Profil Airlangga Hartarto - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian

Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., adalah seorang Ketua Umum Partai Golkar berkebangsaan Indonesia. Airlangga Hartarto adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia periode 2019-2024 pada Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo-K.H Mar'uf Amin, yang dilantik pada 23 Oktober 2019. Airlangga Hartarto pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin pada perombakan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla pada 27 Juli 2016 menggantikan Saleh Husin.


Latar Belakang

Airlangga Hartarto
Lahir di Surabaya, Jawa Timur, 1 Oktober 1962, Ir. Airlangga Hartarto, MMT, MBA terpilih kembali menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Golongan Karya (Golkar) untuk Dapil Jawa Barat V (Kab. Bogor) setelah memperoleh 113.939 suara.

Pada periode 2009-2014, Airlangga bertugas menjadi Ketua Komisi VI DPR-RI yag membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi, ukm dan bumn. Di 2014-2019, Airlangga bertugas di Komisi VII yang membidangi energi sumber daya mineral, lingkungan hidup dan riset & teknologi.

Airlangga adalah seorang pengusaha dengan kerajaan bisnis di berbagai macam bidang. Airlangga adalah pemilik dari PT. Graha Curah Niaga (distributor pupuk) dan Pemimpin Umum Harian Suara Karya. Beliau juga menjabat sebagai Presiden Komisaris di PT. Ciptadana Asset Management (manajemen investasi) dan PT. Fajar Surya Wisesa Tbk (produsen kertas).

Ia juga adalah petinggi Partai Golkar dan menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpunan Pusat (DPP).

Pada April 2015 terjadi banyak mutasi di Fraksi Golkar dan Airlangga sekarang bertugas di Komisi X yang membidangi pendidikan, pariwisata, ekonomi kreatif, kebudayaan, olahraga dan kepemudaan. Januari 2016, ia dimutasi menjadi anggota Komisi XI DPR-RI.

Pendidikan
  • S1, Teknik Mesin, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (1987)
  • AMP Wharton School, University of Pennsylvania, Philadelphia, USA (1993)
  • S2, Master of Business Administration (MBA), Monash University, Australia (1996)
  • S2, Master of Management Technology (MMT), Melbourne Business School University of Melbourne, Australia (1997)

Perjalanan Politik

Airlangga Hartarto sudah aktif berorganisasi sejak muda di bangku sekolah. Airlangga adalah Ketua OSIS selama menjadi murid di SMA Kanisius dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Karir politik Airlangga sendiri dimulai ketika ia berhasil terpilih menjadi Wakil Bendahara DPP Partai Golkar periode 2004-2009. Kemudian, suami dari Yanti K Isfandiary ini berhasil menjadi Anggota DPR-RI periode 2009-2014 setelah memenangi Pemilu Legislatif 2009 untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat V.

Selain memimpin beberapa perusahaan seperti Presiden Komisaris dari PT. Fajar Surya Wisesa Tbk, Presiden Direktur PT. Jakarta Prime Crane (1991), Presiden Direktur PT. Bisma Narendra, dan Komisaris PT. Sorini Corporation Tbk, Airlangga juga memimpin beberapa organisasi seperti Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) dan Sekjen ASEAN Federations of Engineering Organizations (AFEO).

Airlangga merupakan pengagum ajaran Mahatma Gandhi. Ia memegang teguh prinsip mahatma Gandhi yang menyangkut tujuh hal yang harus dihindari yaitu kaya tanpa bekerja, kesenangan tanpa kesadaran, pengetahuan tanpa karakter, bisnis tanpa moral, ilmu tanpa kemanusiaan, penghargaan tanpa pengorbanan, dan politik tanpa prinsip.

Sumber: 
  • http://wikidpr.org/anggota/5403631742b53eac2f8ef78b#pendidikan
  • http://profil.merdeka.com/indonesia/a/airlangga-hartarto/