Fatimah Binti Asad - Sosok Wanita Pengganti Orang Tua Rasulullah SAW

Artikel "Fatimah Binti Asad - Sosok Wanita  Pengganti Orang Tua Rasulullah SAW" adalah bagian dari seri "Kisah Shahabiyah - Sahabat Nabi Perempuan"
Fatimah Binti Asad - Sosok Wanita  Pengganti Orang Tua Rasulullah SAW
Fatimah binti Asad adalah adalah istri dari Abu Thalib bin Abdul Muthalib – paman Nabi Muhammad SAW. Beliau juga ibu dari Ali bin Abu Thalib (Khalifah ar-Rasyidin keempat) dan sekaligus ibu mertua dari putri Nabi Muhammad, Fatimah az-Zahra.

Fatimah binti Asad merupakan putri dari Asad bin Hâsyim, ini menjadikan Ali merupakan keturunan Hasyim bin 'Abd al-Manaf dari kedua sisi ayah dan ibu.

Fatimah binti Asad adalah sosok wanita mulia yang telah mendukung dan membantu perjuangan Rasulullah dalam menyebarkan Islam, setelah wafatnya Abu Thalib dan Khadijah RA. Ia juga ikut hijrah ke Madinah bersama kaum Muslimin.


Menjadi pengganti orang tua Rasulullah

Fathimah tampil menjadi sosok pengganti orang tua takkala Rasulullah SAW mengalami amul huzn yang berarti tahun kesedihan -- setelah meninggalnya Abu Thalib dan Khadijah RA yang terjadi ketika tahun 10 kenabian.

Fathimah begitu mendukung dan membantu setiap perjuangan Rasulullah SAW dalam menyebarkan agama Islam. Fathimah membela Rasulullah SAW dari tekanan kaum Kafir Quraisy, hingga akhirnya berhasil hijrah ke Madinah.  Ia pun turut berhijrah ke kota suci kedua bagi umat Muslim itu  lainnya. Bagi Fathimah binti Asad, Madinah merupakan kota yang penuh dengan kebahagiaan serta kemuliaan, seperti halnya Makkah.

Dedikasi dan pengorbanan Fathimah dalam membela agama Allah SWT sungguh sangat ternilai. Ia sungguh wanita yang agung. Rasulullah SAW begitu menghormati sosok Fathimah, bibi, sekaligus besannya. Dalam sebuah hadis yang dikeluarkan Ibnu Abi Ashim dari dari Abdullah bin Muhammad bin Umar bin Ali bin Abu Thalib dikisahkan bawah ketika Fathimah wafat, Rasulullah SAW mengkafaninya dengan bajunya.

Lalu Rasulullah SAW bersabda, ''Sepeninggal Abu Thalib, saya belum pernah menemukan orang yang lebih baik padaku selain Fathimah bin Asad.''  Bahkan, Rasulullah SAW juga sampai turun ke liang lahat untuk kemudian membaringkan jasad wanita yang suci itu.

Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, ''Wahai Rasulullah, kami belum pernah melihat engkau berbuat kepada seseorang seperti yang engkau lakukan kepada wanita ini (Fathimah binti Asad).'' Lalu Rasulullah menjawab, ''Sesungguhnya, tidak ada orang yang lebih baik padaku setelah wafatnya Abu Thalib, selain dia.''

Begitu banyaknya kebaikan Fathimah, baik kepada Rasulullah maupun kepada puterinya,  sehingga  Nabi Muhammad SAW tak pernah melupakan sosok perempuan yang agung itu. Selama hidupnya, Fathimah memang dikenal sebagai sosok penolong agama Allah. Ia juga merupakan pendamping setia perjuangan Rasulullah SAW. Ia dikenal sebagai wanita yang mempunyai pengetahuan berlimpah tentang agama.

Kehidupannya, dipenuhi dengan aktivitas dakwah Islamiyah. Ia juga termasuk salah seorang Muslimah yang juga turut meriwayatkan hadis. Ia telah meriwayatkan sebanyak 46 hadis. Dalam kitab shahihain, menurut Ibrahim Saliim, Fathimah binti Asad meriwayatkan satu hadis Muttafaq 'alaih.


Wafatnya Fatimah binti Asad

Terdapat beberapa pendapat mengenai waktu wafatnya Fathimah. Menurut Ibnu Hajar, Fathimah binti Asad wafat sebelum hijrah Nabi SAW. Namun, berdasarkan pendapat lainnya, Muslimah agung itu tutup usia setelah turut hijrah menyusul Rasulullah SAW. Ia wafat dan dimakamkan di kota nabi, Madinah.

Hal itu dibenarkan oleh asy-Sya'bi yang mengatakan bahwa Fathimah masuk Islam di Makkah, lalu turut menyusul Rasulullah SAW ke Madinah dan meninggal dunia di kota itu. Fathimah binti Asad adalah wanita yang layak dicontoh para Muslimah sepanjang masa. Ia merupakan sosok perempuan yang istiqamah, tak mengenal lelah, membantu memperjuangkan agama Allah SWT.


Keturunan Fatimah binti Asad

Empat anak laki-laki:
1. Thalib bin Abu Thalib
2. Aqil bin Abu Thalib
3. Ja'far bin Abu Thalib
4. Ali bin Abu Thalib

Dua anak perempuan
1. Fakhitah binti Abu Thalib
2. Jumanah binti Abu Thalib

Sumber: 
Fathimah Binti Asad: Wanita Mulia Penolong Rasulullah SAW
- Berbagai sumber