Francisco Pizarro - Sang Penakluk

Francisco Pizarro
Francisco Pizarro
Gubernur New Castile
Masa jabatan: 26 Juli 1529 - 26 Juni 1541 

Kapten Jenderal New Castile
Masa jabatan: 26 Juli 1529 - 26 Juni 1541

Data pribadi 
Lahir: c. 1471 atau 1476 Trujillo , Mahkota Castile, Spanyol 
Meninggal: 26 Juni 1541 (umur 65-70) Lima New Castile Pasangan: Inés Huaylas Yupanqui 
Anak-anak: Francisca Pizarro Yupanqui 
 Agama: Katolik Roma 

Dinas militer 
Kepatuhan: SpanyolTahun pelayanan: 1496-1541

Pertempuran / perang: Penaklukan Spanyol atas Kekaisaran Inca
Francisco Pizarro González (c. 1471 atau 1476-1426 June 1541) adalah seorang conquistador (penakluk) dari Spanyol yang menaklukkan Kekaisaran Inka. Ia adalah Gubernur New Castile (26 Juli 1529 - 26 Juni 1541) dan Kapten Jenderal New Castile(26 Juli 1529 - 26 Juni 1541)

Pizarro González lahir di Trujillo, Spanyol, anak tidak sah dari Gonzalo Pizarro, seorang kolonel infanteri, dan Francisca González, seorang wanita miskin. Tanggal lahir yang tepat tidak diketahui dengan pasti, namun diyakini 1470s atau 1471. Ia adalah sepupu jauh dari Hernán Cortés.

Pada 10 November 1509, Pizarro berlayar dari Spanyol dengan Alonzo de Ojeda untuk melakukan ekspedisi ke Dunia Baru, Urabi. Dia berlayar ke Cartagena dan bergabung dengan armada Martín Fernández de Enciso, dan pada tahun 1513, disertai Balboa ke Pasifik.  Pada tahun 1514, ia menemukan pendukung di Pedrarias Dávil  , Gubernur Castilla de Oro, dan dihargai untuk perannya dalam penangkapan Balboa dengan posisi walikota dan hakim di Panama City 1519-1523.

Laporan dari Peru tentang kekayaan dan kesuksesan Cortés di Meksiko menggoda Pizarro untuk melakukan dua ekspedisi untuk menaklukkan Kekaisaran Inka pada tahun 1524 dan 1526. Kedua ekspedisi tersebut gagal sebagai akibat dari permusuhan, cuaca buruk, dan kurangnya ketentuan.

Pedro de los Ríos , Gubernur Panama, membuat upaya untuk mengingat Pizarro, tapi penakluk menolak dan tetap di selatan. Pada bulan April 1528, ia mencapai Peru utara dan menemukan penduduk asli yang kaya dengan logam mulia. Penemuan ini memberi Pizarro motivasi untuk merencanakan ekspedisi ketiga untuk menaklukkan Peru, dan ia kembali ke Panama untuk membuat pengaturan, tetapi Gubernur menolak untuk memberikan izin untuk proyek tersebut.

Pizarro kembali ke Spanyol untuk naik banding langsung kepada Raja Charles I. pembelaannya berhasil, dan ia menerima lisensi untuk ekspedisi dan otoritas yang cukup atas setiap tanah yang ditaklukkan selama usaha itu. Dia bergabung dengan keluarga dan teman-teman, dan melakukan ekspedisi meninggalkan Panama pada tahun 1530.

Ketika terjadi permusuhan dengan penduduk pribumi, maka ekspedisi sepanjang pantai terancam, Pizarro pindah pedalaman dan mendirikan pemukiman pertama Spanyol di Peru, San Miguel de Piura. Inca Atahualpa menolak kehadiran Spanyol di tanahnya, namun ia ditangkap oleh Pizarro selama Pertempuran Cajamarca pada 16 November 1532.

Pizarro menuduh Atahualpa dengan berbagai kejahatan dan dieksekusi pada 26 Juli 1533, banyak para oposisi mengira penakluk itu melangkahi otoritasnya. Pada tahun yang sama, Pizarro memasuki ibukota Inca dari Cuzco, dan penaklukan Peru selesai. Pada bulan Januari 1535, Pizarro mendirikan kota Lima. Pertengkaran antara Pizarro dan kawan lamanya, Diego Almagro memuncak dalam Pertempuran Las Salinas. Almagro ditangkap dan dieksekusi, dan  pada 26 Juni 1541, anaknya yang sakit hati membunuh Pizarro di Lima. Penakluk Peru dikuburkan di Katedral, Lima.

Kematian

Pada 26 Juni 1541 Di Lima, Peru, "sekelompok bersenjata berat yang merupakan pendukung dari Diego Almagro II  berjumlah dua puluh orang menyerbu istana Pizarro, membunuhnya, dan kemudian memaksa dewan kota yang ketakutan untuk menunjuk Almagro muda sebagai gubernur baru dari Peru ", menurut Burkholder dan Johnson.  "Sebagian besar tamu Pizarro melarikan diri, tetapi beberapa diantaranya sempat melawan para penyusup, jumlahnya bervariasi antara tujuh dan 25. Sementara Pizarro berjuang sebagai pembela, termasuk saudara tirinya Alcantara, tewas. Pizarro menewaskan dua penyerang dan berlari melalui penyerang ketiga. Ketika mencoba untuk mencabut pedangnya, Pizarro ditikam di tenggorokan, lalu jatuh ke lantai kemudian ditikam berkali-kali. " Pizarro (pada waktu itu usianya sekitar 70 tahun, atau 62) meninggal beberapa saat setelah kejadian itu . Diego de Almagro muda tertangkap dan dieksekusi pada tahun berikutnya setelah kalah dalam pertempuran Chupas .

Pizarro dikebumikan di halaman katedral; pada beberapa waktu kemudian kepala dan tubuhnya dipisahkan dan dikubur dalam kotak terpisah di bawah lantai katedral. Setelah kematian Pizarro, keluarganya membangun sebuah istana untuk memperingati penakluk di Plaza Mayor di Trujillo.

Kehidupan pribadi

Pizarro memiliki tiga putra dan satu putri. Seorang anak yang nama dan ibunya tidak diketahui meninggal pada 1544. Dia memiliki dua anak dengan gadis India bernama Inés Huaillas Yupanqui:. Gonzalo yang disahkan pada tahun 1537 dan meninggal ketika ia berusia empat belas tahun, dan seorang putri, Francisca, yang dilegitimasi oleh dekrit kaisar pada tanggal 10 Oktober 1537. Putranya yang lain, Francisco, telah menjadi bapak pada seorang kerabat Atahuallpa tetapi tidak pernah disahkan, dan meninggal tak lama setelah kedatangannya di Spanyol.