Home » , » John Stuart Mill - Reformator Utilitarianisme Sosial

John Stuart Mill - Reformator Utilitarianisme Sosial

John Stuart Mill
Lahir: 20 Mei 1806 Pentonville, London, Inggris

Meninggal: 8 Mei 1873 (umur 66) Avignon, Prancis

Tempat Tinggal: Inggris

Kebangsaan: Inggris

Era: Filsafat abad ke-19, Ekonomi klasik

Wilayah: Filsafat Barat

Sekolah: Empirisme, utilitarianisme, liberalisme

Kepentingan utama: Filsafat politik, etika, ekonomi, logika induktif

Gagasan penting: Publik / ruang privat, kesenangan hirarki di Utilitarianisme, liberalisme, feminisme liberal awal, prinsip kerugian, Metode Mill


John Stuart Mill adalah seorang filsuf Inggris, ahli politik ekonomi dan pegawai negeri sipil. Dia adalah seorang kontributor berpengaruh untuk teori sosial, teori politik dan politik ekonomi. Dia disebut juga "Filsuf yang paling berpengaruh dari abad kesembilan belas". Konsepsi Mill tentang kebebasan membenarkan kebebasan individu dalam oposisi terhadap kontrol negara terbatas.


Biografi

John Stuart Mill lahir di Pentonville, London, Inggris, pada 20 Mei 1806. Ayahnya, James Mill, adalah seorang sejarawan dan akademisi. Ia mempelajari psikologi, yang merupakan inti filsafat Mill, dari ayahnya. Sejak kecil, ia mempelajari bahasa Yunani dan bahasa Latin. Pada usia 20 tahun, ia pergi ke Perancis untuk mempelajari bahasa, kimia, dan matematika.

Menurut Mill, psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan dasar yang menjadi asas bagi filsafat. Di sini, pandangannya berbeda dengan Comte. Tugas psikologi adalah menyelidiki apa yang disajikan oleh kesadaran, artinya sistem indrawi manusia dan hubungan-hubungannya. Mill berpendapat bahwa satu-satunya sumber bagi segala pengenalan adalah pengalaman. Oleh karena itu, induksi menjadi jalan kepada pengenalan.

Di dalam etika, Mill melihat hubungan timbal-balik antara manusia secara pribadi dengan masyarakat atas dasar prinsip utilitarianisme. Dengan demikian, tindakan yang dilakukan oleh manusia bertujuan membawa kepuasan bagi dirinya sendiri secara psikologis, bukan orang lain atau nilai-nilai. Dia adalah seorang pendukung Utilitarianisme, sebuah teori etika yang dikembangkan oleh filsuf Jeremy Bentham.

John Stuart Mill meninggal di Avignon, Perancis, pada 8 Mei 1873 pada umur 66 tahun.