Home » » Biografi David Karp - Pendiri dan CEO Tumblr

Biografi David Karp - Pendiri dan CEO Tumblr

David Karp
David Karp adalah seorang pengembang web dan pengusaha asal Amerika Serikat. Ia adalah pendiri dan CEO platform mikroblog Tumblr.

Ia lahir pada 6 Juli 1986 di New York City. Karp besar di Upper West Side, Manhattan. Orang tuanya adalah Michael D. Karp, sang ayah yang berprofesi sebagai penggubah musik film dan televisi dan Barbara Ackerman, ibunya berprofesi sebagai guru sekolah. Ia memiliki adik bernama Kevin. Orang tuanya bercerai saat Karp berusia 17 tahun. Karp bersekolah di The Calhoun School sejak usia 3 tahun sampai kelas 8; di sana ibunya menjadi guru sains. Pada usia 11 tahun, ia mulai belajar HTML dan langsung merancang situs web untuk sejumlah usaha di daerahnya. Karp bersekolah di Bronx Science selama satu tahun sebelum mengundurkan diri (drop out) pada usia 15 tahun dan sekolah di rumah. Pada waktu itu, Karp ingin kuliah di New York atau MIT dan ingin menarik perhatian universitas tersebut melalui pengalamannya menjalani pendidikan rumahan dan proyek-proyeknya. Karp justru tidak pernah kembali sekolah atau mendapatkan ijazah.

Karp mulai magang pada usia 14 tahun untuk produser animasi Fred Seibert, pendiri Frederator Studios. Ibu Karp mengajar anak-anak Seibert di Calhoun School dan berteman dengan istrinya. Karp terpesona dengan karya teknisi komputer Frederator dan ia mulai sering mengunjungi mereka. Setelah bersekolah di rumah, Karp belajar bahasa Jepang di Japan Society dan matematika; tutor matematikanya sempat bekerja sama dengan Karp membuat perangkat lunak yang menghitung peluang menang blackjack dan poker.

Saat pengusaha John Maloney meminta bantuan teknis dari UrbanBaby, forum rumah tangga daring, seorang karyawan Frederator merekomendasikan Karp untuk bekerja di sana. Karp menyelesaikan proyeknya dalam empat jam, padahal waktu yang diberikan justru beberapa hari. Maloney memberikan Karp, yang saat itu berusia 16 tahun, jabatan kepala divisi produk UrbanBaby dan sedikit saham perusahaan. Pada usia 17 tahun, ketika masih bekerja di UrbanBaby, Karp pindah sendirian ke Tokyo selama lima bulan untuk mengasah keterampilan komputernya. Pada saat itu, Karp belum pernah bertemu muka dengan orang-orang UrbanBaby, dan mereka baru mengetahui bahwa Karp tidak berada di New York setelah tiga bulan kepindahannya ke Tokyo. Karp kemudian mengaku bahwa karena merasa masih sangat muda, ketika itu ia sering berusaha menyamarkan suaranya agar terdengar lebih berat bila berkomunikasi via telepon dengan kliennya.
Tumblr, ditulis tumblr. sesuai logonya, adalah platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan Tumblr, Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek. Pengguna dapat mengikuti blog pengguna lain atau mengatur privasi blog sendiri. Kebanyakan fitur webnya diakses dari antarmuka "dasbor"; di sana terdapat opsi untuk mengirimkan konten dan melihat pos dari blog yang diikuti.
Karp keluar dari UrbanBaby setelah perusahaan tersebut dijual ke CNET tahun 2006. Dengan uang hasil penjualan sahamnya, Karp mendirikan perusahaan konsultasi perangkat lunaknya sendiri, Davidville, sambil membayangkan campuran proyek klien dan produk-produknya sendiri. Marco Arment bergabung sebagai teknisi setelah melihat iklan Karp di Craigslist.  Karp tertarik dengan tumblelog (blog pendek) dan menunggu sampai ada platform blog yang memperkenalkan layanan tumblelog-nya sendiri. Setelah satu tahun menunggu, karena belum ada yang membuatnya, Karp dan Arment mulai mengerjakan platform tumblelog-nya sendiri saat ada waktu luang antarkontrak selama dua minggu pada tahun 2006. Tumblr diluncurkan bulan Februari 2007 dan dalam kurun dua minggu, jumlah penggunanya mencapai 75.000 pengguna.
Pada tahun 2007, David Karp telah menciptakan Tumblr. Dia menciptakan tumblr di Jepang pada saat dia berumur 19 tahun. kemudian setelah menciptakan tumblr tersebut, dia juga menemukan sebuah kata baru yang akan digunakan pada layanan tumblr yaitu "Tumblelog". Tumblelog memiliki arti yaitu bentuk pendek dari blogging atau mengarah ke dalam bentuk miniblog. Pada tumblelog, layanan ini hanya dapat mengirimkan satu kalimat pendek saja, berbeda dengan blog-blog yang ada. David Karp kagum dengan bentuk baru blogging ini, kemudian dia berkata akan menunggu untuk salah satu platform blog yang sudah siap agar para pengguna dapat mengatur sebuah platform. Tetapi, setelah satu tahun lamanya hal tersebut tidak terjadi juga. kemudian David karp sendirilah yang akhirnya turun tangan untuk menyelesaikan platform blog tersebut. Inkarnasi saat Tumblr diluncurkan pada tanggal 1 November dan versi beta telah diluncurkan beberapa bulan sebelumnya.
Bulan Oktober 2007, Karp menutup firma konsultasinya setelah kerjaannya di Tumblr mulai mengganggu proyek kliennya. Davidville berganti nama menjadi Tumblr, Inc.  dan 25 persen sahamnya dijual kepada beberapa investor. Per 19 Mei 2013, Tumblr memiliki lebih dari 108 juta blog.

Menurut Forbes, kekayaan bersih Karp mencapai lebih dari $200 juta dan Tumblr memiliki nilai kapitalisasi sebesar $800 juta. Pada tanggal 20 Mei 2013, Tumblr sepakat untuk diakuisisi Yahoo! dengan nilai $1,1 miliar. Karp tetap menjabat sebagai CEO perusahaan.

Pada September 2011, Karp menjalin hubungan dengan Rachel Eakley, seorang koki terlatih dan sarjana psikologi. Mereka tinggal di Williamsburg bersama anjingnya, Clark. (Sumber)