Home » , » Lola Flores, Penyanyi & Penari Cantik Dari Spanyol

Lola Flores, Penyanyi & Penari Cantik Dari Spanyol

Lola Flores
Google Doodle, saat merayakan hari lahir Lola Flores ke-93
María Dolores “Lola” Flores Ruiz atau yang lebih dikenal dengan Lola Flores adalah nama perempuan yang berprofesi sebagai penari, penyanyi, dan aktris asal Spanyol.


Biografi

Lola Flores Lahir di Jerez de la Frontera pada 1923, ibunya adalah seorang penjahit, sedangkan sang Ayah memiliki usaha bar. Bakat menari dan menyanyi Lola sudah terlihat sejak keccil. Demi mendukung talenta sang putri, keluarga Lola pindah ke Madid untuk menyekolahkannya di bawah pengawasan seorang komposer terkenal kala itu, Quiroga.

Meski tak sepenuhnya berasal dari keturunan kaum nomaden yang dipercaya berasal dari Asia Selatan itu, namun figur Lola hampir selalu lekat dengan gipsi.

Flores muncul sebagai penari yang sangat terkenal serta penyanyi dari cerita rakyat Andalusia di umur yang muda. Dia berjuang serta bisa meraih keberhasilannya di bidang yang dijalani itu, yang mana puncaknya ketika beraksi dalam cerita rakyat menampakan dengan Manolo Caracol, yang artistik mitra sampai pada 1951.

Ia menikah pada 1958 dengan Antonio González el Pescaílla, gitaris dari Cataluña, Spanyol, yang Romani. dari pernikahan itu mempunyai tiga anak: Dolores (penyanyi dan aktris Lolita Flores); musisi rock, penyanyi serta artis film Antonio Flores; dan penyanyi dan aktris Rosario Flores.


Meninggal dunia

Lola Flores menghembuskan nafas terakhirnya setelah menderita kanker payudara di tahun 1995 (72 Tahun), mendiang Lola Flores diantarkan oleh ribuan pelayat. Mulai dari walikota Madrid dan Jerez, seorang bullfighter, Jose Ortega Cano, sutradara Pedro Almodovar, awam, hingga kaum gipsi.

Dia kemudian di makamkan di Cementerio de la Almudena di Madrid. Tak lama seterusnya, sang suami menyusulnya meninggal. Antonio dikabarkan tewas sebab mengalami verdosis.