Home » , » George Edward Moore - Pelopor Filsafat Analitik

George Edward Moore - Pelopor Filsafat Analitik

George Edward Moore
Lahir: 4 November 1873 London, England
Meninggal: 24 Oktober 1958 (umur 84) Cambridge, England
Era: filsuf abad 19, filsuf abad 20
Aliran: Analytic philosophy
Minat utama: Ethics, Philosophy of Language, Epistemology
Gagasan penting: Naturalistic fallacy, Moore's paradox, paradox of analysis, Here is a hand
Dipengaruhi: Gottlob Frege, John McTaggart, Bertrand Russell, Leonard Woolf
Mempengaruhi: Bertrand Russell, Ludwig Wittgenstein, W.D. Ross, J. L. Austin John Maynard Keynes, Max Black
George Edward Moore adalah seorang filsuf Inggris dari aliran realisme baru (neorealisme) dan tokoh pelopor filsafat analitik yang mengembangkan teori realistik baru dalam epistemologi era 19 sampai 20-an. Ia merupakan saudara dari penulis dan pemahat Sturge Thomas Moore. Selain itu, Ia juga merupakan seorang tokoh pertama yang melancarkan kritikan pedas terhadap neohegelianisme, sekaligus menjabat sebagai guru besar filsafat dan ahli filologi dari Universitas Cambridge, Inggris dan editor majalah filsafat Cambridge yang menjadi pemancar filsafat analitis sampai hari ini, Mind selama 26 tahun, 1921- 1947. Meskipun Ia secara nisbi sedikit menulis, namun ia mempunyai pengaruh yang sangat besar di Inggris dan Amerika.

Moore lahir di London Selatan pada 4 November 1873. kakak tertuanya adalah Thomas Sturge Moore, seorang penyair, penulis dan pemahat. Pada tahun 1892, ia dididik di Sekolah tinggi Dulwich dan kemudian menghadiri Trinity College Cambridge untuk belajar ilmu moral klasik. Ia menjadi Fellow Trinity pada tahun 1898, dan melanjutkan untuk menjabat di University of Cambridge filsafat mental dan logika, 1925-1939.

Ia juga merupakan seorang Profesor Filsafat di Universitas Cambridge. George Edward Moore juga merupakan saudara dari penulis dan pemahat Sturge Thomas Moore. Moore bersama dengan rekan-rekannya seperti Bertrand Russell, Ludwig Wittgenstein, dan Gottlob Frege, merupakan salah satu pendiri dari tradisi analitik dalam filsafat. Moore menjadi seorang yang terkenal karena pemikiran analisisnya mengenai konsep-konsep akal sehat, sumbangannya terhadap etika, epistemologi, metafisika, dan karakter moral. Selain itu, Moore juga terkenal karena pembelaannya terhadap naturalisme non-etis dan penekanannya pada akal sehat dalam metode filosofis. Moore juga dikenal karena sebuah bukunya yaitu Principia Ethica. Principia Ethica adalah salah satu inspirasi utama gerakan melawan naturalisme etika.


Tulisan- tulisan atau karya- karya G.E. Moore:
  • Some Main Problems Of Philosophy
  • The Reputation Of Idealisme
  • Principia Ethica
  • Proof Of  The External World
  • A Defense Of Common Sense
  • Ethics

George Edward Moore meninggal pada 24 Oktober 1958 (umur 84) di Evelyn Nursing Home, Cambridge , Inggris.

Sumber:
id.wikipedia.org
Analitik Bahasa George Edward Moore