaitu Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN). Doktor Bimbingan dan Konseling yang lulus pada tahun 1988 dari Program Pascasarjana IKIP Bandung ini, pernah tercatat sebagai Ketua Umum PB ABKIN[8] (2001-2009). Selepas itu, (2009-hingga saat ini), keterlibatannya di organisasi tersebut adalah sebagai Dewan Pembina.Disamping itu pada saat ini juga menjadi Ketua Dewan Penasihat Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling Nasional (MGBK Nasional).

Dalam menjalankan aktivitas profesinya, baik sebagai ilmuwan maupun pemimpin lembaga pendidikan, Sunaryo telah menerima penghargaan dari berbagai pihak, di antaranya (1) Honorary Police dari Polwil Priangan Timur dan Polda Jawa Barat, (2) Award sebagai Penggerak Pendidikan Inklusi di Indonesia dari Mendikbud RI, (3) KONI Awards dalam bidang Institusi Pembina Olahraga Terbaik di Indonesia.


Pengalaman Pendidikan

Sunaryo mengawali pendidikan pada SD Negeri 2 Talagasari, 1957. Ia kemudian masuk SMP 1 Kawali lulus tahun 1963. Selanjutnya mendaftarkan diri pada SPG Negeri Ciamis lulus tahun 1970. Ia berhasil meraih Sarjana bimbingan konseling FIP IKIP Bandung tahun 1976. Begitu pula Master bimbingan konseling pada IKIP Bandung lulus tahun 1983. Selepas itu berkesempatan mengikuti Sandwich program pada University of New York Amerika Serikat tahun 1986. Program doktor bimbingan dan konseling diperoleh pada IKIP Bandung tahun 1988.


Karier Akademik

Mengawali karirnya sebagai Sekretaris Jurusan BP FIP IKIP Bandung tahun 1980. Selanjutnya terpilih menjadi Ketua Program Studi BP FIP IKIP Bandung periode 1995-1996. Karirnya terus menanjak dengan mendapat kepercayaan menjadi Pembantu Dekan I FIP IKIP Bandung periode 1988-1995 kemudian menjadi Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UPI periode 1996-2005 dan terakhir menjadi rektor UPI dua periode yaitu periode 2005-2010 dan 2010-2015. Adapun jabatan guru besarnya ia capai pada tahun 1996.


Pengalaman Organisasi
  • Dewan Penasihat PW PERGUNU[11] Jawa Barat, 2013 - 2018.
  • Dewan Penasihat PW LP Ma’arif Jawa Barat, 2011 - 2016.
  • Associate Research Fellow at CRICED University of Tsukuba, Jepang, 2013 - 2015.
  • Vice President of  Consortium of Asia-Pacific Education Universities (CAPEU), 2013 – 2015.
  • Dewan Pembina Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) Jawa Barat, 2008-2013.
  • Research Fellow, Centre for Research on International Cooperation of Education Development (CRICED), University of Tsukuba[14], Japan. 2006 -  2008.
  • President of Indonesian Society for Special Needs Education. 2002-sekarang
  • Ketua Umum PB ABKIN (Asosiasi Bimbingan dan Konseling), 2001-2006
  • Ketua II ISPI (Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia) di Jakarta, 2004-2009;
  • Ketua Komite Sekolah SMAN 4 Bandung, 2002-2005;
  • Litbang Dewan Pendidikan di Bandung, 2003-2005
  • Ketua Majelis Eksekutif Asosiasi LPTK Indonesia, 2005-sekarang.
  • Pengurus Pusat ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia) Bidang Pendidikan dan Pengembangan SDM, 2010-2015
  • Ketua Umum Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Jawa Barat, 2006-2011
  • Dewan Kehormatan KONI Jawa Barat, 2007
  • Ketua Umum ISSE di Bandung, 2002-sekarang
  • Ketua Dewan Pembina PB MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling, 2012-sekarang
  • Dewan Penasehat ISNU (Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama) Jabar, 2012-sekarang
  • Ketua Umum ISPI (Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia) periode 2009-2014
  • Ketua Umum ISPI (Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia) periode 2014-sekarang

