Biogfafi Jusuf Sjarif Badudu, Pakar Bahasa Indonesia

Jusuf Sjarif BaduduJusuf Sjarif Badudu, atau yang lebih dikenal dengan nama J. S. Badudu, atau kadang-kadang Jus Badudu adalah seorang pakar bahasa Indonesia. Ia adalah Guru Besar Linguistika pada Universitas Padjadjaran dan dikenal luas di masyarakat sebagai pembawa acara Pembinaan Bahasa Indonesia (1974-1979) di TVRI.


Masa Kecil dan Pendidikan

Badudu lahir di Gorontalo pada 19 Maret 1926. Ayah J.S Badudu meninggal ketika J.S Badudu berusia 16 tahun. Sang Ibunda, Mama Pano kemudian membesarkan sendiri kelima anaknya.

Ia menamatkan Sekolah Rakyat di Ampana, Sulawesi Tengah dalam usia tiga belas tahun (1939). Kemudian, ia mengikuti kursus Volksonderwijser/CVO di Luwuk, Sulawesi Tengah (1941). Tahun 1949 ia menyelesaikan pendidikan Normaal School di Tentena, Sulawesi Tengah. Ia melanjutkan sekolah di KweekschooI/SGA, Makassar, Sulawesi Selatan dan tamat pada tahun 1951. Tahun 1955 ia menyelesaikan pendidikan B.1 Bahasa Indonesia di Bandung dan menyelesaikan pendidikan S1-nya di Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran, Bandung (1963). Tahun 1971—1973 Badudu melanjutkan pendidikan pada Postgraduate Linguistics di Leidse Rijksuniversiteit Leiden, Belanda. Tahun 1975 ia memperoleh gelar Doktor Ilmu Sastra dengan pengkhususan linguistik di Universitas Indonesia, Jakarta, melalui disertasi yang berjudul Morfologi Kata Kerja Bahasa Gorontalo.


Karier

Sebagai orang yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan, khususnya pendidikan bahasa Indonesia, Badudu telah mengabdikan diri sebagai guru sejak usia 15 tahun 5 bulan. Ia menjadi guru sekolah dasar di Ampana, Sulawesi Tengah hingga tahun 1951. Pada tahun 1951—1955 ia menjadi guru SMP di Poso, Sulawesi Tengah, dan pada tahun 1955—1964 menjadi guru SMA di Bandung. Ia juga pernah menyumbangkan tenaga sebagai dosen di Fakultas Sastra, Universitas Padjadjaran, Bandung pada tahun 1965–1991.

Tahun 1982—sekarang, Badudu menjadi guru besar linguistik pada Program Pascasarjana (S2 dan S3) Universitas Padjadjaran Bandung dan Universitas Pendidikan Indonesia (dulu IKIP Bandung). Ia juga menjadi guru besar di Universitas Pakuan Bogor pada tahun 1991—sekarang dan di Universitas Nasional Jakarta pada tahun 1994—sekarang (tidak aktif memberikan kuliah, tugas diserahkan kepada asisten). Ia juga pernah, selama tiga tahun, menatar guru-guru sekolah dasar di enam provinsi (Sumatera Barat, D. I. Aceh, Sulawesi Utara, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan D.I. Yogyakarta) dalam proyek PEQIP (Prelimenary Education Quality Improvement Project), sebuah lembaga bantuan Jerman yang bekerja sama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Departemen Pendidikan Nasional). Tahun 1995—1997, ia mengunjungi setiap provinsi itu 2 kali dalam setahun.


J.S. Badudu dan Siaran Pembinaan Bahasa Indonesia

Tokoh bahasa ini juga dikenal sebagai pembawa acara Siaran Pembinaan Bahasa Indonesia di TVRI Pusat Jakarta (1977—1979). Dalam acara ini pula J.S. Badudu melontarkan kritik terhadap keberbahasaan Presiden R.I. saat itu Soeharto. Ia juga sebagai penatar bahasa Indonesia untuk berbagai lapisan masyarakat, seperti mahasiswa, dosen, guru, wartawan, pegawai pemerintah, dan polisi. Ia juga sering menyajikan makalah di luar negeri, seperti Belanda, Inggris, Prancis, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Jepang.


