Home » » Profil Adityayoga - Desainer Logo HUT ke-71 RI

Profil Adityayoga - Desainer Logo HUT ke-71 RI

Adityayoga
Adityayoga (lahir, 30 April 1980) adalah alumnus desain grafis dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Ia anggota Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) sebagai Sekretaris Jenderal ADGI. Logo rancangannya terpilih untuk menjadi logo resmi HUT ke-71 RI.

Dikutip dari blog pribadinya https://brutalator.wordpress.com/about/, saat ini Adityayoga menjadi desainer grafis dan fotografer lepas sebagai kegiatan sehari-harinya, diselingi dengan berbagi cerita dan diskusi tentang desain&fotografi bersama mahasiswa. Bermain visual dan ide-ide bebas di bawah naungan biro desain inlander, bersama Kartika Jahja dan Oliver Widiantoro sejak 2010 yang dituangkan dalam bentuk desain dan toko mungil mereka.

Pada tahun 2007 membuat sebuah inisiatif visual yang dituangkan melalui http://www.hiduplahindonesiaraya.com, hingga saat ini berkembang dengan berbagi bentuk inisiatif lainnya untuk Indonesia.

Logo HUT ke-71 RI
Logo HUT ke-71 RI 
Kisah terpilihnya logo resmi rancangan Adit, berawal saat Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meminta ADGI untuk membuat logo tersebut.

Ketika dihubungi Bekraf untuk berkontribusi membuat logo HUT ke-71 RI, lantas ADGI membuat tim untuk mendesain logo tersebut.

Tim ini terdiri dari enam orang, masing-masing membuat satu alternatif desain. Dermikian seperti dikatakan Adit kepada Liputan6.com, Rabu (13/7/2016).

Dari sejumlah alternatif desain yang diberikan ADGI, maka Berkraf memutuskan untuk memakai karya Adit. Logo rancangan Adit terdiri dari lingkaran yang dibagi dua dengan tulisan angka 71.

Bekraf memberikan kriteria untuk logo HUT ke-71 RI adalah kerja nyata. Sebagai bentuk kerja nyata yang berkesinambungan maka visual 71 tahun indonesia merdeka memiliki bentuk yang berkelanjutan dari logo 70 Tahun Indonesia merdeka.


Arti Logo

Arti Logo HUT ke-71 RI
Klik gambar untuk memperbesar
Dilansir dari laman Kemendikbud, pada logo 71 tahun ini digambarkan dua setengah lingkaran yang mengilustrasikan bilah baling-baling yang dinamis selalu berputar mendorong pesat ke depan. Hal ini menunjukan komitmen pemerintah untuk kerja nyata dalam memajukan Indonesia.

Angka satu yang menembus bidang lingkaran mengarah ke kanan atas merupakan ajakan bagi seluruh lapisan masyarakat agar ber-“satu”, bahu membahu bekerja menembus segala rintangan. Secara tampilan logo 71 Tahun Indonesia Merdeka bernuansa modern dan sederhana dalam tampilan. Hal ini menunjukan sikap pemerintah yang mengutamakan keterbacaan yang jelas/transparansi/informatif dalam seluruh kerja nyatanya.


Sumber: