Home » , » Biografi Georges Perec - Novelis Perancis

Biografi Georges Perec - Novelis Perancis

Georges Perec
Georges Perec
[www.google.com]
Georges Perec adalah seorang Novelis Perancis, pembuat film, dokumentalis, dan esais. Dia adalah novelis dengan karya monumental La Disparition yang seluruh isinya tidak menggunakan huruf “e”.

Pada tanggal 7 Maret 2016, Laman Google menampilkan Doodle dengan format animasi. Google memakai font bercorak crayon yang ketika di klik tombol play maka huruf “e” akan menghilang. Animasi ini rupanya bagian dari peringatan terhadap hari lahir George Perec.

Georges Perec lahir 7 Maret 1936 di sebuah distrik kelas pekerja Paris, Perec adalah satu-satunya anak dari Icek Judko dan Cyrla (Schulewicz) Peretz, Yahudi Polandia yang berimigrasi ke Perancis pada tahun 1920. Dia adalah saudara jauh dari Yiddish penulis Isaac Leib Peretz. Ayah Perec, yang terdaftar di Angkatan Darat Perancis selama Perang Dunia II, meninggal pada tahun 1940 akibat luka tembak atau luka pecahan peluru yang tak terobati, dan ibunya tewas dalam Nazi Holocaust, di Auschwitz setelah 1943. Perec dirawat oleh bibi dari pihak ayah dan paman pada tahun 1942, dan pada tahun 1945 ia secara resmi diadopsi oleh mereka.

George Perec menikahi gadis bernama Paulette Petras dan tinggal di Tunisia.


Karya

Georges Perec menulisovel La Disparition yang seluruh isinya tidak menggunakan huruf “e”. Karya Georges Perec ini telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan judul A Void, yang keseluruhan isinya juga tidak memakai huruf “e”.

Ada karya Georges yang sempat hilang. Sebagaimana dikutip dari The Guardian, Senin (7/3/2016), Georges pernah tak sengaja menyembunyikan novel pertamanya tentang Antonello da Messina’s Portrait of a Man. Namun setelah meninggal di tahun 1982, naskah Le Condottière tak bisa ditemukan. Sempat “terkubur” dalam koper tua yang tak sengaja dibuang, naskah tersebut akhirnya ditemukan dan kembali dicetak untuk kemudian dipublikasikan.

Perec sempat menulis ulasan dan esai untuk La Nouvelle Revue Francaise Dan Nouvelles Les Lettres. Bukan hanya itu, dia pernah bergabung dengan Angkatan Udara Prancis untuk menjadi penerjun payung.

Pada 1961 dia bekerja di Laboratorium Penelitian Neurofisologis. Di akhir tahun 60-an Perec mulai bekerja di serangkaian Drama Radio bersama Eugen Helmle dan Musisi Philippe Brogoz.

Kurang dari satu dekade kemudian Perec sudah bisa membuat Film pertamannya dari Novelnya yaitu Un Homme Quidort yang disutradai oleh Bernard Queysanne dan berhasil memenangkan Prix Jean Vigo di tahun 1974.

Pada tahun 1981 Perec beralih profesi sebagai penulis di University of Queensland Australia.


Kematian

Setelah kembali dari Australia Perec mulai terserang penyakit. Ia adalah perokok berat dan terkena kanker paru-paru. Georges Perec meninggal pada 3 Maret 1982 di Ivry–sur–Seine Paris Prancis.


Penghargaan
  • Asteroid tidak ada. 2817, ditemukan pada tahun 1982, dinamai Perec. 
  • Pada tahun 1994, sebuah jalan di arondisemen ke-20 Paris bernama setelah dia, rue Georges-Perec ( fr ). 
  • Layanan pos Perancis mengeluarkan perangko pada tahun 2002 untuk menghormatinya; itu dirancang oleh Marc Taraskoff dan terukir oleh Pierre Albuisson.
  • Untuk karyanya, Perec memenangkan Prix Renaudot pada tahun 1965, Prix Jean Vigo pada tahun 1974, prix médicis pada tahun 1978. 
  • Ia tampil sebagai Google Doodle pada ulang tahunnya yang ke-80. 

SumberWikipediaSolopos.