Iberamsjah - Guru Besar Ilmu Politik UI

Iberamsjah
Prof. Dr. Iberamsjah, MS (lahir di Gambut, Banjar, Kalimantan Selatan, 20 Juni 1948 – meninggal di Jakarta, 23 Februari 2014 pada umur 65 tahun) adalah seorang pakar di bidang politik dan pengajar Indonesia. Ia aktif mengajar sebagai Guru Besar ilmu sosial dan politik di Universitas Indonesia (UI).

Iberamsjah menyelesaikan pendidikan S-1 di FISIP UI pada 1974, kemudian berhasil meraih gelar master di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 1988. Sedangkan gelar doktor berhasil diraihnya di Universitas Indonesia pada 2002.

Perbedaan pandangan baik akademik maupun politik sering terjadi antara Iberamsjah dan pengamat politik lainnya. Namun, dengan kebijaksanaannya, Iberamsjah selalu menyikapinya dengan profesional.

Profesor Doktor Iberamsjah, M.S. meninggal dalam usia 65 tahun di RSCM, Jakarta, Ahad, 23 Februari 2014, sekitar pukul 6.00. Iberamsjah dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Beji sekitar pukul 14.00.

Dalam dua bulan terakhir, guru besar ilmu sosial dan politik UI itu dirawat karena serangan jantung dan sempat dioperasi. Seluruh anggota komunitas akademik UI merasa kehilangan dengan sosok guru besar yang terkenal kritis dengan pemikiran tajamnya.