Profil Sonia Ristanti - Istri Muzammil Hasballah

Sonia Ristanti dan Muzammil Hasballah
Kiri Muzammil Hasballah dan kanan Sonia Ristanti
(Sumber: Akun Instagram Muzammil Hasballah)
Sonia Ristanti adalah seorang wanita bercadar yang kini menjadi istri dari pria muda yang memiliki suara merdu dalam melantunkan ayat suci Al Qur'an bernama Muzammil Hasballah (24).

Sonia Ristanti lahir pada 26 Februari 1995 di Kabupaten Bireuen, Aceh. Ia kemudian tinggal di Banda Aceh sejak SMA hingga saat ini.

Sonia adalah adik kelas Muzammil. Keduanya sama-sama bersekolah di SMAN 10 Fajar Harapan, Banda Aceh. Namun setelah lulus sekolah, keduanya tak berada di kampus yang sama. Muzammil mengambil Jurusan Teknologi Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2011, sedangkan Sonia tetap di Aceh.

Dilihat akun Facebook Sonia, ia menempuh studi Jurusan Teknik Geofisika di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, angkatan 2013. Sonia sendiri baru lulus dari Universitas Syiah Kuala, Aceh, pada tahun 2017 ini.

(Baca juga: "Profil Muzammil Hasballah - Qori Muda Bersuara Indah")

Pernikahan

Sonia Ristanti dinikahi Muzammil Hasballah pada hari Jumat 7 Juli 2017. Pernikahan digelar selepas salat Subuh, tepatnya pukul 05.00 WIB, di Masjid Agung Al Ma’mur, Banda Aceh. Pernikahan ini berlangsung sangat meriah. Muzammil mengundang seluruh masyarakat Banda Aceh untuk menjadi saksi pernikahannya.

Saat pernihahan tersebut, Muzammil mengunggah undangan akad nikah di Masjid Agung Al-Ma'mur (Oman) Banda Aceh pukul 05.00 WIB, dengan didahului pelaksanaan shalat Subuh berjamaah. "Bismillah.. undangan terbuka buat seluruh masyarakat Aceh (hanya 7 Juli), khususnya Banda Aceh dan sekitarnya," tulis Muzammil dalam caption foto undangan yang diunggahnya dua hari yang lalu.

Saat live Instagram, Muzammil pada akun pribadi miliknya @muzammilbh, Jumat (7/7), akad pernikahan dimulai dengan lantunan ayat suci Alquran surah An-nisa ayat 34 oleh Muzammil sendiri.

Setelah menikah, Muzammil dan Sonia berencana menetap di Bandung, Jawa Barat. Muzammil sendiri sudah lama berada di Bandung, yaitu sejak berkuliah di ITB.