Home » » Biodata Pelawak Bagito Grup

Biodata Pelawak Bagito Grup

Bagito Grup
Dari kiri ke kanan: Didin, Mi'ing, Unang
Bagito adalah grup lawak dari Indonesia yang terdiri dari Miing (Tb. Dedi Gumelar), Didin (Tb. Didin Pinasti) dan Unang (Hadi Wibowo). Sebelumnya pernah bergabung juga Yanto "Stuck On You".

Berawal dari Radio Suara Kejayaan yang merupakan radio sumber pelawak. Acara pertama yang dilakoni Bagito adalah acara "Konsultan Bingung" tahun 1984. Pelawak lainnya yang juga besar dari radio ini adalah Patrio, Ulfa Dwiyanti, Komeng, dan Taufik Savalas. Dari pengisi acara "Opor Ayam" di radio SK tahun 80-an, Bagito terus menjadi tenar. Bagito kemudian meluncurkan Bagito Show yang ditayangkan oleh RCTI mendapatkan rating yang tinggi dan bertahan lama. Tahun 90-an adalah masa kejayaan Bagito. Seiring dengan munculmya pelawak-pelawak baru dan juga keretakan antara anggota (ditandai dengan keluarnya Unang dari Bagito), ketenaran Bagito mulai menyurut.

Berikut ini Biodata Pelawak Bagito Grup, untuk lebih lengkapnya silahkan klik nama masing-masing.



Miing (Tb. Dedi Gumelar)


Tubagus Dedi Suwendi Gumelar (lahir di Lebak, Banten, 27 April 1958; umur 57 tahun) adalah salah seorang komedian Indonesia berdarah Sunda yang menjadi pendiri grup komedi Bagito. Ia juga anggota DPR periode 2009-2014 dari PDI-P asal Provinsi Banten. Di panggung ia dikenal sebagai tokoh Mi'ing. Dedi Gumelar adalah abang dari Didin Pinasti, juga anggota Bagito.

Kariernya diawali sebagai pengisi acara komedi di stasiun radio SK (Suara Kejayaan) pada tahun 1980-an bersama Bagito, dengan anggota tambahan Yanto (kemudian keluar dari Bagito). Sebelumnya, ia juga menjadi anggota tim kreatif Warkop DKI. Dalam sandiwara radio berdurasi dua jam yang diisinya, Dedi berperan sebagai Pak RT ("Ketua RT"), Mi'ing (seorang anggota Hansip), dan Ina (satu-satunya tokoh perempuan). Grup Bagito kemudian tampil di layar televisi dan meraih kepopuleran nasional. di sini hanya tokoh Miing yang dihidupkan dan kemudian menjadi trade mark-nya.

Keterlibatan Dedi dalam perpolitikan dimulai ketika ia menjadi anggota tim sukses pendirian Provinsi Banten, memisahkan diri dari Jawa Barat. Selanjutnya, ia masuk sebagai anggota PDI-P.


Didin Pinasti

Nama Asli: Didin Pinasti
Tempat Lahir: Indonesia
Kewarganegaraan: Indonesia
Saudara: Miing (anggota "Bagito"/politisi, kakak laki-laki)
Suami/Istri: Ana Katina (cerai 2002), Erna
Anak-anak: Ratu Handini (perempuan), Reza (laki-laki), Raihan (laki-laki), Ratu Raisyah Ramadani (perempuan)
Populer: Sejak bergabung dalam grup lawak "Bagito" (1984)


Unang (Hadi Wibowo)

Nama lahir: Unang Prabowo
Nama lain: Unang
Lahir: 18 November 1962 (umur 52) Jakarta, Indonesia
Pekerjaan: Aktor & Pelawak
Tahun aktif: 1970 -sekarang
Hubungan: Bagito ( 1983 - Sekarang )
Agama: Islam

Hadi Prabowo (lahir 18 Nopember 1962 ) adalah Pelawak & Aktor asal Indonesia. Ia dikenal luas bersama grup lawak Bagito, setelah bagito pecah Hadi mengawali karier solonya. Ia juga ikut berperan dalam film layar lebar Kawin Kontrak pada tahun 2008. Unang juga turut bermain dalam sinetron Cinta Kirana pada tahun 2008 .

Filmografi: Barang Titipan, Kawin Kontrak (film 2008), Oh Baby, Ketika Cinta Bertasbih 2, Purple Love

Sinetron: Aksi Unang Ulfa, Cinta Kirana, RT Sukowi