Biografi dan Penemuan Fritz Pfleumer - Penemu Pita Perekam suara

tonschreiber, magnetophone, magnetophone band basf, magnaphone definition, tape and disk recorders that are used for playing back recordings, when were portable tape recorders invented, tape recorder slideshare, cassette tape speed

Sistem perekaman suara digital yang sekarang ini banyak digunakan, seperti merekam suara penyanyi melalui Mikropon dan disimpan dalam media Hard disk komputer, atau merekam suara yang disimpan di dalam media penyimpanan handphone memiliki sejarah penemuan yang jarang diketahui.

Biografi Fritz Pfleumer - Penemu Pita perekam suara

Adalah Fritz Pfleumer, seorang insinyur Jerman-Austria yang menemukan pita magnetik untuk merekam suara. Fritz lahir lahir pada 20 Maret 1881 di Salzburg dari pasangan Robert (ayah) (1848-1934) lahir di Greiz, dan ibunya Minna (1846-1932) lahir di Freiberg. Fritz memiliki lima saudara kandung yakni Mimi, Hans, Hermann, Otto, dan Mizi. Salah satunya, Hans, beremigrasi ke Amerika Serikat.

Tahun 1928, Fritz Pfleumer berhasil mengembangkan media perekaman dengan menggunakan sistem kertas berbentuk pita. Hasil karya Fritz Pfleumer itu menggunakan prinsip dasar yang sama dengan pita ciptaan O’Neill (Penemu Pita perekam sebelumnya). 

O’Neill menggunakan sistem perekaman magnetik yang memakai pita berlapis baja oksida sebagai medianya. Penemuannya itu mengubah penggunaan kabel baja yang sebelumnya banyak digunakan. O’Neill membuat permukaan pita yang cukup lebar, sehingga memungkinkan spektrum suara direkam secara serentak, dan lebih mudah.

Biografi Fritz Pfleumer - Penemu Pita perekam suara
Fritz Pfleumer dengan pita perekam (audio/tape recorder)

Pfleumer telah mengembangkan suatu proses untuk menempatkan garis-garis logam pada kertas r0k0k yang sama dengan pita magnetik, yang akan digunakan sebagai alternatif pengganti kawat rekaman. Pada tahun 1927, setelah bereksperimen dengan berbagai bahan, Pfleumer menggunakan kertas yang sangat tipis yang ia dilapisi dengan bubuk oksida besi dan menggunakan lacquer sebagai perekat.

Produksi dan pengembangan penemuan Pfleumer itu dilakukan oleh sebuah perusahaan kimia Jerman, AEG. Proses produksi pada perusahaan besar itu dapat dilakukan dengan lebih cepat, dan dapat memenuhi kebutuhan pasar dunia saat itu.

Perusahaan AEG lalu menjual temuan itu kepada perusahaan BASF, yang berhasil mengembangkan media rekam yang jauh lebih efektif. Mereka mengganti penggunaan pita kertas dengan pita selulose asetat, yang lebih baik dalam merekam suara.

Tahun 1932, purusahaan BASF kembali melakukan pengembangan pita perekam suara. Kali ini mereka memproduksi pita rekaman magnetik dengan bahan dasar plastik, seperti pita rekam yang kita kenal saat ini.

Perekaman menggunakan pita magnetik secara komersial pertama kali dilakukan oleh BASF di pabrik mereka di Ludwigshafen, Jerman, pada 19 November 1936, dengan menampilkan musik dari London Philharmonic Orchestra.

Atas temuannya Fritz Pfleumer menerima paten pada tahun 928. Pada 1 Desember 1932 Pfleumer memberikan hak kepada AEG untuk menggunakan penemuannya dalam membuat tape recorder praktis pertama di dunia dengan nama Magnetophon K1. Alat tersebut pertama kali didemonstrasikan di IFA pada tahun 1935.

Sumber: Yenne, Bill dan Morton Grosser. 100 Penemuan yang Berpengaruh di Dalam Sejarah Dunia. Tanggerang: Karisma, en.wikipedia