Profil & Biodata Kesha - Penyanyi, Rapper, Pencipta Lagu

 Kesha Rose SebertKesha Rose Sebert atau dikenal dengan Kesha (/ˈkɛʃə/) merupakan seorang penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat. Dia menjadi terkenal saat menyanyikan lagu utamanya yang berjudul Tik Tok pada tahun 2009. Dia dilahirkan di Los Angeles. Dia berkarier di dunia musik sejak tahun 2005.


Biografi

1987-2004: Kehidupan Awal

Kesha Rose Sebert atau yang lebih dikenal dengan Ke$ha lahir pada 1 Maret 1987 di Los Angeles, California. Ibunya yang bernama Pebe Sebert adalah orang tua tunggal yang berprofesi sebagai penyanyi serta penulis lagu aliran country. Ketika masih kecil, ibu Ke$ha memiliki masalah finansial yang sangat serius, dan dia memutuskan untuk bekerja sambil mengasuh kakak laki-laki Ke$ha bernama Lagan dan Ke$ha yang pada saat itu masih bayi. Untuk makan sehari-hari saja mereka mengharapkan kupon gratis yang dibagikan oleh pemerintah setempat. Pada tahun 1991 keluarga Sebert memutuskan untuk pindah ke Nashville, Tennessee. Ibu Ke$ha memotivasi anak-anaknya untuk terjun ke dunia musik. Setiap pulang sekolah, Ke$ha diajarkan untuk menulis lagu oleh ibunya.

Pada masa SMA, Ke$ha bersekolah di Brentwood High School. Teman-teman dan Ke$ha sendiri mengakui bahwa Ke$ha sangat rajin dan pandai dalam hal prestasi sekolah, ia bahkan memperoleh nilai hampir sempurna untuk ujian SAT. Ke$ha memutuskan untuk keluar dari sekolahnya pada waktu berusia 17 tahun. Tujuan utama Ke$ha keluar dari sekolahnya adalah untuk mendalami serta fokus dalam karier bermusik. Sangat yakin anaknya mempunyai talenta bermusik, Pebe Sebert memberikan demo “CD Kesha” (yang pada saat itu belum menggunakan simbol ‘$’) ke Samantha Cox, direktur senior penulis / hubungan penerbit di Broadcast Musik Incorporated, dan en:Samatha sangat terkesan lalu menyerahkan CD tersebut ke en:Max Martin serta en:Dr.Luke. Mereka berdua adalah produser Ke$ha sampai sekarang. Lalu mereka menyarankan Kesha untuk pindah lagi ke Los Angeles karena karier musiknya akan lebih cepat berkembang disana.

Berbagai cara ditempuh oleh Ke$ha untuk menjadi penyanyi profesional, Ke$ha pernah nekat memasuki kediaman penyanyi legendaris yang bernama Prince karena ia menginginkan Prince mendengar karya yang telah dibuat. Alhasil Ke$ha diperintahkan untuk pergi namun ia tidak lupa meninggalkan demo yang ditujukan untuk Prince namun sampai sekarang belum ada tanggapan dari pihak Prince. Setelah tinggal di Los Angeles, Ke$ha mengalami kesulitan finansial yang parah bahkan ia pernah mencuri makanan ringan di mini market serta makan makanan sisa yang ditemukannya di jalanan. Tidak punya rumah, Ke$ha memutuskan untuk tinggal di mobil.


2005-2009: Awal Karier

Pada tahun 2005, di usia 18 tahun Kesha menandatangani perjanjian kerja dari label Dr. Luke beserta perusahaan penerbitan musiknya. Untuk membiayai kebutuhan sehari-harinya Ke$ha menjadi co-writer beberapa penyanyi seperti ‘This Love’ milik The Veronicas, ’Time Of Our Live’ milik Miley Cyrus. Selain itu Ke$ha juga menjadi penyanyi latar Paris Hilton dalam lagunya yang berjudul ‘Nothing in this World’ serta Britney Spears di lagu yang berjudul ‘Lace and Leather’. Suatu ketika Flo Rida sedang mencari suara penyanyi perempuan yang unik untuk menyanyikan bagian reff dari lagunya, tanpa sengaja Ke$ha melewati studio rekaman milik produsernya dimana Flo Rida sedang kebingungan. Flo Rida mengajak Ke$ha dan sangat kagum dengan suara Ke$ha. Lagu ‘en:Right Round’ menuai sukses dan menjadi #1 di 7 negara selama beberapa minggu. Namun di lagu itu nama Ke$ha tidak dicantumkan dan dia tidak meminta royalti atas kesuksesan yang diraih serta menolak untuk tampil di video clip lagu itu.


