Profil Igor Ivanovich Sikorsky - Penemu Helikopter Moderen

Igor Ivanovich Sikorsky adalah ilmuwan kelahiran Kiev, Russian Empire (saat ini Ukraine). Ia dikenal sebagi salah satu pelopor atau penemu Helikopter modern. Paten pertamanya adalah untuk "direct lift aircraft", dan dianugerahi paten nomor 1.994.488 pada tanggal 19 Maret 1935 atas desain rencanganya. Sikorsky sukses dengan VS-300 mengarah ke R-4, yang menjadi helikopter pertama di dunia yang diproduksi massal pada tahun 1942.

Igor Sikorsky menaruh minat pada penerbangan dengan merancang berbagai pesawat model di antaranya berupa helikopter sejak usia dini. Pada awalnya dia masuk Naval Academy di St. Petersburg yang kemudian mengundurkan diri dan pergi ke Paris untuk mendalami ilmu teknik dan penerbangan. Setelah dari Paris, dia kembali ke Kiev, Ukraina dan mengembangkan helikopter namun gagal. Revolusi Bolshevik memaksa Sikorsky hijrah ke Paris dan selanjutnya menetap di Amerika Serikat.

Pada tahun 1939 dia menerbangkan helikopter pertamanya VS-300 dan selama pengembangannya, helikopternya mencatat berbagai rekor penerbangan. Sampai memasuki abad ke-21 ada sekitar 40.000 helikopter buatan Sikorsky terbang diberbagai belahan dunia ini.

Profil Igor Ivanovich Sikorsky - Penemu Helikopter Moderen
Biografi

Igor Ivanovich Sikorsky lahir pada 25 Mei 1889 di Kiev, Russian Empire (saat ini Ukraine) anak bungsu dari lima bersaudara. Ayahnya, Ivan Alexeevich Sikorsky adalah Seorang profesor psikologi, keturunan Polandia - Rusia. Ivan adalah anak dan cucu dari pendeta Ortodoks Rusia. Ibu Igor Sikorsky, Mariya Stefanovna Sikorskaya adalah seorang dokter. Igor sangat menyukai seni, terutama karya Leonardo da Vinci, dan cerita Jules Verne.

Pada tahun 1900 saat Igor berusia 11 tahun, ia bersama ayahnya pergi ke Jerman, di sanalah ia mulai tertarik dalam ilmu alam. Setelah kembali ke rumah, Sikorsky mulai bereksperimen dengan model mesin terbang. Saat berusia 12 tahun ia telah mampu membuat pita karet kecil bertenaga helikopter.

Sikorsky mulai belajar di Naval Academy, Saint Petersburg Rusia, pada tahun 1903 di usia 14. Pada tahun 1906, dia menetapkan bahwa masa depannya terletak pada teknik, sehingga ia mengundurkan diri dari Akademi, meskipun prestasinya di akademi memuaskan, ia meninggalkan Rusia untuk belajar di Paris.

Ia kembali ke Rusia pada tahun 1907, mendaftar di Sekolah Tinggi Teknik (Institut Politeknik Kiev). Setelah tahun akademik, Sikorsky kembali menemani ayahnya ke Jerman pada musim panas 1908, di sana ia mempelajari karya Wright bersaudara (Penemu pesawat terbang), Sikorsky kemudian mengatakan bahwa : " Dalam dua puluh empat jam, saya memutuskan untuk mengubah pekerjaan hidup saya, saya akan mempelajari penerbangan.. "

Sikorsky menikah dengan Olga Fyodorovna Simkovitch di Rusia. Mereka bercerai dan Olga tetap di Rusia dengan putri mereka dan Sikorsky berangkat ke amerika menjelang Revolusi Oktober. Sikorsky menikahi Elisabeth Semion pada tahun 1924, di New York. Dari pernikahan tersebut mereka memiliki empat putra Sergei, Nikolai, Igor Jr dan George.