Tanda Jasa dan Penghargaan
  • Piagam Dosen Teladan dari IKIP Bandung, 1987;
  • Satya Lencana Dwidya Sista dari Menhankam/Pangab, 1990;
  • Karya Bhakti Satya 20 Tahun dan 30 Tahun dari IKIP Bandung/UPI, 1995 dan 2003;
  • Satya Lencana Karya Satya 20 Tahun dan 30 Tahun dari Presiden RI, 1998 dan 2004;
  • Penganugrahan Polisi Kehormatan (Honorary Police) dari Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Jawa Barat Wilayah Priangan, 2009
  • Penganugerahan Mitra Yayasan Damandiri, 2011.
  • Warga Kehormatan Kampung Adat Naga, 2012.
  • Penghargaan Pendidikan Inklusif (Inclusive Education Award) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012
  • Penghargaan “Duta Nusantara” dari Kepolisian Negara Republik Indonesia, 2012
  • Anugerah KONI Award Kategori Institusi Lembaga Pendidikan Tinggi Terbaik, 2103.
  • Penghargaan “Wali Pohon” Program Konservasi Adopsi Pohon-Tanam dan Pelihara Wali Pohon Masigit Kareumbi. 2013.
  • Penghargaan Koordinator & Pengurus Harian Keluarga Asuh Perwira Siswa Mancanegara SESKO TNI-SESKOAD-SESKOAU-SESPIMPOLRI, 2013.
  • Damandiri Award untuk Kategori Perguruan Tinggi, 2014

Buku dan Bab
  • Penyehatan Kultur Pendidikan, 2012.
  • Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis, 2011.
  • Isu-isu Pendidikan: Antara Harapan dan Kenyataan
  • Teori Bimbingan dan Konseling. dalam buku ”Rujukan Filsafat, Teori, dan Praksis Ilmu Pendidikan”. UPI. 2007.
  • Profesi Konselor di dalam Sistem Pendidikan Nasional: Telaah Akademik-Yuridis. dalam buku ”Rujukan Filsafat, Teori, dan Praksis Ilmu Pendidikan”. UPI. 2007.
  • Landasan-Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Depdikbud, Ditjen Dikti, P3GSD. (Penulis), 1996.
  • Masalah Psikologis Anak Luar Biasa. Depdikbud, Ditjen Dikti. (Penilai Dan Kontributor), 1995.
  • Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. (untuk PGSD). (Penulis), 1992.
  • Metode Riset Sosial, Suatu Pengantar. (Penulis), 1988.

Kerja Tim
  • Koordinator Penyusun Buku Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk Bidang Pendidikan tentang 8 Agenda Anti Korupsi bagi Kontestan Pilpres 2014. Tahun 2014.
  • Ketua Asessor Sertifikasi Guru Rayon 110 Jawa Barat. Tahun 2011 – saat ini.
  • Peneliti Anak Berbakat Bidang Studi Matematika. Tahun 2011.
  • Koordinator Penyelenggara Ujian Nasional (UN), SMU/MANS Propinsi Jawa Barat. Tahun 2009.
  • Konsorsium sertifikasi guru, Depdiknas. Tahun 2008 – saat ini.
  • Ketua Tim Ahli Pengembang Standar Kualifikasi Akademik dan kompetensi Konselor Indonesia, BSNP. Tahun 2008.
  • Ketua Tim Pemantau Independen Ujian Nasional (UN) Propinsi Jawa Barat. 2009 - saat ini.
  • Ketua Tim Pemantau Independen Ujian Nasional (UN) Propinsi Jawa Barat. Tahun 2008.
  • Ketua Tim Pemantau Independen Ujian Nasional (UN) Propinsi Jawa Barat. Tahun 2007.
  • Ketua Sertifikasi Guru Rayon X Jawa Barat. Tahun 2007 – 2010.
  • Ketua Tim Pengembang Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal, Ditjen Dikti. Tahun 2007.
  • Principal Investigator: Pengembangan Perangkat Lunak Analisis Tugas Perkembangan Siswa dalam Peningkatan Mutu dan Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Tahun 2001 – 2003.
  • Principal Investigator: Quality Improvement and Management System Development of School Guidance and Counseling Services. Tahun 1996 – 1999.
  • Chairman of the Team of Comparative Study and Intensive Consultation on the Curriculum Development of D-II Primary Teacher Education, Univ. of Houston and OSU, USA.  Tahun Nov.1993 – Febr.1994.
  • Chairman of Curriculum Developer Team of D-II Primary Teacher Education Program, Directorate General of Higher Education. Tahun 1993 – 1995.