2009-2010: Animal

Wake up in the morning feeling like P.Diddy, Before I leave brush my teeth with a bottle of Jack ‘cause when I leave for the night I ain’t coming back. Kutipan lirik tersebut diambil dari lagu yang menjadi Billboard #1 Song of the Year 2010 yaitu Tik Tok.

Tak lama setelah itu 14 lagu dari 200 lagu yang telah Ke$ha tulis diproduksi dan disiapkan untuk sebuah debut album yang berjudul Animal dan dirilis pada 1 Januari 2010. Single pertama “Tik Tok” yang dirilis pada 7 Januari 2009 sangatlah sukses dan menjadi top ten di sebelas negara serta meraih sertifikat platinum atas penjualannya sebesar lebih dari 8 juta digital copy serta bertahan di nomor #1 selama 9 minggu di Billboard Chart. Kemudian single Ke$ha lainnya seperti "Blah Blah Blah", "Your Love Is My Drug" dan "Take It Off", sangat sukses dan selalu mencuri perhatian peminat musik di berbagai negara. “Animal” meraih posisi 1 pada Kanada, Greek dan US Billboard 200 Album Chart. Ke$ha menjadi Opening Act konser Rihanna pada tur “Last Girl on Earth Tour” selama di Amerika.


2010-sekarang: Cannibal dan Animal + Cannibal

Pada 22 November 2010 Ke$ha merilis mini album yang dianggap sebagai album kedua yang berjudul “Cannibal”. Single pertama dari album “Cannibal” adalah “We R Who We R”. Lagu ini menghantarkan Ke$ha ke urutan 5 sebagai Billboard’s Artist Of The Year. Penyanyi yang tumbuh tanpa mengenal dan tahu siapa ayah biologisnya ini sedang menggelar konser tunggal perdananya yaitu Get Sleazy Tour.

Mendekati akhir tahun lalu, saat Ke$ha memulai semuanya dengan Tik Tok yang berakhir ke dominasi Billboard Hot 100 Singles. Media pun mulai menulis tentangnya sebagai artist to watch pada tahun ini. Kenyataannya memang demikian. Ke$ha memulainya dengan sangat indah. Dan kini, album pertamanya digabung dengan album berikutnya, “Animal + Cannibal” adalah item adiktif ganda. Dengan gaya urakan, Ke$ha mengisi tempat penyanyi perempuan yang nakal, mau menunjukkan kalau perempuan juga bisa lebih urakan daripada laki-laki dan semangat party-hard nya membara. Belum lagi pernyataan bahwa dirinya “anti-dress up, so garbage chic is now in again”. Orisinil dan “refreshing”. Pada album Animal + Cannibal (Deluxe Edition dari Cannibal), berisi 9 lagu dari album Cannibal dan album Animal. Konsep, tema lagu-lagu serta penampilan Ke$ha masih sama dengan konsep yang disajikan di “Animal” yaitu dance-pop/electropop musik. Artis yang dikategorikan jenius karena memiliki IQ 150 dikenal dengan gaya “garbage-chic”.


Kasus dengan Sony dan produsernya, Dr. Luke

Pengadilan Manhattan memutuskan tak mengabulkan permintaannya untuk memutus kontraknya dengan Sony dan produsernya, Dr. Luke. Seperti yang telah diketahui, Kesha mengaku menjadi korban perlakuan tidak menyenangkan Dr. Luke selama bertahun-tahun.

Mimpi buruknya ini berawal saat Dr. Luke memberinya obat tidur dan m3mp3rk0s4nya pada ulang tahunnya yang ke-18 di California. Setelah itu, Kesha mengaku menderita tekanan secara fisik, mental dan s3ksu4l karena produsernya tersebut. Ia pun berusaha memutuskan kontraknya dengan sang produser dan Sony.

Akibat pengadilan tak mengabulkan gugatannya, maka Kesha tetap harus menyelesaikan kontrak 6 albumnya bersama Sony.


Biodata Kesha
  • Nama lahir: Kesha Rose Sebert
  • Asal: Nashville, Tennessee
  • Tinggi badan: 170 cm
  • IQ: 150
  • Genre: Electropop, dance-pop
  • Pekerjaan: Penyanyi, Rapper, Pencipta Lagu
  • Instrumen: Vocal, keyboard, gitar
  • Tahun aktif: 2005 - sekarang
  • Label: RCA Records
  • Situs web: www.keshasparty.com