Home » » Profil Ahmed Musa - Pemain Sepak Bola Asal Nigeria

Profil Ahmed Musa - Pemain Sepak Bola Asal Nigeria

Ahmed Musa
Ahmed Musa (lahir 14 Oktober 1992) adalah pemain sepak bola asal Nigeria yang bermain di CSKA Moscow. Dia juga anggota timnas Nigeria. Musa adalah pemain pertama Nigeria yang mencetak lebih dari satu gol dalam pertandingan Piala Dunia FIFA melawan Argentina di 2014 FIFA World Cup.


Karier klub

Awal karier

Musa memulai kariernya di Football Academy Aminchi.


Di Nigeria

Pada tahun 2008 ia dipinjamkan ke JUTH F.C. di mana ia bermain 18 pertandingan, mencetak empat gol dalam dua musim profesional pertamanya. Setelah menyelesaikan kariernya di JUTH F.C., dia kemudian dipinjamkan lagi ke Kano Pillars F.C., di musim 2009-2010 di mana ia membuat rekor liga dengan 18 gol dan membawa timnya ke peringkat kedua.

Musa sebelumnya memegang rekor gol tertinggi yang pernah mencetak gol dalam satu musim dalam sejarah Nigeria Premier League sampai November 2011 ketika Jude Aneke dari Kaduna United F.C. menetapkan tujuan rekor baru dengan 20 gol.


VVV-Venlo

Dia ditransfer ke klub Belanda di VVV-Venlo pada musim panas 2010. Namun langkah itu ditunda karena usianya 17 tahun dan tidak memenuhi syarat untuk ITC sesuai dengan aturan FIFA saat ini. Dia resmi memenuhi syarat bermain untuk VVV-Venlo pada tanggal 14 Oktober 2010 saat itu ia sudah berumur 18 tahun.

Kurang dari seminggu setelah tiba di klub, Musa melakukan debut untuk VVV-Venlo melawan FC Groningen pada tanggal 30 Oktober. Dia mulai permainan untuk VVV-Venlo, setelah diganjal di menit ke-50 dan menerima tendangan penalti.

Dilansir oleh Goal.com dia masuk Hot 100 bintang sepak bola muda di dunia untuk ditonton pada tahun 2011, Lolade Adewuyi untuk Goal.com menempatkan dia di daftar pemain Top Ten Nigeria Internasional 2010  dan juga termasuk dalam daftar IFFHS terbaik 140 pemain di dunia.

Pada 8 Maret 2011, Ahmed Musa memenangkan AIT, penghargaan pesepak bola (nasional). Upacara diadakan di Presidential Hotel, Port Harcourt, Rivers State. Acara itu juga BBC Pemain Terbaik Afrika memenangkan Asamoah Gyan dan pejabat dari federasi sepak bola Nigeria termasuk presiden Aminu Maigari.

Pada bulan April, direktur sepak bola Venlo Mario Captien mengatakan bahwa perwakilan dari Tottenham Hotspur F.C. telah mengunjungi klub mengenai pemain, pemandu bakat Ajax Amsterdam Tijani Babangida mengatakan bahwa Ajax tertarik Musa tetapi hasilnya akan diputuskan pada akhir musim.

Pada 1 Mei 2011, Musa memukul perlawanan Feyenoord 3-2 dan menghindari VVV-Venlo terdegradasi dari Eredivisie.

Pada bulan Agustus 2011, setelah kembali dari Piala Dunia U-20 2011 di Kolombia, Musa membuat penampilan pertamanya musim 2011/2012 di kandang melawan Ajax Amsterdam dan mencetak dua gol.

Pada September 2011 VVV-Venlo Hai Berden diungkapkan di Eredivise Live yang menyatakan bahwa VVV-Venlo telah menolak tawaran menit terakhir transfer 10 juta euro untuk Musa dari Bundesliga. Nama klub Bundesliga itu tidak diungkapkan.


CSKA Moskow

Pada tanggal 7 Januari 2012, Musa menandatangani kontrak di CSKA Moscow dengan biaya yang tidak diungkapkan. Pada 17 September 2014 ia mencetak gol hiburan pada menit ke-82 dalam fase grup UEFA Champions kala bertandang ke AS Roma yang berakhir skor 5-1, dia mencetak gol dengan meninggalkan dua bek dan melakukan tendangan chip untuk mengecoh kiper.


Ahmed Musa Resmi dibeli Leicester

Juara Premier League musim lalu, Leicester City, resmi mendapatkan Ahmed Musa dari CSKA Moscow. The Foxes akan mengontraknya selama empat tahun.

Transfer yang dilakukan Leicester kali ini, diduga menjadi pembelian termahal yang pernah dilakukan Leicester. Untuk mendapatkan pemain internasional dari Nigeria tersebut, Leicester dipercaya harus mengeluarkan dana senilai 16,5 juta pounds.


Sumber:
  • http://www.bola.net/inggris/leicester-resmi-dapatkan-ahmed-musa-294f53.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ahmed_Musa_(pemain_sepak_bola)