Biografi Philipp Reis - Penemu Telepon Listrik Pertama

Johann Philipp Reis adalah seorang otodidak kelahiran Jerman yang merupakan ilmuwan dan sekaligus sebagai penemu. Pada tahun 1861, ia membuat pendahulu telepon listrik pertama, yang saat ini disebut dengan telepon Reis. Telepon Reis adalah penemuan dari perangkat mirip telepon yang dibuat oleh Philipp Reis pada tahun 1861. Telepon Reis merupakan perangkat pertama yang mengirimkan suara melalui sinyal elektronik.

Reis mendahului karya Bell dan Edison, sehingga ia mungkin telah menemukan telepon pertama menurut beberapa definisi. Sayangnya, karena pertimbangan politik dan komersial, dia tidak menerima penghargaan yang seharusnya dia dapatkan selama hidupnya. 

Pada tahun 1876, dua tahun setelah Reis meninggal, Bell yang berusia 29 tahun berhasil membuat teleponnya menggunakan proses yang sama tetapi tanpa jarum rajut dan biola.


Awal kehidupan dan pendidikan

Biografi Philipp Reis - Penemu Telepon Listrik Pertama

Reis lahir di Gelnhausen, Jerman pada 7 Januari 1834. Ibunya meninggal ketika ia masih bayi, kemudian ia dibesarkan oleh nenek dari pihak ayah. Saat berusia enam tahun, Reis mendapat pendidikan sekolah umum di kota Gelnhausen. Ayahnya meninggal sebelum Reis berusia sepuluh tahun. Nenek dan walinya menempatkan dia di Garnier Institute, di Friedrichsdorf, di sana ia memperoleh pelajaran bahasa Perancis dan Inggris, dan bergagai pengetahuan yang ia dapat dari perpustakaan.

Pada akhir tahun keempat belas, Reis diterima di Hassel Institute, di Frankfurt am Main, di sana ia belajar bahasa Latin dan Italia. Pada tanggal 1 Maret 1850, Reis magang sebagai dealer cat dalam pembentukan JF Beyerbach, dari Frankfurt.

Setelah bekerja dengan baik ia mendapat penghargaan dari Beyerbach, dalam waktu luangnya ia mempelajari matematika dan fisika dan menghadiri kuliah dari Profesor R. Bottger untuk belajar mekanik di Sekolah Perdagangan. Ketika magang berakhir, Reis menghadiri Institute of Dr Poppe, di Frankfurt.

Pada tahun 1855, ia menyelesaikan tahun pengabdian militernya di Kassel, kemudian kembali ke Frankfurt untuk memenuhi syarat sebagai guru matematika dan ilmu pengetahuan melalui studi pribadi dan kuliah umum. Tujuannya adalah untuk menyelesaikan pelatihan di University of Heidelberg, tetapi pada musim semi tahun 1858 ia mengunjungi temannya dan guru, Hofrath Garnier, yang menawarinya pos di Garnier Institute.

Pada tanggal 14 September 1859, Reis menikah, dan tak lama setelah ia pindah ke Friedrichsdorf, untuk memulai karir barunya sebagai seorang guru.


Telepon
Biografi Philipp Reis - Penemu Telepon Listrik Pertama

Reis membayangkan listrik dapat disebarkan melalui ruang, tanpa bantuan material konduktor. Ia melakukan beberapa percobaan pada subjek. Hasilnya digambarkan dalam sebuah makalah, "Pada Radiasi Listrik". Pada tahun 1859, dia mengirimkan makalah tersebut ke Profesor Poggendorff, namun naskah tersebut ditolak.

Reis kemudian mempelajari organ telinga dan memiliki ide menggunakan peralatan untuk mengirim suara melalui listrik telah terpikirkan olehnya selama bertahun-tahun. Pada 1860, ia membuat prototipe pertama dari telepon, yang dapat menempuh jarak 100 meter. Pada 1862, ia kembali mencoba bunga Poggendorff dengan akun "telephon".

Di Jerman, Reis mengalami kesulitan mendapatkan orang yang tertarik dengan penemuannya, meskipun ia telah menunjukkan kepada Wilhelm von Legat, Inspektur Royal Prusia Telegraph Corps pada tahun 1862. Minatnya kembali bangkit di Amerika Serikat tahun 1872, ketika Profesor Vanderwyde menunjukkan di New York.

Sebelum tahun 1947, perangkat Reis diuji oleh perusahaan Standar Telepon dan Kabel (STC) Inggris. dalam hasil ujinya, telepon reis samar-samar bisa mengirim dan menerima pidato.


Kematian

Pada bulan Desember ia berbaring dan setelah lama sakit, ia menghembuskan nafas terakhir pada pukul lima sore 14 Januari 1874. Philipp Reis dimakamkan di pemakaman Friedrichsdorff.

Sumber: Blog Penemu, "Johann Philipp Reis - Penemu Telepon Asal Jerman"