Home » » Biografi Suyadi (Pak Raden)

Biografi Suyadi (Pak Raden)

Drs. Suyadi
Drs. Suyadi adalah pencipta Si Unyil, sebuah film seri televisi Indonesia. Suyadi menciptakan Si Unyil agar terdapat acara mendidik untuk anak-anak Indonesia pada tahun 1980-an. Kemudian, Unyil diformat ulang untuk sesuai dengan era tahun 2000-an, sehingga tetap dapat digemari anak-anak Indonesia. Hasil dari format ulang acara Si Unyil adalah Laptop Si Unyil. Ia juga dikenal sebagai Pak Raden dalam acara Unyil.

Semasa hidupnya, Pak Raden dikenal sebagai pendongeng dan seniman berdarah Jawa yang memiliki kumis tebal.

Suyadi yang lahir di Puger, Jember, Jawa Timur, 28 November 1932 merupakan lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung (1952-1960) lalu meneruskan belajar animasi ke Prancis (1961-1963).


Penghargaan

Pada tanggal 26 Oktober 2015 pada acara Silet Awards 2015, Drs. Suyadi mendapat penghargaan Charity Silet Award sebagai salah satu seniman Indonesia yang masih eksis hingga masa tuanya, sebagai bentuk penghargaan tersebut beliau diberi Hadiah sebuah Rumah.


Akhir Hayat

Di usia senjanya, almarhum banyak menghabiskan waktu di rumah. Almarhum dalam kondisi sakit-sakitan sehingga harus tergantung pada kursi roda untuk mobilitas.

Kondisi ekonomi almarhum yang tidak stabil, serta fisiknya yang sering sakit-sakitan membuatnya sempat menawarkan lukisannya ke Joko Widodo yang kala itu masih menjabat Gubernur DKI Jakarta. Uang tersebut digunakannya untuk biaya pengobatan kaki.

Suyadi,yang dikenal juga sebagai Pak Raden meninggal dunia pada tanggal 30 Oktober 2015, pada jam 22.20 WIB dikarenakan sakit di RS. Pelni Petamburan, Jakarta Barat.