Biografi John Logie Baird - Penemu Televisi (Citra Visual yang Ditransmisikan)

Biografi John Logie Baird - Penemu Televisi (Citra Visual yang Ditransmisikan)
John Logie Baird (1888-1946) adalah seorang insinyur dan penemu Skotlandia yang memelopori televisi. Ia juga merupakan pionir dalam pengembangan televisi berwarna. Selain itu ia juga menemukan pisau cukur kaca yang tidak berkarat. Ia kemudian menciptakan sistem televisi berwarna pertama yang diperlihatkan secara publik dan tabung gambar televisi berwarna elektronik murni pertama yang dapat digunakan.

Dia adalah orang pertama yang mendemonstrasikan perangkat komersial yang dapat mengirimkan dan menerima gambar visual.


Kelahiran dan Pendidikan

Baird lahir di Helensburgh, Skotlandia, 13 Agustus 1888. Dia kuliah di Larchhifield Academy, Royal Technical College, dan Universitas Glasgow. Dia tidak menyelesaikan studinya di universitas karena pecahnya Perang Dunia I. Dia bekerja sebagai insinyur di sebuah perusahaan listrik.

Hingga ia berusia 35 tahun, Baird hidup dalam kondisi serba kekurangan. Pada tahun 1923, ia mulai berusaha mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar, sekaligus suara, lewat radio. Tak lama kemudian ia berhasil mengirim citra kasar melewati transmiter tanpa-kabel ke pesawat penerima yang berjarak beberapa meter.


Penemuan Televisi

John Logie Baird berhasil menunjukan cara pemancaran gambar-bayangan bergerak di London pada tahun 1925, diikuti gambar bergerak monokrom pada tahun 1926. Cakram pemindai Baird dapat menghasilkan gambar beresolusi 30 baris (cukup untuk memperlihatkan wajah manusia) dari lensa dengan spiral ganda.

Demonstrasi oleh Baird ini telah disetujui secara umum oleh dunia sebagai demonstrasi televisi pertama, sekalipun televisi mekanik tidak lagi digunakan. Pada tahun 1927, Baird juga menemukan sistem rekaman video pertama di dunia, yaitu "Phonovision", yaitu dengan memodulasi sinyal output kamera TV-nya ke dalam kisaran jangkauan audio, dia dapat merekam sinyal tersebut pada cakram audio 10 inci (25 cm) dengan menggunakan teknologi rekaman audio biasa. Hanya sedikit rekaman "Phonovision" Baird yang masih ada dan rekaman-rekaman yang masih bertahan tersebut kemudian diterjemahkan dan diproses menjadi gambar yang dapat dilihat pada 1990-an menggunakan teknologi pemrosesan-sinyal digital.

Biografi John Logie Baird - Penemu Televisi (Citra Visual yang Ditransmisikan)

Baird mendemonstrasikan sistem siaran langsung pertama di dunia pada tanggal 26 Januari 1926. Pada tahun 1928, Baird Television Company Ltd melakukan transmisi televisi transatlantik pertama dari London ke New York. Mereka juga memproduksi siaran BBC pertama.

Namun ketika itu ia belum memanfaatkan penggunaan tabung sinar-Katode, yang menjadi dasar televisi modern. Sehingga sistem buatannya kalah bersaing dengan sistem baru pada tahun 1933.


Kematian 

John Logie Baird meninggal di Bexhill-on-Sea, East Suss3x, Inggris, 14 Juni 1946 pada umur 57 tahun. Baird dikenal sebagai "Bapak Televisi" bersama dengan Philo T. Farnsworth, Kenjiro Takayanagi, dan Charles Francis Jenkins.


Penghargaan

Pada tahun 2006, Baird dinobatkan sebagai salah satu dari 10 ilmuwan Skotlandia terhebat dalam sejarah, yang telah terdaftar di 'Scottish Science Hall of Fame' Perpustakaan Nasional Skotlandia. Pada tahun 2015 ia dilantik ke dalam Hall of Fame Teknik Skotlandia. Pada tahun 2017, IEEE meluncurkan plakat jalan perunggu (Plakat Biru) di 22 Frith Street (Bar Italia), London, yang didedikasikan untuk Baird dan penemuan televisi. Pada tahun 2021, Royal Mint meluncurkan koin John Logie Baird 50p untuk memperingati 75 tahun kematiannya.


Sumber: Blog penemu, "Penemu Televisi - John Logie Baird"; Wikipedia, "John Logie Baird"