Mengenal Arwa Binti Kuraiz - Ibunda Utsman bin 'Affan

Arwa Binti Kuraiz adalah salah seorang sahabat Nabi Muhammad S.A.W. dari kalangan perempuan dan Ibu dari sahabat agung Utsman bin 'Affan, dia ikut hijrah dan menjadi Muslimah. Beliau masuk Islam atas ajakan Abu Bakar dan termasuk golongan As-Sabiqun al-Awwalun (golongan yang pertama-tama masuk Islam).

Mengenal Arwa Binti Kuraiz - Ibunda Utsman bin 'Affan
Makam Baqi di Madinah

Nama lengkapnya adalah Arwa binti Kuraiz bin Rabi'ah bin Habib bin 'Abd Syams bin Abd Manaf bin Qushai. Dia merupakan istri 'Affan bin Abil 'Ash dan berputra Utsman bin 'Affan dan Aminah. Ibunya, Ummu Hakim al-Baidha binti 'Abdul Muthalib bin Hasyim, bibinya Nabi SAW.

Suaminya bernama Affan bin Abi al-'As , dari suku bani Umayyah, sementara Arwa binti Kurayz, dari Abdshams, kedua suku kaya dan terpandang Quraish di Mekah. Suaminya, Affan, meninggal di usia muda saat bepergian ke luar negeri, meninggalkan Utsman dengan warisan besar. 

Abdullah bin abbas atau Ibnu 'Abbas ra berkata: Telah masuk Islam, Ibunya Utsman, Ibunya Thalhah, Ibunya 'Ammar bin Yasir, Ibunya Abdurrahman, ibunya Abu Bakar....

Ia wafat dan dimakamkan di Baqi pada masa kekhalifahan Utsman bin 'Affan.