Home » » Profil Elly Risman Musa - Psikolog Spesialis Pengasuhan Anak

Profil Elly Risman Musa - Psikolog Spesialis Pengasuhan Anak

Elly Risman Musa
Biodata
  • Lahiran: 21 April 1951, Aceh
  • Pendidikan: Universitas Indonesia, Florida State University Talahase
  • Karir: Psikolog, Pendiri Yayasan Kita dan Buah Hati, Direktur Operasi  PT Surindo, Pendiri dan kepala sekolah TK/TP Al Qur'an di Talahase
  • Profesi: Psikolog Indonesia
  • Agama: Islam
  • Media sosial: Twitter @EllyRisman

Musa adalah seorang psikolog asal Indonesia spesialis pengasuhan anak, menjabat sebagai direktur pelaksana di Yayasan Kita dan Buah Hati. Elly dikenal sebagai tokoh yang gigih dalam menyuarakan perlunya orang tua mengasuh dan mendidik anaknya secara sungguh-sungguh.

Perempuan kelahiran Aceh pada 21 April 1951 ini mendapatkan gelar Sarjana Psikologi dari Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia. Setelah lulus pada tahun 1979, dua tahun kemudian Elly Risman Musa memulai karirnya dengan bekerja di sebuah perusahaan bernama PT Surindo.

Di sana, beliau menjabat sebagai Direktur Operasi. Dalam karirnya yang satu ini, ilmu psikologinya tidak teraplikasi. Meskipun demikian, beliau berusaha mengaplikasikan ilmu psikologi dan pendidikan anak yang dimiliki dengan cara mendirikan taman kanak-kanak dan pondok pesantren. Karirnya sebagai Direktur Operasi PT Surindo bertahan selama lima belas tahun.

Selain menempuh pendidikan formal di Universitas Indonesia, Elly Risman Musa juga sempat mendalami kelas parenting di Florida State University Talahase. Kunjungannya ke Amerika pada saat itu sebenarnya untuk menemani suaminya yang sedang mengambil program PhD.

Sambil menemani suaminya, ia menyibukkan diri di kelas keorangtuaan yang diambilnya dan setelah itu mendirikan TK/TP Al Qur'an di Talahase. TK/TP Al Qur'an yang beliau dirikan di Talahase ini merupakan karya nyatanya setelah mendalami ilmu psikologi dan pendidikan anak. Di sana, beliau menjabat sebagai kepala sekolah hingga tahun 1997.

Pada tahun 1998, Elly kembali ke tanah air dan mendirikan sebuah yayasan nirlaba yang diberi nama Yayasan Kita & Buah Hati. Yayasan yang dibentuknya bersama dengan Neno Warisman ini memiliki spesifikasi dalam bidang pengasuhan anak di dalam keluarga.


Sumber: