Profil Hans Lippershey - Penemu Teleskop yang gagal Mendapatkan Paten

Hans Lipperhey juga dikenal dengan nama Johann Lippershey atau Lippershey, adalah seorang pembuat kacamata asal Jerman - Belanda. Ia umumnya dikaitkan dengan penemuan teleskop, karena ialah orang pertama yang mencoba mendapatkan paten untuk teleskop tersebut. Hingga kini masih tidak jelas apakah dia penemu teleskop pertama kali.

Lipperhey lahir di Wesel (sekarang Jerman bagian barat)  sekitar tahun 1570. Ia menetap di Middelburg, ibu kota provinsi Zeeland, sekarang di Belanda. Tahun 1594, menikah pada tahun yang sama dan menjadi warga negara Zeeland pada tahun 1602. Saat itu ia menjadi ahli lensa dan pembuat kacamata. Dia tinggal di Middelburg sampai kematiannya, pada bulan September 1619.

Profil Hans Lippershey - Penemu Teleskop yang gagal Mendapatkan Paten

Penemuan teleskop

Hans Lipperhey dikenal karena catatan tertulis paling awal tentang pembiasan teleskop, paten yang ia ajukan pada tahun 1608. Karyanya yakni perangkat optik tumbuh dari karyanya sebagai pembuat kacamata, sebuah industri yang telah dimulai di Venesia dan Florence pada abad ketiga belas, kemudian diperluas ke Belanda dan Jerman.

Lipperhey mengajukan permohonan kepada Jenderal Negara Belanda pada tanggal 2 Oktober 1608 untuk mendapatkan paten atas instrumennya " untuk melihat benda-benda yang jauh seolah-olah berada di dekatnya ", beberapa minggu sebelum paten pembuat instrumen Belanda lainnya, yaitu Jacob Metius. Lipperhey gagal menerima hak paten karena klaim penemuan yang sama juga dibuat oleh pembuat kacamata lainnya namun ia mendapat imbalan yang besar dari pemerintah Belanda atas salinan desainnya.

Permohonan paten Lipperhey disebutkan di akhir laporan diplomatik tentang kedutaan besar Kerajaan Siam ke Belanda yang dikirim oleh raja Siam Ekathotsarot : Ambassades du Roy de Siam envoyé à l'Excellence du Prince Maurice, arrivé à La Haye le 10 September. 1608 ( Kedutaan Besar Raja Siam dikirim kepada Yang Mulia Pangeran Maurice, tiba di Den Haag pada tanggal 10 September 1608 ). Laporan ini dikeluarkan pada bulan Oktober 1608 dan didistribusikan ke seluruh Eropa, yang mengarah pada eksperimen oleh ilmuwan lain, seperti Paolo Sarpi dari Italia, yang menerima laporan tersebut pada bulan November, Thomas Harriot dari Inggris, yang menggunakan teleskop bertenaga enam pada musim panas. 1609, dan Galileo Galilei, yang menyempurnakan perangkat tersebut.

Ada banyak cerita tentang bagaimana Lipperhey menemukan penemuannya. Salah satu versi Lipperhey mengamati dua anak bermain dengan lensa di tokonya dan berkomentar bagaimana mereka dapat membuat baling-baling cuaca yang jauh tampak lebih dekat ketika melihatnya melalui dua lensa. Cerita lain menyebutkan murid Lipperhey yang mengemukakan idenya atau Lipperhey meniru penemuan orang lain. Instrumen asli Lipperhey terdiri dari dua lensa cembung dengan bayangan terbalik atau lensa objektif cembung dan lensa mata cekung sehingga memiliki bayangan tegak. "Kaca perspektif Belanda" ini (nama " teleskop " baru ditemukan tiga tahun kemudian oleh Giovanni Demisiani ) memiliki perbesaran tiga kali (atau 3X) .

Kawah bulan Lippershey , planet kecil 31338 Lipperhey , dan planet ekstrasurya Lipperhey (55 Cancri d) dinamai menurut namanya.

Hans Lippershey meninggal dunia pada September 1619 (usia 48–49) di Middelburg, Republik Belanda. (sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Hans_Lipperhey)