Biografi Eiji Tsuburaya - Sutradara Film Ultraman
dara ternama asal Jepang yang telah membuat film science fiksi, salah satu hasil ciptaannya seperti seri Godzilla, dan Ultraman.
Biografi
Eiji Tsuburaya dilahirkan di Sukagawa, Prefektur Fukushima, Jepang pada 7 Juli 1901. Dia adalah anak pertama dari pasangan Isamu dan Sei Tsuburaya. Ibunya meninggal ketika ia berumur tiga tahun, dan ayahnya pindah ke China untuk bisnis keluarga. Saat muda Eiji dibesarkan oleh pamannya yang sudah tua, Ichiro, dan nenek dari pihak ayah, Natsu. Pendidikan dasarnya di Sukagawa Choritsu Dai'ichi Jinjo Koutou Shogakko pada tahun 1908, dan dua tahun kemudian, ia mengambil hobi model membuat pesawat terbang, karena keberhasilan sensasional penerbang Jepang, ia berminat untuk menggelutinya hingga sisanya hidupnya.
Eiji lulus Setara SMA pada usia 14 tahun 1915, dan ia memohon keluarganya untuk mendaftar di sekolah Terbang Nippon di Haneda. Setelah sekolah ditutup karena kematian pendirinya, Seitaro Tamai, pada tahun 1917, Tsuburaya melanjutkan ke sekolah perdagangan. Ia menjadi cukup sukses di departemen penelitian dan pengembangan perusahaan mainan Utsumi.Namun nasib berkata lain, saat ada pertemuan di sebuah pesta perusahaan pada tahun 1919, ia ditawari pekerjaan oleh sutradara Yoshiro Edamasa, pekerjaan yang akan melatihnya menjadi Kameramen pembuat film. Sementara agama tradisional keluarga Tsuburaya adalah Nichiren Buddhisme, Tsuburaya berpindah agama ke Katolik Roma di tahun-tahun berikutnya (istrinya sudah menjadi berlatih Katolik Roma ).
Eiji Tsuburaya menikah dengan Masano Araki pada tahun 1930. Hajime, yang pertama dari tiga putra mereka, lahir setahun kemudian. Eiji Tsuburaya meninggal di Itō, Prefektur Shizuoka, Jepang pada 25 Januari 1970.
Awal karir dan propaganda Perang
Pada tahun 1919, pekerjaan pertamanya di industri film adalah sebagai asisten sinematografer di Nihon Katsudou Shashin Kabushiki-kaisha ( Perusahaan Nihon Cinematograph atau Kokkatsu) di Kyoto, kemudian lebih dikenal sebagai Nikkatsu. Setelah menjabat sebagai anggota staf korespondensi kepada militer 1921-1923, ia bergabung dengan Ogasaware Productions. Dia kepala kameramen di Bongkok dari Enmeiin (Enmeiin ada Semushiotoko), dan menjabat sebagai asisten kameramen pada Teinosuke Kinugasa dalam film ground-breaking 1925, Kurutta Ippeiji (sebuah halaman dari Madness ).
Dia bergabung dengan Shochiku Kyoto Studios pada tahun 1926 dan menjadi kameramen penuh pada tahun 1927. Dia mulai menggunakan dan menciptakan teknik pembuatan film inovatif selama periode ini, termasuk penggunaan pertama dari crane kamera dalam film Jepang. Pada tahun 1930 dalam film Chohichiro Matsudaira, ia menciptakan ilusi film oleh super-imposition. Pekerjaan itulah yang menjadikannya terkenal karena efek visual yang dikenal-khusus.
Selama tahun 1930-an, ia sering pindah dari satu studio ke studio lainnya, dan menjadi terkenal karena karya ketelitiannya. selama periode ini ia melihat sebuah film yang akan menunjuk ke arah karir masa depannya. Setelah sukses internasional dengan Godzilla pada tahun 1954, ia berkata, "Ketika saya bekerja untuk Nikkatsu Studios, King Kong datang ke Kyoto dan saya tidak pernah lupa film itu. Saya berpikir, 'Suatu hari nanti aku akan membuat film rakasa seperti itu.' "
Pada tahun 1938 ia menjadi kepala Teknik Visual khusus di Toho Tokyo Studios, mendirikan sebuah departemen efek khusus yang independen pada tahun 1939. Dia memperluas tekniknya selama periode ini dan memperoleh beberapa penghargaan, tapi tidak tinggal lama di Toho.
