Biografi Amalia Hernández - Koreografer Balet Meksiko

Amalia Hernández
Biodata:
  • Lahir: 1 September 1917, Meksiko
  • Meninggal: 5 November 2000, Ciudad de México, Meksiko
  • Pendidikan: Mexican Academy of Dance
  • Orang Tua: Amalia Navarro, Lamberto Hernández

Amalia Hernández Navarro adalah seorang koreografer balet Meksiko dan pendiri Ballet Folklorico de Mexico yang terkenal di dunia.

Hernández lahir dari perwira militer dan politisi Lamberto Hernández dan istrinya Amalia Navarro.

Dia adalah pelopor dalam mengembangkan Baile Folklorico, dan pada tahun 1952, Hernández mendirikan Ballet Folkloric Meksiko dengan hanya 8 penari. Pada tahun 1959, ansambel telah berkembang menjadi 60 pemain. Ini ditugaskan untuk mewakili Meksiko di Pan American Games di Chicago, Illinois, pada tahun 1959.

Sejak tahun 1960, Hernández menciptakan lebih dari 60 koreografi dan baletnya yang terkenal telah tampil tanpa terputus pada hari Minggu pagi dan Rabu malam di Istana Seni Rupa di Mexico City.

Selain itu, ia mendirikan Folkloric Ballet School di Mexico City, saudara laki-lakinya, arsitek Agustín Hernández, merancang bangunan tersebut pada tahun 1968.


Biografi

Lahir di Mexico City pada 1 September tahun 1917, Amalia Hernandez tumbuh dalam keluarga berada karena ayahnya adalah seorang pengusaha terkemuka yang memiliki keterlibatan militer dan politik. Amalia telah dikenal atas ketertarikannya pada seni, menjelaskan pelajaran seni, nyanyian, dan musik masa kanak-kanak. Orang tuanya mendorong minatnya untuk menari, ayahnya melangkah lebih jauh untuk membangun sebuah studio di rumah mereka. Ayahnya mengatakan, "... tidak ada alternatif lain selain menerima karir Amalia yang lahir untuk memiliki".

Saat usianya menginjak 17 tahun, Amalia memasuki Sekolah Tari Nasional yang disutradarai oleh Nellie Campobello, yang menandai dimulainya keterlibatan serius Amalia dalam menari. Setelah beberapa kali mengalami konflik dengan direktur sekolah, Amalia keluar dan menikah, menunda karirnya untuk sementara waktu. Pada akhirnya, seruan tarian itu terlalu kuat, karena ia mulai bekerja di Institut Seni Rupa sebagai guru dan koreografer tari modern. Dia merasa tidak puas dan tidak terpuaskan dengan tariannya, namun tidak dapat terhubung dengan tarian modern dan Eropa: "perasaan silangnya, meksikoism kontemporernya, bergetar dengan resonansi setengah berkembang, yang sudah didefinisikan dan di permukaan warna-warni México" . Dia beralih ke tarian budaya tradisional Meksiko, dan dengan demikian memulai keterlibatannya dengan folklorico baile.

Dia meninggal di Ciudad de México, Meksiko City 5 November 2000.


Ballet Folklorico de Mexico

Amalia Hernandez mendirikan perusahaan tari pada tahun 1952, memilih untuk bercabang dengan pengalamannya dan mengikuti jalan kreatifnya yang spesifik. Kelompok itu kecil, yang terdiri dari hanya delapan anggota di awal, dan untuk debut mereka, Amalia mempresentasikan Melodies Michoacan yang sekarang terkenal. Pada tahun 1954, kesempatan untuk tampil di televisi menampilkan dirinya dalam bentuk program Funcion de Gala.

Inilah saat momentum mulai benar-benar bangkit, kelompok tersebut melakukan tarian baru setiap siaran mingguan. Sukses diraih, dan Amalia tidak hanya menjadi sutradara; kelompok tersebut diperluas menjadi dua puluh anggota pada akhir episode 67. Dengan jumlah keberhasilan yang kecil itu, pengakuan tersebut mendapat pengakuan, dan perusahaan Amalia mendapatkan perhatian dari departemen pariwisata. Pemerintah mendukung kelompoknya, membantu dia dalam tur Amerika Utara dalam representasi Meksiko, hasilnya benar-benar positif. Pada tahun 1959, kelompok ini telah berkembang menjadi enam puluh anggota dan ditugaskan untuk berpartisipasi dalam Panamerican Games di Chicago atas nama Meksiko.

Saat dilempar ke panggung nasional, Amelia dan perusahaannya bekerja lebih keras, menciptakan 40 tarian yang berbeda pada tahun 1960an saja. Setelah dari sana, keunggulan Amelia sebagai ikon budaya hanya disemen lebih lanjut, saat ia pergi ke koreografi sekitar 70 tarian, dengan pertunjukan di seluruh dunia. Faktanya, perusahaan telah "melakukan lebih dari 15.000 kali untuk jumlah penonton lebih dari 22 juta orang", salah satu pertunjukan untuk John F. Kennedy selama masa kepresidenannya.


Signifikansi budaya

Amalia selalu vokal tentang cintanya kepada wanita asalnya Meksiko, tapi dia berhati-hati untuk memberi arti penting pada budaya Mesoamerika, menyoroti mereka bila mungkin melalui tariannya. Tujuannya adalah untuk menyampaikan keragaman Meksiko, sementara juga mengeksplorasi budaya dan tradisi pra-Columbus. Dia menjadi simbol bagi Mexicanidad, pencarian tarian inklusi pribumi merupakan indikasi dedikasinya terhadap penyajian identitas Meksiko yang realistis (yaitu tidak hanya dipengaruhi oleh Barat).

Cinta Aminah Hernandez tentang indigeneity juga telah memperkuat citra asli Meksiko di seluruh dunia, akibat langsung kehadiran perusahaan di seluruh dunia. Ini telah membantu mengenali budaya Meksiko yang unik, sekaligus mempromosikan rasa kebanggaan nasional dalam hal tarian folklorico. Selain itu, Amelia tidak menghindar dari perbedaan daerah, tariannya berfokus pada area geografis dan area budaya tertentu di Meksiko untuk memberikan pandangan yang beragam tentang Meksiko. Misalnya, tariannya yang paling terkenal (Melodies of Michoacan, Deer Dance, Jalisco, Fandangos) semua menyoroti daerah-daerah tertentu di Meksiko, bersamaan dengan tradisi budaya mereka.


Google rayakan ulang tahun Amalia Hernández ke-100

Amalia Hernández dalam Google Doodle
Pada hari Selasa, 18 September 2017, halaman utama Google Selasa dihiasi dengan ilustrasi gambar penari warna warni. Google Doodle ini dalam rangka mengenang 100 tahunnya Amalia Hernandes.


Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Amalia_Hernández