Profil Hermansyah - Pakar Telematika Lulusan ITB

Hermansyah
Hermansyah adalah seorang ahli informasi dan teknologi (IT) dari Institut Teknologi Bandung. Ia pernah diundang di satu televisi swasta nasional, untuk mengisi talkshow ILC 'Membidik Habieb Rizieq' pada Selasa (6/6/2017).  Dalam talkshow tersebut, ia sempat mempertanyakan keaslian percakapan di whatApps, antara Habieb Rizieq dan Firza Husein. Pada hari Minggu 9 Juli 2017, Hermassyah menjadi korban penganiyaan oleh 5 orang tak dikenal di tol Depok dengan luka di bagian leher. Hemansyah tergolong kritis. Dia aktif memberikan masukan terhadap isu yang berkembang.

Hermansyah pernah menyarankan Polda Metro Jaya yang kesulitan membongkar penyebar percakapan berkonten p0rn0gr4fi, untuk menghubungi cloudfare.com, sebagai penyedia proxy baladacintarizieq.com, pada diskusi GNPF MUI di Hotel Balairung, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (16/6/2017).

Hermansyah pernah meminta cloudfare.com untuk membuka identitas penyewa proxy baladacintarizieq.com. Namun, dalam balasan email, ada term of conduct, informasi penyewa dibuka jika yang meminta dari pihak kepolisian dan pengadilan, dilansir dari Kumparan (Sabtu,17/6/2017).

Selain melalui penyedia proxy, Polisi juga bisa meminta informasi pembuat situs dari penyedia domain. “Untuk masalah baladacintarizieq.com, domainnya disebut keyhoster.com,” sebut Hermansyah.

Polisi pun bisa menghubungi perusahaan penyedia domain, karena sesuai ketentuan untuk menyewa domain juga membutuhkan rekening Visa atau MasterCard.

Meski demikian, ahli Informatika dan teknologi dari Institut Teknologi Bandung, mengaku sudah mengetahui siapa dalang dibalik situs p0rn0 yang mengkaitkan nama Habieb Rizieq, setelah melacak posisi hosting atau server situs.


Menjadi korban pengeroyokan

Minggu (9/7/2017), Hermansyah dibacok orang tak dikenal saat perjalanan dari Cipayung, Jakarta Timur menuju Depok. Hermansyah mengalami luka cukup parah di bagian leher dan kini sedang dirawat di Rumah Sakit Hermina, Depok, Jawa Barat.

Berikut ini Kronologi Pengeroyokan yang dialami Hermansyah Pakar Telematika ITB di Tol Jagorawi yang dikutip dari kumparan.com:
  1. 03.00 WIB - Korban dari arah Jakarta bermaksud pulang ke Depok dengan menggunakan mobil Toyota  Avanza nomor polisi B 1086 ZFT.
  2. Saat tiba di sekitar KM 6, mobil korban diserempet oleh mobil pelaku jenis sedan lalu korban disuruh menepi oleh pelaku kemudian korban oleh pelaku disuruh membuka pintu.
  3. 03.30 WIB - Setelah korban turun langsung diserang oleh para pelaku yang berjumlah sekitar 5 orang dan seorang di antaranya menggunakan senjata tajam, setelah itu para pelakunya melarikan diri
  4. Akibat kejadian tersebut korban terluka di bagian kepala, leher dan tangan. Lalu korban menyender di jok mobil dan sempat ditolong oleh petugas Jasa Marga kemudian  korban dibawa ke RS Hermina Depok.
  5. 04.30 WIB - Hermansyah sampai di RS Hermina Depok kemudian langsung mendapat penanganan medis di UGD. 
  6. 05.00-09.00 WIB - Kondisi Herman diobservasi di UGD dan sempat drop tekanan darah.
  7. 10.30 WIB - Hermansyah dibawa ke ruangan operasi untuk tindakan sekitar satu jam.