Profil I Gusti Ayu Bintang Darmawati - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia ke-10

I Gusti Ayu Bintang Darmawati adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo - Ma'Ruf Amin. Ia adalah istri dari Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga adalah Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia (UMKM) pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo yang menjabat sejak 27 Oktober 2014.

I Gusti Ayu Bintang Darmawati
Perempuan kelahiran Bali, 24 November 1968 itu aktif di Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas), menjabat sebagai Ketua Bidang Manajemen Usaha. Ia juga dipercaya sebagai Ketua Bidang II Penggerak PKK, serta Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja.

Pada Mei 2019, melalui lelang, Bintang berhasil menjadi satu dari delapan pejabat Eselon II Pemkot Denpasar. Ia dilantik sebagai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Denpasar. Tak hanya aktif di pemerintahan, Bintang juga punya kegemaran di bidang olahraga, khususnya tenis meja.

Ia pernah menjuarai Kejuaraan Tenis Meja PB Perwosi Oktober 2010 di GOR Sumantri Brojonegoro. Kecintaannya pada tenis meja membawa Bintang pada berbagai pertandingan. Ia bahkan menjabat sebagai Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMS) Bali pada 2015-2019. Ia juga merintis kejuaraan tenis meja antar PKK banjar se-kota Denpasar pada 2002.