Bibliografi

Dalam usia 76 tahun Badudu tidak hanya aktif sebagai guru, dosen, penatar bahasa Indonesia, tetapi juga aktif sebagai penulis artikel tentang bahasa Indonesia di surat kabar dan majalah. Sejak tahun 1977 hingga sekarang, ia menjadi penulis atau pengisi rubrik tentang pembinaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di majalah Intisari Jakarta. Keaktifan Badudu menulis buku-buku yang berisi tuntunan tentang penggunaan bahasa Indonesia untuk pelajar, mahasiswa, dan umum, dapat dibaca melalui karyanya:

Karya-karya Badudu yang terbit dalam bentuk buku:
  • Pelik-Pelik Bahasa Indonesia
  • Membina Bahasa Indonesia Baku (2 jilid)
  • Bahasa Indonesia: Anda bertanya? Inilah jawabnya
  • Ejaan Bahasa Indonesia
  • Sari Kesusasteraan Indonesia untuk SMA (2 jilid)
  • Buku dan Pengarang
  • Belajar memahami Peribahasa (6 jiIid)
  • Peribahasa
  • Mari Membina Bahasa Indonesia Seragam (3 jilid)
  • Penuntun Ujian Bahasa Indonesia untuk SMP (Catatan: Buku no. 7 s.d. 10 tidak diterbitkan lagi).
  • Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar II
Karya Badudu dalam bentuk penelitian:
  • Morfologi Bahasa Indonesia Lisan (Pusat Bahasa)
  • Morfologi Bahasa Indonesia Tulisan (Pusat Babasa)
  • Perkembangan Puisi Indonesia Tahun 20-an hingga tahun 40-an (Pusat Bahasa)
  • Buku Panduan Penulisan Tata Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama (Pusat Bahasa)
  • Bahasa Indonesia di Daerah Perbatasan Bogor—Jakarta (Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran Bandung).
Karya Badudu dalam bentuk Kamus:
  • Kamus Ungkapan Bahasa Indonesia, 1975
  • Kamus Umum Bahasa Indonesia (Badudu — Zain), 2001
  • Kamus Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Dasar (sedang diselesaikan)
  • Kamus Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia, 2003

Para Mahasiswa

Pada masa pengabdian sebagai dosen dan guru besar, Badudu membimbing penulisan tesis mahasiswa S2 dan disertasi mahasiswa S3. Tujuh orang di antaranya sekarang telah menjadi guru besar (profesor) dan tersebar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Bandung, Universitas Hasanuddin (Makassar), STKIP Gorontalo sekarang Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Lambung Mangkurat (Samarinda).


Penghargaan

Sebagai guru dan dosen bahasa Indonesia selama 49 tahun, Badudu pernah menerima bintang jasa Pemerintah RI, yaitu Satyalencana 25 tahun Pengabdian dan Bintang Mahaputra yang diserahkan sendiri oleh Presiden Megawati Sukarnoputri pada tanggal 15 Agustus 2001 di Istana Negara. Bintang jasa itu diberikan pemerintah sebagai penghargaan atas jasanya membina bahasa Indonesia selama bertahun-tahun bagi seluruh lapisan masyarakat indonesia.

Atas karya dan  jasa-jasanya terhadap pengembangan bahasa, Badudu telah dianugerahi beberapa penghargaan, di antaranya:
  • Gelar  Professor dari Universitas Padjajaran Bandung Indonesia (1982).
  • Bintang Jasa  Satyalencana 25 tahun Pengabdian pada Pembinaan Bahasa Indonesia dari  pemerintah Republik Indonesia (2001).
  • Bintang  Mahaputra dari pemerintah Republik  Indonesia (2001).

Keluarga

Jus Badudu menikah dengan Eva Henriette Alma Badudu pada tanggal 9 Mei 1953. Buah perkawinan mereka menghasilkan sembilan putra-putri, yaitu Dharmayanti Francisca, Erwin Suryawan, Chandramulia Satriawan, Chitra Meilani, Armand Edwin, Rizal Indrayana, Sari Rezeki Adrianita, Mutia Indrakemala, dan Jussar Laksmikusala.


Wafat

Sejak 30 Januari 2016, JS Badudu dirawat di Rumah Sakit Advent Kota Bandung. Saat itu, ia dilarikan ke rumah sakit karena penyakit kandung kemih yang dideritanya. Gangguan kemih sudah terjadi sejak beberapa waktu terakhir. Namun selama ini tidak dirawat, melainkan tetap tinggal di rumah di kawasan Dago Kota Bandung.

Jusuf Sjarif Badudu meninggal dunia di RS Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Sabtu malam, 12 Maret 2016. JS Badudu meninggal sekitar pukul 22.10 WIB setelah dua hari dirawat di RSHS Bandung. JS Badudu meninggalkan 9 anak, 9 menanti, 23 cucu, dan 2 cicit.


Referensi: