Profil dan Biodata Tsamara Amany Alatas


Tsamara AmanyTsamara Amany Alatas atau sering disapa Sammy adalah seorang perempuan cantik yang masuk ke dunia politik saat masih muda. Ia menjadi salah satu Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dikenal publik lewat tulisan-tulisannya di berbagai portal daring tentang Presiden Jokowi, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, dan isu-isu politik.

(Baca juga: "Biografi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok")

Banyak media yang digunakan oleh Sammy untuk mengungkapkan pendapatnya tentang berbagai hal yang terjadi di panggung politik Indonesia terutama soal korupsinya, mulai dari blog, kicauan di Twitter, dan kolom di media online.

Tsamara Amany adalah gadis keturunan Arab, kelahiran 24 Juni 1996 dari pasangan Muhammad Abdurachman dan Nabila Zen. Saat ini ia duduk di Semester VI Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina. Ia terlibat aktif dalam politik sejak Joko Widodo (Jokowi) terpilih menjadi presiden tahun 2014.

Keterterikan dalam dunia politik berawal saat seorang walikota solo, Joko Widodo yang memenangkan Pilkada Jakarta dan dua tahun kemudian memenangkan Pilpres.

(Baca juga: "Biografi Joko Widodo")

Ia aktif menulis mengenai pemerintahan Presiden Jokowi baik pujian maupun kritikan. Pujian dan kritik yang ia tujukan kepadanya semata-mata karena ingin Jokowi berhasil sebagai Presiden dan Indonesia semakin baik di bawah pemerintahannya.

Saat berusia 19 tahun, Tsamara lolos seleksi dan diterima magang di tim Gubernur DKI Jakarta dan ditugaskan dalam bidang perizinan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk melakukan simplifikasi perizinan usaha demi meningkatkan ranking Jakarta dalam survei kemudahan berusaha World Bank.

Empat bulan periode magang berlalu, bersama dua teman magangnya, Gaby dan Nita, Tsamara Amany memutuskan membuat lembaga swadaya masyarakat bernama Perempuan Politik untuk meningkatkan kesadaran politik perempuan di Indonesia.

Tsamara Amany pernah menjadi saksi dalam sidang uji materi persyaratan calon independen di Pilkada yang diajukan oleh Gerakan Nasional Calon Independen (GNCI) di Mahkamah Konstitusi.

Setelah Pilkada putaran pertama Pilgub Jakarta 2017, Ketua Umum PSI Grace Natalie mengontak Tsamara dan mengajak makan siang. Dalam makan siang tersebut PSI menawarkan posisi Ketua DPP untuk Tsamara.

 Tsamara Amany Alatas dalam ILC
 Tsamara Amany dalam ILC
Di akun Instagramnya, @tsamaradki, Tsamara banyak mengikuti berbagai kegiatan diskusi dan politik. Tasmara juga sudah menerbitkan buku berjudul "Curhat Perempuan".

Baru-baru ini, sosok Tsamara Amany menjadi pembicaraan di media sosial. Hal ini lantaran diusia 20 tahun, Tsamara berani berdebat dengan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah lewat kicuan di Twitternya, @TsamaraDKI.

Bahkan, dalam acara TV swasta, Indonesia Lawyer Club (ILC), Selasa (11/7/2017) malam, Tsamara dipertemukan dan berdebat langsung dengan Fahri Hamzah.


Biodata:
  • Nama lengkap:  Tsamara Amany Alatas
  • Lahir:  24 Juni 1996, Jakarta, Indonesia
  • Pendidikan: Universitas Paramadina
  • Profesi/Pekerjaan: Mahasiswi, Politisi
  • Agama: Islam
  • Orangtua: Muhammad Abdurachman dan Nabila Zen
  • Partai Politik: Partai Solidaritas Indonesia (PSI), jabatan: Ketua DPP PSI Bidang Eksternal.
  • Buku: Curhat Perempuan
  • Akun media sosial: Twitter @tsamaradki, Instagram @tsamaradki

Pengalaman bekerja, karir:
  • Staf magang Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Balai Kota DKI.
  • Ketua DPP PSI Bidang Eksternal.
  • Saksi dalam sidang uji materi persyaratan calon independen di Pilkada yang diajukan oleh Gerakan Nasional Calon Independen (GNCI) di Mahkamah Konstitusi.


Sumber: