Home » » Nama Pahlawan Dari Provinsi Banten

Nama Pahlawan Dari Provinsi Banten

Banten adalah sebuah provinsi di Tatar Pasundan, serta wilayah paling barat di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi ini pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, namun menjadi wilayah pemekaran sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang.

Nama Pahlawan yang terkenal dari provinsi yang dahulu dikenal dengan nama Bantam pada masa lalu ini adalah Sultan Ageng Tirtayasa dan Syafruddin Prawiranegara..


Profil Singkat Sultan Ageng Tirtayasa
Sultan Ageng Tirtayasa
Sultan Ageng Tirtayasa adalah pahlawan yang berasal dari provinsi Banten. Beliau berjuang menentang belanda dan VOC, selain itu terkenal juga karena kepiawaiannya dalam mengurus kerajaan beserta rakyatnya seperti dalam urusan kepemerintahan, keagamaan, pengairan, dan hubungan keluar kerajaan.

Sultan Ageng Tirtayasa lahir di Banten tahun 1631, beliau adalah putra Sultan Abdul Ma'ali Ahmad dan Ratu Martakusuma yang menjadi Sultan Banten periode 1640-1650.

Ketika kecil, ia bergelar Pangeran Surya. Ketika ayahnya wafat, ia diangkat menjadi Sultan Muda yang bergelar Pangeran Ratu atau Pangeran Dipati. Baca Selengkapnya ...



Syafruddin PrawiranegaraProfil Singkat Syafruddin Prawiranegara

Mr. Syafruddin Prawiranegara (ejaan lama: Sjafruddin Prawiranegara ) adalah pejuang pada masa kemerdekaan Republik Indonesia yang juga pernah menjabat sebagai Presiden/Ketua PDRI (Pemerintah Darurat Republik Indonesia) ketika pemerintahan Republik Indonesia di Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda saat Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1948. Sebelum terlibat sebagai tokoh nasional, Syafruddin Prawiranegara pernah bekerja sebagai pegawai radio swasta, pegawai departemen Keuangan Belanda, dan pegawai departemen keuangan Jepang. Baca selengkapnya...