Biografi Ray Tomlinson Sang Penemu Email (Surat Elektronik) Pertama Kali

Email atau electronic mail adalah surat digital yang dikirimkan melalui jaringan komputer. Email merupakan media penting di internet untuk bertukar informasi dengan cepat. Bukan saja melalui komputer, sekarang E-mail dapat dikiroim dan diterima dengan Handphone atau Telepon seluler. Namun, tahukan Anda sipa penemu email pertama kali?...

Biografi Ray Tomlinson Sang Penemu Email (Surat Elektronik) Pertama Kali

Adalah Raymond Samuel Tomlinson, seorang ilmuwan komputer asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai penemu sistem surat elektronik yang sekarang disebut email untuk sistem ARPANET pada tahun 1971.

Raymond Samuel Tomlinson lahir di Amsterdam, New York pada tahun 1941. Ia kuliah di Rensselaer Polytechnic Institute, di mana ia magang di IBM dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Teknik Elektro pada tahun 1963. Kemudian, ia melanjutkan penelitiannya. di Massachusetts Institute of Technology (MIT), di mana ia lulus dalam Teknik Elektro dari British Columbia pada tahun 1965.


Penemuan Email

Pada tahun 1967, ia bergabung dengan perusahaan penelitian dan pengembangan legendaris Bolt Beranek and Newman (sekarang Raytheon BBN Technologies). Di BBN, ia berkontribusi pada pengembangan sistem operasi TENEX, termasuk implementasi protokol ARPANET dan TELNET. Pada tahun 1971, ia mengembangkan aplikasi email jaringan pertama ARPANET dengan menggabungkan program SNDMSG dan CPYNET, memungkinkan pesan dikirim ke pengguna di komputer lain. Dia memilih simbol @ untuk memisahkan email lokal dari email global di alamat pos. Email jaringan orang-ke-orang lahir dan pengguna@host menjadi standar untuk alamat email, seperti yang terjadi sampai sekarang.

Program perpesanan Tomlinson membawa revolusi lengkap, yang secara fundamental mengubah cara orang berkomunikasi, termasuk cara bisnis, dari perusahaan besar hingga toko kecil, beroperasi dan bagaimana jutaan orang berbelanja, bank, dan tetap berhubungan dengan teman dan keluarga, baik mereka di seluruh kota atau menyeberangi lautan.

Saat ini, puluhan juta perangkat berkemampuan email digunakan setiap hari. Email tetap menjadi aplikasi paling populer, dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia dan berkomunikasi melintasi batas waktu dan ruang tradisional.


Penghargaan

  • Tahun 2000, Tomlinson menerima Penghargaan Pelopor Komputer George R. Stibitz dari Museum Komputer Amerika.
  • Tahun 2001, ia menerima Webby Award dari International Academy of Digital Arts and Sciences dan dilantik ke dalam Rensselaer Alumni Hall of Fame.
  • Tahun 2002, Majalah Discover memberinya Penghargaan Inovasi.
  • Tahun 2004, ia menerima Penghargaan Insinyur Listrik dan Elektronik dari Institut Internet.
  • Ia dinobatkan sebagai pemenang Prince of Asturias Prize for Scientific and Technical Research pada 2009.
  • Tahun 2011, ia menerima Eduard Rhein Kulturpreis Cultural Prize.
  • Dia berada di peringkat ke-4 dalam daftar 150 Inovator dan Ide Teratas MIT.


Kematian

Raymond Samuel Tomlinson meninggal di rumahnya di Lincoln, Massachusetts pada tanggal 5 Maret 2016 karena serangan jantung. (en.wikipedia.org)