Rudolf Carnap - Filsuf Positivisme Logis

Rudolf Carnap
Rudolf Carnap
Lahir: 18 Mei 1891 Ronsdorf, Lennep, Düsseldorf, Rhine, Prusia, Kekaisaran Jerman

Meninggal: September 14, 1970 (umur 79) Santa Monica, California AS

Era: Filsafat abad ke-20
Daerah: Filsafat Barat
Sekolah: Analitik

Kepentingan utama: Logika · Epistemologi, Filsafat ilmu, Semantik, Fisikalisme, Fenomenalisme dalam hal linguistik, perbedaan Analitik-sintetik (revisi), Semantik untuk logika modal.

Gagasan penting: membangun Sistem, Masalah categoricity Carnap, Skema konseptual, Beobachtungssatz, Positivisme logis
Rudolf Carnap adalah filsuf positivisme logis kelahiran Jerman yang memberi kontribusi penting dalam logika, analisis bahasa, teori peluang, dan filsafat ilmu.


Biografi

Rudolf Carnap lahir pada 18 Mei 1891 di Ronsdorf, Lennep, Düsseldorf, Rhine, Prusia, Kekaisaran Jerman. Ayah Carnap bangkit dari kemiskinan dan menjadi pemilik sebuah pabrik pembuatan pita. Ibunya berasal dari akademisi; ayahnya adalah seorang pembaharu pendidikan dan kakak sulungnya adalah arkeolog Wilhelm Dörpfeld. Saat berusia sepuluh tahun, Carnap didampingi pamannya melakukan ekspedisi ke Yunani.

Carnap mempelajari matematika, fisika, dan filsafat di Universitas Jena dan Freiburg im Breisgau pada tahun 1910-1914. Di universitasnya, ia menghadiri kuliah Gottlob Frege, seorang filsuf yang dikenal sebagai ahli logika terbesar di abad ke-19. Dari sinilah gagasan-gagasan Frege kemudian memberi pengaruh besar pada pemikiran Carnap. Selain dipengaruhi oleh gagasan Frege, pemikiran Carnap juga dipengaruhi oleh Bertrand Russell yang dulu pernah menjadi gurunya.

Setelah bertugas di Perang Dunia I, pada tahun 1921 Carnap memperoleh gelar doktor dari Univeritas Jena. Ia membuat disertasi yang membahas tentang konsep ruang. Carnap berpendapat bahwa konflik antara berbagai teori ruang dipegang oleh para ilmuwan yang dihasilkan dari fakta bahwa teori-teori sebenarnya ditangani dengan subyek yang berbeda.

Pada tahun 1926, Moritz Schlick, pendiri Lingkaran Wina mengundang Carnap untuk bergabung dengan fakultasnya di Universitas Wina, di mana ia kemudian menjadi seorang anggota yang berpengaruh di sana. Pada tahun 1928, Carnap menerbitkan karya utamanya tentang struktur logis dunia yang berjudul "Der logische Aufbau der Welt."

Carnap belajar sendiri Esperanto saat berusia 14 tahun, dan tetap bersimpati untuk itu (Carnap 1963). Dia kemudian menghadiri Kongres Dunia Esperanto pada tahun 1908 dan 1922, dan mempekerjakan bahasa saat bepergian.

Carnap memiliki empat anak dengan pernikahan pertamanya dengan Elizabeth Schöndube, yang berakhir dengan perceraian pada tahun 1929. Ia menikah dengan istri keduanya, Elizabeth Ina Stögner, pada tahun 1933. Ina bunuh diri pada tahun 1964.

Rudolf Carnapm meninggal pada 14 September 1970 (umur 79) di Santa Monica, California AS.


Sintaks logis 

Sintaks logis dari Bahasa milik Carnap dapat dianggap sebagai respon terhadap Tractatus Wittgenstein. Carnap menjabarkan dan memperluas konsep sintaks logis diusulkan oleh Wittgenstein dalam Tractatus (Bagian 3,325).

Tujuan dari sintaks logis - Tujuan dari sintaks logis adalah untuk menyediakan sistem konsep, bahasa, dengan bantuan hasil analisis logis akan formulable.

Carnap menyatakan: "Filsafat harus diganti dengan ilmu logika - yang mengatakan, dengan analisis logis dari konsep dan kalimat dari ilmu-ilmu, untuk logika ilmu tidak lain dari sintaks logis dari bahasa ilmu pengetahuan."


Penolakan metafisika

Dalam bukunya Filsafat dan Logika Syntax,Carnap menggunakan konsep pemastian untuk menolak metafisika.

Fungsi analisis logis - Carnap menggunakan metode analisis logis untuk menolak metafisika.
Fungsi analisis logis adalah untuk menganalisis semua pengetahuan, semua pernyataan ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari, untuk membuat jelas arti setiap pernyataan tersebut dan hubungan di antara mereka. Salah satu tugas utama dari analisis logis dari proposisi yang diberikan adalah untuk mengetahui metode verifikasi untuk proposisi itu.

Sumber: 
id.wikipedia.org
en.wikipedia.org