Penelitian
  • Exploring The Values of Peace Mindset Building in Education and Guidance  and Counseling: Lesson Learned from Indonesia and Finland. Tahun 2014.
  • A Comparative Study On The Characteristics Of Effective Teachers And Their Professional Development in Indonesia And Japan. Tahun 2013.
  • Model Layanan Pedagogis Serta Bimbingan dan Konseling Untuk Pengembangan Mindset Kultur Kedamaian. Tahun 2013.
  • Kesiapan Manajemen dan Keperilakuan Organisasi Dalam Implementasi Re-Desain Pendidikan Profesional Guru. Tahun 2013.
  • Model Pendidikan Anak Berbakat Istimewa dalam Bidang Matematika. Tahun 2011.
  • Validasi Inventori Tugas Perkembangan Berbasis Budaya Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Tahun 2010.
  • Pengembangan Perangkat Lunak Analisis Tugas Perkembangan Siswa Dalam Upaya Peningkatan Mutu Layanan dan Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekola. Tahun 2001 – 2003.
  • Quality mprovement and Management System Development of School Guidance and Counseling Services. Proyek URGE. Ketua Tim. Tahun 1996-2000.
  • Studi Awal Tentang Peningkatan Mutu dan Sistem Manajemen Layanan Bimbingan di Sekolah Dasar. OPF IKIP Bandung: Penelitian Mandiri. Tahun 1995.
  • Upaya Penigkatan Kemampuan Guru Dalam Melakukan Evaluasi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Daerah Kabupaten Garut. Action Research, P2MTK PGSD. Ditjen Dikti: Tim Penelitian. Tahun 1995.
  • Pengembangan Sistem Layanan Pendidikan Anak Berbakat di Sekolah Dasar. Penelitian Mandiri. 1995.
  • Studi Manajemen Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun di Indonesia. Ditdikmenum: Tim Peneliti. 1994.
  • Studi Tentang Pengembangan Model Pengelolaan Proses Belajar Mengajar yang Mendukung Perkembangan dan Kesiapan Intelektual, Personal, dan Sosial Murid Sekolah Dasar untuk Memasuki Pendidikan Dasar 9 Tahun. Hibah Bersaing P4M Ditbinlitabmas, Ditjen Dikti: Ketua Tim. Tahun 1994.
  • Studi Tentang Mutu Pelaksanaan Bimbingan  Karier di SMA-SMA Se-Jawa Barat. Hibah Bersaing P4M Ditbinlitabmas, Ditjen Dikti: Ketua Tim. Tahun 1993.
  • Tingkat Pemaham Guru Tentang Konsep Bimbingan dan Penerapan Dalam Proses Belajar Mengajar (Studi Tindak Lanjut Pengabdian Pada Masyarakat). Ketua Tim.
  • Evaluasi Pelaksanaan Sistem SKS di PTS Jawa Barat. P4M Ditbinlitabmas, Ditjen Dikti: Ketua Tim. Tahun 1990.
  • Profil Guru Sekolah Dasar Menjelang Tahun 2000. Proyek P2T IKIP Bandung: Tim Peneliti. Tahun 1989.

