Biografi Henrich Focke - Penemu Helikopter Asal Jerman

Henrich Focke adalah seorang pionir penerbangan Jerman dari Bremen dan juga salah satu pendiri perusahaan Focke-Wulf. Ia dikenal sebagai penemu Fw 61, helikopter Jerman pertama yang sukses. Dia dikenal karena telah mengembangkan sistem propulsi poros turbo yang digunakan untuk sebagian besar helikopter di dunia.

Biografi Henrich Focke - Penemu Helikopter Asal Jerman
Biografi

Henrich Focke Lahir di Bremen pada 8 Oktober 1890, Focke belajar di Hanover, di sana ia berteman dengan Georg Wulf tahun 1911. Pada tahun 1914, ia dan Wulf mendaftar ke dinas militer, dan Focke ditangguhkan karena masalah jantung, namun akhirnya direkrut menjadi seorang resimen infanteri. Setelah ditugaskan di bagian depan Timur, ia dipindahkan ke Imperial German Army Air Service.

Focke lulus pada tahun 1920 sebagai Dipl-Ing (MS) dengan perbedaan. Pekerjaan pertamanya adalah dengan Perusahaan Francke Bremen sebagai perancang sistem air-gas. Pada saat yang sama ia melanjutkan eksperimen aeronautika, ia dan Wulf membangun mesin baru A VII dari A VI.


Penemuan Helikopter pertama

Biografi Henrich Focke - Penemu Helikopter Asal Jerman
Focke-Wulf Fw 61- helikopter praktis, fungsional pertama. Pertama kali terbang pada tahun 1936 yang dikenal dengan nama Fa 61.

Pada tahun 1923, dengan Wulf dan Dr Werner Naumann, Focke mendirikan Focke-Wulf Flugzeugbau GmbH-. Wulf meninggal dalam kecelakaan tahun 1927 di F19 "Ente" canard monoplane.

Pada tahun 1930 Focke ditawari posisi di Danzig Institute of Technology, suatu kehormatan yang ia tolak. Pada tahun 1931 kota Bremen memberinya gelar Profesor. Pada tahun yang sama, Focke-Wulf bergabung dengan  perusahaan Albatros Flugzeugwerke.

Focke-Wulf mendirikan Juan de la Cierva 's C.19 dan C.30 autogyros di bawah lisensi dari tahun 1933, dan Focke terinspirasi olehnya untuk merancang helikopter praktis pertama di dunia, Focke-Wulf Fw 61, yang pertama terbang pada tanggal 26 Juni tahun 1936 oleh Hanna Reitsch di Stadion Balai Deutschland pada 1930-an.

Helikopter yang sukses terbang pertama dilakukan oleh jenis Fock Wulf FW-61 berotor ganda yang didesain oleh Professor Heinrich Focke pada tahun 1933-1934. Helikopter ini melakukan terbang perdananya pada 26 Juni 1936 dan ditenagai oleh mesin Siemens-Halske Sh 14A bertenaga 160 hp. Heli ini diterbangkan oleh Ewald Rohlfs. Heli ini mencatat rekor terbang sejauh 122,35 km dan lama terbang satu jam 20 menit 49 detik. Pada waktu lain ia terbang hingga ketinggian 3427 meter dan rekor kecepatan 122 km/jam.


Perusahaan baru

Pada tahun 1936 Focke digulingkan dari perusahaan Focke-Wulf oleh tekanan pemegang saham. Tapi setelah itu terjadi,  Kementerian Udara yang telah terkesan dengan helikopter Fw 61, menyarankan agar Focke mendirikan sebuah perusahaan baru yang didedikasikan untuk pengembangan helikopter dan dengan syarat agar mendesain helikopter yang mampu membawa 700 kg (1.500 lb) payload.

Pada 27 April 1937 Focke mendirikan perusahaan Focke-Achgelis dengan Gerd Achgelis, dan mulai bekerja mengembangkan di Delmenhorst pada tahun 1938. Perusahaan baru membangun eksperimental Fa 225 menggunakan pesawat dari DFS 230 glider dan rotor dari Fa 223 Proyek lain. adalah Fa 330 layang-layang dengan rotor, mampu digunakan oleh kapal selam, kemudian digunakan sebagai spotter diderek. Itu disimpan dalam wadah kedap air di dek dari U-boat dan digunakan selama perang. Sebuah versi layang-layang bertenaga akan menjadi Fa 336 dalam tahap desain ketika perang berakhir dan dibangun di Perancis pasca-perang untuk pengujian.

Focke kemudian memproduksi helikopter transportasi dengan nama Fa 223,  Fa 224, 266 Fa, Fa 269, 283 Fa, Fa 284, dan Fa 336 selama Perang Dunia II. Model selanjutnya digunakan sebagai transportasi pasukan gunung, penyelamatan, dan pemulihan pesawat jatuh. Helikopter ini memiliki senapan mesin, dan bisa membawa satu atau dua bom  tapi Drache tidak pernah digunakan untuk pertempuran.

Focke meninggal di Bremen pada 25 Februari 1979.  (Sumber: en.wikipedia.org "Henrich Focke")