Home » » Profil Cupink Topan - Aktor Film Laga Berambut Gimbal yang Fasih Membaca Al Qur'an

Profil Cupink Topan - Aktor Film Laga Berambut Gimbal yang Fasih Membaca Al Qur'an

Cupink Topan
Sosok Sofyan Alop atau yang lebih dikenal dengan nama Cupink Topan mendadak menjadi pebincangan di dunia maya. Ia menjadi terkenal setelah videonya saat menjadi imam shalat di Hotel Bidakara tersebar di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat Cupink sedang mengimami shalat dengan bacaan Al Quran dengan merdu. Aktor di film Laga tersebut Qiraah nya luara biasa, bahkan Gubernur Maluku Utara KH. Abdulgani Kasuba. Lc. sampai terkesima mendengarkan suaranya.

Siapa sangka, pria berambut gondrong dan gimbal, dengan tampang sangar ini bacaan Al Qurannya begitu luar biasa? siapakah dia?

Cupink Topan Putra Tidore (33) yg juga Aktor di film Laga, menamatkan sekolahnya di SMK Tidore jurusan Akuntansi, Cupink Topan melanjutkan pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan. Niatnya diawal kuliah, Ia ingin mengambil jurusan Ekonomi Islam. Namun, dia justru terdampar di Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Di fakultas PBA, Cupink merasa kesulitan, pada Semester V dia merasa kewalahan karena tiap kali presentasi, setiap mahasiswa harus menggunakan bahasa Arab.

Akhirnya ia memutuskan untuk pindah Fakultas, namun karena proses pengurusan pindah fakultas yang ribet membuatnya memutuskan berhenti kuliah padatahun 2006.


Terjun ke dunia peran

Meski sekolahnya sempat terhenti, tak menjadikan Cuping kehilangan semangat, dengan modal pengalamannya bermain teater saat masih berstatus mahasiswa menjadi pelajaran yang berharga baginya. Pentas teater berjudul Kertas Kosong yang digagas oleh Himpunan Pelajar Indonesia Nuku Makassar (HIPMIN) itu menjadi awal perkenalannya dengan dunia peran.

"Di sanalah saya pertama belajar teknik olah pernapasan, olah vokal, intonasi, aksi, reaksi, improvisasi, juga artikulasi," jelasnya seperti dikutip Jawa Pos.

Setelah itu, Sofyan Alop alias Cupink Topan memantapkan pilihannya pada seni peran. Kota besar adalah tujuan utamanya merantau, sepuluh tahun lalu, Sofyan Alop dipaksa temannya untuk mengikuti lomba modelling. Ternyata langkah itu menjadi pembuka jalan bagi kariernya di dunia akting.

Sofyan Alop kemudian mulai mendapat tawaran beberapa judul film. Salah satunya dia pernah terlibat dalam film The Raid Redemption (2011). Namun beberapa waktu kemudian namanya kurang dikenal.

Hingga akhirnya sebuah video dirinya menjadi imam salat di Hotel Bidakara, namanya kembali menghangat.

Video yang diunggah akun Facebook Iqchalcedony Obi, terdengar Cupink Topan melantunkan Surah Jum’ah dengan fasih dan tartil. pemilik akun Instagram @cupink_topan ini membaca ayat suci Alquran dengan merdu. Hingga Minggu (30/7) pagi video Cupink Topan tersebut sudah diputar 4 juta kali, dibagikan 75 ribu orang.

Sumber: http://www.jawapos.com/read/2017/07/30/147557/viral-usai-jadi-imam-salat-ini-perjalanan-karier-aktor-sofyan-alop