Karya Ilmiah
  • Education For One Peaceful Asia (Keynote Speaker One Asia Convention 2014, Jeju, South Korea, August, 1-2, 2014)
  • Standardization of Teacher Education In Indonesia: A Grand Design (UPI-UPSI Conference 2014, Bandung, 25-26 June 2014)
  • Arah Pendidikan Indonesia ke Depan: Revitalisasi LPTK Dalam Merespon Perkembangan Pedagogik dan Tantangan Pendidikan Indonesia. (FGD PGRI-Kompas, Jakarta, 16 Juni 2014)
  • Trends of Guidance and Counseling on the Necessary for Standardization of Counselor Education. (Speaker International Seminar Guidance and Counseling ASEAN, UPI, 13 June 2014)
  • Teacher Education in Indonesia: In Need of Comprehensive Reforms (Joint Working Group on Education, Indonesia-The United Kingdom, Jakarta, 3 March 2014)
  • Grand Design of Teacher Education In Indonesia (Keynote Speaker Seminar Internasional UPI-Monash University, Bandung, 1-2 Desember 2013)
  • Menyiapkan Guru Masa Depan: Sebuah Sinergi Pemikiran (Keynote Speaker Pertemuan FIP-JIP, Medan, 29-30 Oktober 2013)
  • Penegasan Posisi Bimbingan dan Konseling Dalam Kurikulum 2013 (Kongres Daerah ABKIN Provinsi Jawa Barat, Bandung 19 Oktober 2013)
  • Konselor Bermartabat, Konselor Otentik (Dignified Counsellor, Authentic Counsellor, 2013)
  • Pembicara pada International Seminar Disabilities Awarness and Inclusive Eduvation (Department of Special Needs Education and U.S. Embassy, 25 September 2013)
  • Pemakalah Peningkatan Profesionalisme Kinerja Dosen dan Guru BK dalam Kegiatan Konseling (Seminar Nasional, Universitas Negeri Surakarta, 9 September 2013)
  • Developing Education For Better Asia (Keynote Speech One Asia Convention 2013, Ged. Merdeka, Januari 22-23 Maret 2013)
  • Pendidikan IPS dan Pembangunan Energi Nasional Dalam Membangun Generasi Emas 2045 (Pembicara pada KONASPIPSI II FPIPS, Universitas Pendidikan Indonesia 2013)
  • Grand Design LPTK: Standarisasi Kelembagaan LPTK untuk Penyiapan Guru Masa Depan (Narasumber Seminar dan Lokakarya Menyiapkan Guru Masa Depan, Jakarta, 3-4 Juli 2013)
  • Penataan Sistem Pendidikan Untuk Kebangkitan Peradaban Bangsa (Silaturahmi Nasional ICMI Se-Indonesia, Jakarta, 18-20 Desember 2012)
  • Refleksi Pengalaman UPI Dalam Melaksanakan Penjaminan Mutu Pendidikan (Seminar Nasional Satuan Penjaminan Mutu UPI, Bandung, 17 Desember 2012)
  • Pendidikan dan Pembangunan Karakter Bangsa Menuju Masyarakat Madani (Seminar Nasional ICMI Se-Indonesia, Bandung, 29 Nopember 2012)
  • Memantapkan Karakter Bangsa Menuju Generasi 2045: Sistem Pendidikan Yang Memungkinkan Dihasilkannya Pendidik dan Yenaga Kependidikan Yang Kompeten untuk Mempersiapkan Generasi 2045, (Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia 7, Yogyakarta, Nopember 2012)
  • Refleksi Permasalahan Birokrasi Pengelolaan Serta Implikasinya Bagi Pengelolaan Guru Secara Profesional Di Masa Depan, (Symposium Refleksi 58 tahun pengalaman penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Keguruan di Indonesia, Bandung, Oktober, 2012)
  • Mencipta Ilmu Melalui Penelitian: Kebijakan UPI Dalam Menjangkau/Mewujudkan Cita-Cita Menjadi Universitas Pendidikan Berbasis Penelitian (Seminar International Pendidikan UPI – UPSI,  Malaysia, September 2012)
  • Managing And Developing School Guidance And Counseling Services Trough Continuing Teacher Counselor Profesional Development (1st International Seminar and Workshop on Guidance and Counseling, UNY, Yogyakarta, 2012)
  • Reformasi dan Transformasi Kebudayaan Dalam Memperkokoh Jati Diri (Kultural Bangsa: Sebuah Kerangka Kerja Etno-Pedagogik. (Seminar Nasional Universitas serang Raya, Serang, Mei 2012)
