Francis Herbert Bradley - Filsuf Idealis Asal Inggris

Francis Herbert Bradley
Francis Herbert (FH) Bradley
Lahir: 30 Januari 1846 Clapham, Surrey, Inggris

Meninggal: 18 September 1924 (umur 78) Oxford, Oxfordshire, Inggris

Era: Filsafat abad ke-19

Daerah: Filsafat Barat

Sekolah: Idealisme Inggris

Kepentingan utama: Metafisika, Etika, Filsafat sejarah, Logika
Francis Herbert Bradley adalah seorang filsuf idealis asal Inggris. Karyanya yang paling penting adalah Penampilan dan Realita (1893). Menurut aliran idealisme bahwa realitas terdiri atas ide-ide, fikiran-fikiran, akal, jiwa (mind) dan bukannya benda-benda material dan kekuatan. Francis Herbert Bradley adalah penganut idealisme yang fanatic dan memiliki pengaruh yang sangat besar di Inggris. Menurut Bradley metode pengenalan empirisme itu sebenarnya bersifat psikologis dan bahwa mereka itu bekerja dengan ide-ide dan sama sekali tidak dengan putusan atau keterangan-keterangan.


Biografi

Bradley lahir 30 Januari 1846 di Clapham, Surrey, Inggris (sekarang bagian dari Greater London area). Dia adalah anak dari Charles Bradley, seorang evangelis pendeta, dan Emma Linton, istri kedua Charles. AC Bradley adalah saudaranya. Dididik di Cheltenham dan Universitas Marlborough, Saat remaja ia banyak membaca beberapa karya Immanuel Kant "Critique of Pure Reason". Pada tahun 1865, ia masuk University College, Oxford. Pada tahun 1870, ia dipilih untuk sebuah persahabatan di Oxford Merton College di mana ia tetap sampai kematiannya pada tahun 1924. Bradley dimakamkan di Pemakaman Holywell di Oxford.

Selama hidupnya, Bradley adalah seorang filsuf yang dihormati dan diberikan gelar kehormatan berkali-kali. Dia adalah filsuf Inggris pertama yang dianugerahi Order of Merit. Dia terkenal dengan pendekatan filsafat non pluralistik. Pandangannya melihat persatuan monistik, melampaui perpecahan antara logika, metafisika dan etika. Secara konsisten, pandangan sendiri mengkombinasikan monisme dengan idealisme mutlak. Meskipun Bradley tidak menganggap dirinya sebagai filsuf Hegelian,  ia terinspirasi oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel dengan "metode dialektika".


Filsafat

Bradley menolak utilitarian dan tren empiris dalam filsafat bahasa Inggris diwakili oleh John Locke, David Hume, dan John Stuart Mill. Sebaliknya, Bradley adalah anggota terkemuka dari gerakan filosofis yang dikenal sebagai idealisme Inggris , yang sangat dipengaruhi oleh Kant dan idealis Jerman, Johann Fichte, Friedrich Schelling, dan Hegel, meskipun Bradley cenderung mengecilkan pengaruhnya.

Pada tahun 1909, Bradley menerbitkan sebuah esai berjudul "Pada Kebenaran dan Coherence" dalam jurnal Pikiran (dicetak ulang dalam Essay dalam Kebenaran dan Realitas . Esai mengkritik bentuk infallibilist fondasionalisme dalam epistemologi. Filsuf Robert Stern berpendapat bahwa dalam makalah ini Bradley membela koherensi bukan sebagai account pembenaran tetapi sebagai kriteria atau tes kebenaran.

Salah satu ciri pendekatan filosofis Bradley adalah tekniknya membedakan ambiguitas dalam bahasa, terutama dalam kata-kata individu. Teknik ini bisa dipandang sebagai antisipasi dari kemajuan kemudian dalam filsafat bahasa.


Filsafat moral

Pandangan moralitas Bradley didorong oleh kritiknya terhadap gagasan diri yang digunakan dalam teori utilitarian saat etik. Ia membahas pertanyaan sentral "Mengapa saya harus bermoral?"

Dia menentang individualisme, bukan membela pandangan diri dan moralitas pada dasarnya sosial. Bradley menyatakan bahwa kewajiban moral kami dirikan pada kebutuhan untuk menumbuhkan ideal "diri yang baik" kita bertentangan dengan kita "diri yang buruk".  Namun, ia mengakui bahwa masyarakat tidak bisa menjadi sumber kehidupan moral kita, dari pencarian kita untuk mewujudkan diri ideal kita. Sebagai contoh, beberapa masyarakat mungkin perlu reformasi moral dari dalam, dan reformasi ini didasarkan pada standar yang harus datang dari tempat lain dari standar masyarakat itu.


Pandangannya tentang diri sosial dalam teorisasi moralnya relevan dengan pandangan Fichte, George Herbert Mead, dan pragmatisme. Mereka juga kompatibel dengan pandangan modern seperti orang-orang dari Richard Rorty dan pendekatan anti-individualisme.


Kematian

Francis Herbert (FH) Bradley meninggal pada 18 September 1924 (umur 78) di Oxford, Oxfordshire, Inggris. Dan dimakamkan di Pemakaman Holywell di Oxford.(Wikipedia)