Diana Wynne Jones - Penulis Buku Asal Inggris

Diana Wynne Jones - Penulis Buku Asal Inggris
Diana Wynne Jones
Lahir: 16 Agustus 1934 London, Inggris, UK

Meninggal: 26 Maret 2011 (umur 76) Bristol, Inggris, UK

Pekerjaan: Penulis

Kebangsaan: Inggris
Genre: novel fantasi Anak 

Perihal: Fiksi fantasi

Karya : Chrestomanci series, Dalemark Quartet, Howl Moving Castle

Penghargaan: 
Wali Prize 1978, 
Mythopoeic Award 1996, 1999. 
World Fantasy Award for Life Achievement 2007.
Diana Wynne Jones adalah seorang penulis asal Inggris, ia menulis novel fantasi untuk anak-anak dan orang dewasa, serta sejumlah kecil non-fiksi. Beberapa karyanya lebih dikenal adalah Chrestomanci series, The Dalemark series; novel Howl Moving Castle dan Dark Lord of Derkholm ; dan The Tough Guide to Fantasyland.

Jones lahir di London pada 16 Agustus 1934, putri Marjorie (née Jackson) dan Richard Aneurin Jones, keduanya adalah pendidik. Ketika perang diumumkan, tak lama setelah ulang tahun kelima, ia dievakuasi ke Wales, dan setelah itu pindah beberapa kali, termasuk periode di Coniston Air, di York, dan kembali di London. Pada tahun 1943 keluarganya akhirnya menetap di Thaxted, Ess3x, di mana orang tuanya bekerja menjalankan pusat konferensi pendidikan. Ada, Jones dan dua saudara muda Isobel (kemudian Profesor Isobel Armstrong , kritikus sastra) dan Ursula

Setelah lulus dari Friends School Saffron Walden, ia belajar bahasa Inggris di St Anne College di Oxford, di sana dia mengikuti kuliah dari CS Lewis dan JRR Tolkien sebelum lulus pada tahun 1956. Pada tahun yang sama ia menikah dengan John Burrow, seorang sarjana sastra abad pertengahan,bersamanya ia memiliki tiga putra, Richard, Michael dan Colin. Setelah periode singkat di London, pada tahun 1957 pasangan ini kembali ke Oxford untuk tinggal sampai pindah ke Bristol pada tahun 1976.

Diana Wynne Jones adalah salah satu pengarang fantasi dan fiksi ilmiah terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Ia telah menulis lebih dari tiga puluh buku, sebagian ditujukan untuk anak-anak dan sebagian lagi untuk orang dewasa. Karya-karyanya diterbitkan di berbagai negara dan memenangkan banyak penghargaan, yang terakhir adalah World Fantasy Award for Lifetime Achievement (2007).

Seri The Worlds of Chrestomanci (Dunia-Dunia Chrestomanci) yang mulai diterbitkan pada tahun 1977 terkenal di seluruh dunia dan disebut-sebut sebagai sumber inspirasi J. K. Rowling saat menulis seri Harry Potter. Judul-judul lengkap seri ini adalah sebagai berikut:

- Charmed Life (Eric Chant dan Korek Api Bertuah)
- The Lives of Christopher Chant
- The Magicians of Caprona
- Witch Week
- Mixed Magics


Penyakit dan kematian

Jones didiagnosis kanker paru-paru pada awal musim panas tahun 2009. Dia menjalani operasi pada bulan Juli dan dilaporkan kepada teman-teman bahwa prosedur telah berhasil. Namun, pada bulan Juni 2010 ia mengumumkan bahwa ia akan menghentikan kemoterapi karena hanya membuatnya merasa sakit. Dia meninggal pada tanggal 26 Maret 2011. Dia meninggalkan seorang suami, tiga anak, dan lima cucu. (sumber: Wikipedia)