  • Pendidikan Karakter Dalam Kaitannya Dengan Pendidikan Berbasis Siswa. (Seminar Nasional Sekolah Insan Cendikia, Serpong, Maret 2012)
  • Pendidikan Profesi Berbasis Standar Nasional Pendidikan. (Seminar Nasional Kepamongprajaan IPDN, Sumedang, Mei 2012)
  • Karakter Profesional Guru Bimbingan dan Konseling. (Kongres Nasional II dan Musyawarah Guru BK Nasional, Serpong, Februari 2012)
  • Re-Desain Sistem Pendidikan dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Seminar Nasional Pendidikan, ISPI, Yogyakarta, Januari 2012)
  • Peran dan Tanggung Jawab LPTK Dalam Pembangunan Karakter Bangsa (Seminar Nasional Pendidikan, Lampung, Januari 2012)
  • Pemanfaatan Budaya Sunda dalam Pendidikan Karakter Bangsa: Sebuah Kerangka Pikir (Konferensi International Budaya Sunda, Bandung, Desember, 2011)
  • Ujian Nasional: Harapan dan Kenyataan: (Seminar National Campaign Peran Penelitian dan Pengembangan dalam Pembangunan Karaktar Bangsa. Balitbang, Kemdikbud, Bandung, Desember 2011)
  • Pendidikan Karakter Bangsa: Implementasi Dalam Pendidikan di Sekolah. (Rakor Direktorat Pembinaan SD, Ditjen Dikdas, Kemendikbud, Bogor, Desember, 2011)
  • Psychohygiene (Mental Hygiene) Sebagai Dimensi Proses dan Tujuan. (International Seminar On Guidance and Counseling, UPI, Desember, 2011)
  • Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum sekolah (Seminar Nasional Univ. Trisakti, Jakarta, Nopember, 2011)
  • Pendidikan Karakter di sekolah Dalam Konteks Pembangunan Manusia Indonesia. (Seminar dan Lokakarya Teknik dan Strategi BK untuk Pendidikan Karaktar, Malang, Nopember, 2011)
  • “Arah Penataan Profesi Guru BK (Seminar Nasional, Serpong, Tangerang Selatan, 2011)
  • Membangun Atikan Sunda Melalui Penerapan Unsur Budaya (Seminar Bahasa dan Budaya Sunda)
  • Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi), (Seminar Pendidikan Berkarakter, STAI Al Barokah, Sukabumi, Mei 2011)
  • Peningkatan Kualitas Pendidik Dalam Melaksanakan Tugas Pendidikan Karakter Bangsa. (Visiting Doctor STAIN Batusangkar, Juni 2011)
  • Strategi (Percepatan) Pembangunan Budaya /Karakter Dalam Dunia Usaha dan Pendidikan (CEO Gatherin, ESQ Leadership, Mei 2011)
  • Pendidikan Karakter Bangsa: Menuju Indonesia Yang Maju dan Bermartabat (Seminar Internasional PPB UPI, Mei 2011)
  • Pendidikan Profesional Guru Berbasis Karakter: Peran dan Tanggung Jawab LPTK (Seminar Nasional IKA UNY, Yogyakarta, April 2011)
  • Peran dan Kontribusi PNF dalam Pembentukan Karakter Bangsa: Perspektif Psikologis (Seminar Nasional, Universitas Pattimura, Ambon, Maret 2011)
  • Pembentukan Jati Diri Melalui Penerapan Unsur Budaya: Pengalaman Indonesia (Seminar Antarbangsa Pendidikan Bahasa Melayu, Kuala Trengganu, Malaysia, Maret 2011)
  • Mengembangkan Pola Berfikir Kreatif dan Inovatif Para Manajer Pendidikan (Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Galuh, Maret 2011)
  • Tanggung Jawab Profesional Bimbingan dan Konseling Dalam Membangun Ketahanan Bangsa: Sebuah Perspektif Kultural.
  • Reformasi dan Transformasi Kebudayaan Sunda Dalam Memperkokoh Jati Diri Kultural: Sebuah Kerangka Kerja Etno-Pedagogik (Seminar Internasional Reformasi dan Transformasi Kebudayaan Sunda, Unpad, Bandung)
  • Resureksi Ilmu Pendidkan (Pedagogik) Bagi Pemulihan Penyelenggaraan Pendidikan (2nd International Seminar 2010 ”Practice Pedagogic In Global Education Perspective, UPI, Bandung)
  • Pendidikan Karakter Dalam Rangka Nation & Character Building: Kajian Filosofis Teoretis (Seminar Nasional Himpunan Sarjana PAI Se-Indonesia, UIN, Jakarta)
