Biografi Nila Djuwita Anfasa Moeloek - Menteri Kesehatan Indonesia ke-20

Nila Djuwita Anfasa Moeloek
Nila Djuwita Anfasa Moeloek
Menteri Kesehatan Indonesia ke-20
Mulai menjabat: 27 Oktober 2014

Biodata:
  • Lahir: 11 April 1949 Jakarta, Indonesia
  • Kebangsaan: Indonesia Indonesia
  • Suami/istri: Farid Moeloek
  • Anak: Muhammad Reiza Moeloek, Puti Alifa Moeloek, Puti Annisa Moeloek
  • Alma mater: Universitas Indonesia
  • Pekerjaan: Dokter
  • Profesi: Dokter Mata
  • Agama: Islam
Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM (K). adalah Menteri Kesehatan Indonesia pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.Ia juga seorang ahli oftalmologi (ilmu penyakit mata) dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).


Kehidupan

Nila Moeloek lahir di Jakarta 11 April 1949. Ia adalah putri pasangan perantau Minangkabau. Dia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Kemudian ia melanjutkan pendidikan spesialis mata, serta mengikuti program sub-spesialis di International Fellowship di Orbita Centre, University of Amsterdam, Belanda dan di Kobe University, Jepang. Setelah itu ia melanjutkan pendidikan konsultan Onkologi Mata dan Program Doktor Pasca-Sarjana di FKUI.

Selain menjadi dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kirana, ia juga menjadi ketua umum Dharma Wanita Persatuan Pusat (2004-2009), Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (Perdami), dan Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) periode 2011-2016. Dia sempat disebut-sebut menjadi calon kuat Menteri Kesehatan pada Kabinet Indonesia Bersatu II setelah mengikuti proses seleksi calon menteri pada 18 Oktober 2009. Namun ia malah ditunjuk oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millennium Development Goals. Tugasnya ialah menurunkan kasus HIV-AIDS dan angka kematian ibu dan anak.


Keluarga

Nila merupakan istri dari Faried Anfasa Moeloek, Menteri Kesehatan pada Kabinet Reformasi Pembangunan. Ia dikaruniai tiga orang anak, yakni Muhammad Reiza Moeloek, Puti Alifa Moeloek, dan Puti Annisa Moeloek.[ Sumber: Nila Moeloek]