Selama tahun-tahun perang (perang Sino-Jepang Kedua dan Perang Dunia II) ia mengarahkan sejumlah film propaganda dan menghasilkan efek khusus mereka untuk Pendidikan Film Divisi Penelitian Toho ini diciptakan oleh keputusan pemerintah kekaisaran. Mereka termasuk Kodo Nippon (The Imperial Way Jepang) (1938), Kaigun Bakugeki-tai (Naval Bomber Squadron) (1940), The Burning Sky (Moyuru Ozora (1940), Hawai Mare oki Kaisen (Perang di Laut dari Hawaii ke Malaya) (1942 ), PertempuranTegas di Langit ( Kessen-ada Ōzara-e ) (1943) dan Kato Hayabusa sento-tai (1944).
Selama pendudukan Jepang setelah perang, asosiasi masa perang Tsuburaya dengan film-film propaganda seperti terbukti halangan untuk menemukan karyanya untuk beberapa waktu. Ia pergi lepas dengan perusahaan produksi sendiri, Penelitian Tsuburaya Visual Effects (bekerja pada film untuk studio lain), sampai ia kembali ke Toho di awal 1950-an.
Toho
Sebagai kepala Visual Effects Departemen Toho (yang dikenal sebagai "Departemen Special Arts" sampai 1961), yang didirikan pada tahun 1939, ia mengawasi sekitar enam puluh pengrajin, teknisi dan juru kamera. Di sinilah ia menjadi bagian dari tim, bersama dengan sutradara Ishiro Honda dan produser Tomoyuki Tanaka, yang menciptakan Film Godzilla pertama pada tahun 1954, dan dijuluki oleh departemen dunia periklanan Toho sebagai "The Golden Trio".
Untuk karyanya di Godzilla (ゴジラ- Gojira), Tsuburaya memenangkan penghargaan pertama Film Tekniknya. Berbeda dengan teknik gerakan berhenti yang digunakan Willis O'Brien untuk membuat film King Kong tahun 1933, Tsuburaya mengggunakan seorang pria dalam setelan karet untuk menciptakan efek rakasa raksasanya. Teknik ini, sekarang paling erat terkait dengan kaiju Jepang atau film rakasa, telah datang untuk disebut suitmation (berasal dari Jepang fan pers selama tahun 1980). Melalui pencahayaan intens dan syuting kecepatan tinggi, Tsuburaya bisa menambah realisme efek dengan memberi mereka sedikit lebih lambat, pembobotan lamban. Teknik ini, menggunakan miniatur rinci dengan pria dalam pakaian raksasa, yang masih digunakan sampai hari ini (tapi dikombinasikan dengan teknik CGI juga) dan sekarang dianggap sebagai seni kerajinan tradisional Jepang.
Keberhasilan luar biasa dari Godzilla menjadikan Toho menghasilkan film-film fiksi ilmiah seri, film memperkenalkan monster baru, dan film yang lebih melibatkan karakter Godzilla itu sendiri. Yang paling kritis dan populer sukses dari film-film ini adalah mereka yang melibatkan tim dari Tsuburaya, Honda dan Tanaka, bersama dengan anggota keempat tim Godzilla, komposer Akira Ifukube. Tsuburaya terus menghasilkan efek khusus untuk film non-kaiju seperti The H-Man (1958), dan The Last War (1961), dan memenangkan penghargaan Teknik Film Jepang lain untuk karyanya tahun 1957 Film fiksi ilmiah The Mysterians. Ia juga memenangkan penghargaan lain pada tahun 1959 untuk penciptaan "SistemToho serbaguna", printer optik untuk gambar layar lebar, yang dibangun di-rumah dan pertama kali digunakan pada The Three Treasures pada tahun 1959.
Seorang pria yang setia pada perusahaan, Tsuburaya terus bekerja di Toho Studios sampai kematiannya pada tahun 1970.
Tsuburaya Productions
Pada tahun 1940, Tsuburaya mulai membuka sendiri laboratorium efek khusus (didirikan di rumahnya), dan pada tahun 1963, mendirikan studio sendiri untuk efek visual, Tsuburaya Productions. Pada tahun 1966 saja, perusahaan ini menayangkan pertama seri 'Ultra' untuk televisi, Ultra Q awal bulan Januari, diikuti dengan Ultraman yang sangat populer pada bulan Juli, dan perdana serial komedi-rakasa, Booska, Binatang yang ramah pada bulan November. Ultraman menjadi live-action serial televisi Jepang pertama yang diekspor di seluruh dunia, dan melahirkan Seri Ultra yang berlanjut hingga hari ini. (sumber: Wikipedia)