  • Etnopedadogik: Model Pendidikan Wawasan Kebangsaan Berjati Diri Indonesia (Rembug Nasional Membangun Karaktar Bangsa Berwawasan Kebangsaan)
  • Etnopedadogik: Sebuah Resureksi Ilmu Pendidikan (Pedagogik)
  • Redesigning Profesional Teacher Education
  • Membangun Keutuhan Bangsa Melalui Pendidikan Dalam Bingkai Utuh Sistem Pendidikan Nasional
  • Mewujudkan Reformasi Pendidikan Yang Mampu Meningkatkan Kapasitas Dan Kompetensi Aparatur
  • Sistem Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Pembangunan Karakter Bangsa
  • Penguatan Kapasitas FIP- JIP Dalam Mendukung Pembangunan Manusia Indonesia Yang Bermartabat.
  • Strategies in Improving Teacher Quality in Indonesia, disajikan pada Asian Roundtable of Presidents of Universities of Education, The Hongkong Institute of Education.
  • Paradigma Mutu Pendidikan dalam Bingkai Sistem Pendidikan Nasional, Banda Aceh.
  • Institutional Governance Requirements to Produce Dedicated Teacher, Ditjen Dikti.
  • Pembaharuan Pendidikan Guru di Indonesia, UPSI Malaysia.
  • Arah dan tantangan Bimbingan dan Konseling Profesional: Historik-Futuristik.
  • Bimbingan dan Konseling Perkembangan: Pendekatan Alternatif bagi Pengembangan Mutu dan Sistem Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume VI. No. 11.
  • Current Problems, Issues and Recent Progress in Special Education in Indonesia. Symposium on International Cooperation for Education in Developing Countries, Educational Services for Children with Special Needs, University of Tsukuba, Japan.
  • Quality Improvement and Management System Development of Guidance and Counseling Services. Jurnal Ilmu Pendidikan, Dec. 1999, vol.6: 413-423.
  • Landasan-Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. DGHE.
  • Kerangka Kerja Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan: Pendekatan Ekologis Sebagai Suatu Alternatif. Disajikan pada pidato pengukuhan jabatan guru besar tetap dalam ilmu pendidikan pada jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan fakultas ilmu pendidikan IKIP Bandung.
  • Pengembangan Kemampuan Generik Melalui Rumpun MKDK dalam Kurikulum D-II PGSD. Jakarta; Ditjen Dikti.
  • Development of D-II Generic Courses: Rationale for Course Selection and Content Choice. Seminar on Curriculum Developers Program Ohio USA.
  • Strategi Mengajar dalam Mengoptimalkan Situasi Belajar di Sekolah Dasar.  Seminar PGRI, Majalengka.
  • Dimensi Psikologis dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Guru Sekolah  Dasar.  Jakarta; Ditjen Dikti.
  • Pemahaman Karaktaristik Peserta Didik yang Memiliki Kemampuan dan Kecerdasan Luar Biasa. Seminar Jurusan PLB, FIP, IKIP Bandung.
  • Model Program Pendidikan Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kemampuan dan Kecerdasan Luar Biasa.
  • Tantangan, Peluang, dan Arah Peningkatan Unjuk Kerja Profesional Petugas Bimbingan Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Makalah Sumbangan Dalam Konvensi dan Kongres IPB Padang.
  • Personal and Social Need Problems of Primary School Pupil and Their Implications on The Guidance Services. An International Conference on Education In Asia and The Pacific: Bandung.
  • Kualifikasi Profesional Petugas Bimbingan Indonesia (Kajian Psikologis). Konvensi Dan Kongres IPB, Denpasar.

Haki
  • Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling sebagai Upaya Pedagogis, 2014.
  • Inventori Tugas Perkembangan Jenjang Perguruan Tinggi, 2014.
  • Inventori Tugas Perkembangan Jenjang Sekolah Menengah Atas, 2014.
  • Inventori Tugas Perkembangan Jenjang Sekolah Menengah Pertama, 2014.
  • Inventori Tugas Perkembangan Jenjang Sekolah Dasar, 2014.