Home » » Profil Brendan Rodgers - Manajer Liverpool

Profil Brendan Rodgers - Manajer Liverpool

Brendan Rodgers
Brendan Rodgers
Brendan Rodgers adalah seorang mantan pemain sepak bola berkewarganegaraan Irlandia Utara yang saat ini menjadi manajer untuk klub Liverpool.

Rodgers memulai kariernya sebagai pemain sepakbola di klub Ballymena United sebelum berpindah ke Reading, di mana Rodgers didiagnosis dengan sebuah penyakit yang membuatnya terpaksa pensiun pada umur 20 tahun. Rodgers sempat melatih untuk tim muda Reading sebelum diundang untuk bergabung dengan Chelsea sebagai manajer tim cadangan pada tahun 2004.

Pada bulan November November 2008, dia ditunjuk untuk menjabat sebagai manajer Watford, sebelum kembali lagi ke Reading untuk menggantikan Steve Coppell, manajer Reading terdahulu, yang berhenti menjabat pada bulan Juni tahun 2009. Ia lalu meninggalkan Reading melalui kesepakatan bersama pada bulan Desember tahun 2009, lalu menjadi manajer di Swansea City. Tahun berikutnya Rodgers berhasil membawa Swansea City menjadi klub asal Wales pertama yang berhasil memasuki klasemen Liga Utama Inggris, dan juga membawa klub ini ke peringkat 11 di musim pertama mereka. Pada bulan Juni 2012, Rodgers dilantik sebagai manajer baru Liverpool, menggantikan Kenny Dalglish.


Kehidupan awal

Rodgers dilahirkan di Carnlough 26 Januari 1973 dari orang tua yang bernama Malachy dan Christina, ia merupakan anak tertua dari lima bersaudara. Rodgers menempuh pendidikan di St. Patrick's College di Ballymena. Sebelum mulai bermain sepak bola di umur 13 tahun, ia sempat menjadi atlit Gaelic football dan hurling di Carnlough. Rodgers tumbuh sebagai suporter Celtic.


Karier klub

Rodgers memulai karier sepak bolanya di Irlandia Utara sebagai bek untuk klub Ballymena United. Ia tampil di liga sebanyak 12 kali dalam tiga tahun sebelum bergabung dengan Reading pada umur 18 tahun. kariernya sebagai pemain sepak bola berakhir pada umur 20 tahun karena sebuah penyakit lutut yang genetik.


Karier manajerial

Watford

Pada tanggal 24 November 2008, Rodgers resmi menjabat sebagai manajer Watford untuk Liga Champions. Ini adalah pertama kalinya Rodgers menjabat sebagai manajer, setelah sebelumnya melatih tim usia muda Reading dan tim cadangan Chelsea. Watford hanya menang dua kali dari 10 pertandingan di liga, dan pada bulan Januari turun ke zona degradasi. Namun kualitas Watford meningkat secara dramatis, dan Rodgers berhasil membawa mereka ke peringkat 13.

Reading

Setelah Steve Coppell mengundurkan diri dari jabatannya sebagai manajer Reading, Rodgers dengan cepat menjadi calon terfavorit untuk menggantikannya. Namun Rodgers menolak untuk meninggalkan Watford karena merasa sedang berkonsentrasi penuh terhadap Watford dan menganggap orang-orang yang mengidentikkannya dengan klub lain sebagai orang-orang yang meragukan integritasnya. Rodgers akhirnya setuju untuk menjadi manajer Reading pada tanggal 5 Juni 2009 setelah terjadi kesepakatan sebesar £500.000, yang kemudian naik menjadi £1 juta.

Swansea City

Rodgers memulai jabatannya sebagai manajer Swansea City untuk Liga Champions pada tanggal 16 Juli 2010. Ia membawa awal yang penuh kejayaan dengan hasil yang sangat baik, hingga Rodgers pun diberikan penghargaan sebagai Championship Manager of the Month pada bulan Februari 2011 setelah Swansea menjuarai lima dari enam pertandingan liga yang mereka mainkan pada bulan itu, dengan empat pertandingan yang dilewati tanpa kebobolan satu gol pun.

Liverpool

Pada tanggal 1 Juni 2012, Rodgers diresmikan sebagai manajer Liverpool untuk menggantikan Kenny Dalglish yang dikeluarkan dari klub ini dua minggu sebelumnya


Kehidupan pribadi

Rodgers telah menikah dan memiliki dua anak. Anak laki-lakinya, Anton, yang lahir pada hari ulang tahun Rodgers yang ke 20 pada tahun 1993, juga adalah seorang pemain sepak bola profesional yang tergabung dalam klub Brighton & Hove Albion. Anton sempat bergabung dengan akademi sepak bola Reading sebelum pada tahun 2004 berpindah ke akademi sepak bola Chelsea di mana Anton mendapatkan beasiswa pada tahun 2009, namun beasiswa tersebut dilepaskannya pada tahun 2011. Rodgers juga memiliki seorang anak perempuan yang bernama Mischa.

Rodgers mampu berbicara bahasa Spanyol dan sedang mempelajari bahasa Italia. Pada bulan Juni 2011, sebagai penghormatan terhadap ibunya yang meninggal pada tahun 2010 dan ayahnya yang meninggal pada tanggal 10 September 2011 karena kanker, Rodgers bergabung dengan sebuah tim yang mewaliki Liga Sepak Bola untuk mendaki Gunung Kilimanjaro dengan bantuan lembaga Marie Curie Cancer Care. Dalam pendakian ini juga bergabung Aidy Boothroyd, manajer Watford sebelum Rodgers. Rodgers memiliki nama panggilan "Buck Rodgers", sesuai sebuah karakter fiktif yang bernama sama.


Penghargaan

Manajerial
  • Swansea City
  • Football League Championship Play-Off Winners (1): 2010–11
Individual
  • Premier League Manager of the Month (1): Januari 2012
  • Football League Championship Manager of the Month (1): Februari 2011
Sumber: Wikipedia