Sikorsky meninggal di rumahnya di Easton, Connecticut, pada tanggal 26 Oktober 1972, dan dimakamkan di Pemakaman Saint Yohanes di Stratford. Sikorsky telah ditetapkan sebagai Connecticut Aviation Pioneer oleh Legislatif Negara Connecticut. Sikorsky Aircraft Corporation di Stratford Connecticut, sampai dengan hari ini menjadi salah satu produsen helikopter terkemuka di dunia. Sebuah bandara kecil di dekatnya diberi nama Bandara Memorial Sikorsky.


Pengembangan awal helikopter

Dengan dukungan keuangan dari adiknya Olga, Sikorsky kembali ke Paris pada 1909 untuk mempelajari aeronautika di Sekolah Penerbangan "Ecole des Teknik Aéronautiques et de Konstruksi Automobile (ETACA)" dan membeli suku cadang pesawat. Pada saat itu, Paris merupakan pusat dunia penerbangan. Sikorsky bertemu dengan para perintis penerbangan, dan meminta mereka menjawab pertanyaan tentang pesawat dan terbang. Pada bulan Mei 1909, ia kembali ke Rusia dan mulai merancang helikopter pertamanya, ia mulai menguji pada bulan Juli 1909. Meskipun kemajuan dalam menyelesaikan masalah teknis kontrol, Sikorsky menyadari bahwa pesawatnya tidak akan pernah terbang. Dia akhirnya membongkar pesawat rancangannya pada bulan Oktober 1909.

Pada awal tahun 1912, Igor Sikorsky menjadi Chief Engineer dari divisi pesawat untuk Russko Baltiisky Vagonny ZAVOD atau R-BVZ di Saint Petersburg. Saat di R-BVZ ia ,membuat konstruksi pesawat bermesin empat pertama yaitu S-21 Russky Vityaz atau dikenal dengan Le Grand. Dia juga menjabat sebagai penguji coba penerbangan pertama pada 13 Mei 1913. Dalam pengakuan atas prestasinya, ia dianugerahi gelar kehormatan di bidang teknik dari Institut Politeknik Saint Petersburg pada tahun 1914. Sikorsky mengambil pengalaman dari gedung Vityaz Russky untuk mengembangkan pesawat S-22 Muromets Ilya. Saat terjadi pecahnya Perang Dunia I, ia mendesain ulang pesawat pembom pertama di dunia yang bermesin empat, yang dihiasi dengan Ordo St Vladimir.


Paten

Sementara itu, Sikorsky juga terus mengembangkan penerbangan vertikal. Pada tanggal 14 Februari 1929, ia mengajukan hak paten untuk aplikasi "lift direct" untuk pesawat amfibi. Pada tanggal 27 Juni 1931, Sikorsky mengajukan paten lain lainnya yaitu "direct lift aircraft", dan dianugerahi paten nomor 1.994.488 pada tanggal 19 Maret 1935 atas desain rencanganya.

Sikorsky sukses dengan VS-300 mengarah ke R-4, yang menjadi helikopter massal pertama di dunia yang diproduksi pada tahun 1942. Sikorsky mengkonfigurasi VS-300 menggunakan rotor, yang terdiri dari sebuah rotor utama tunggal dan rotor ekor antitorque tunggal. VS-300 menjadi salah satu model helikopter yang paling populer, dan paling banyak digunakan dalam produksi helikopter saat ini. Dengan semua ini Sikorsky di sebut sebut sebagai penemu helikopter modern.

Profil Igor Ivanovich Sikorsky - Penemu Helikopter Moderen
Pesawat, kapal terbang, dan Helikopter karya Igor Ivanovich Sikorsky

Daftar pesawat yang dirancang oleh Sikorsky

  1. Helikopter rancangan pertama H-1 Sikorsky, 1909
  2. Helikopter rancangan kedua H-2 Sikorsky, 1910
  3. Biplan pendorong bermesin tunggal S-1, desain sayap tetap pertama Sikorsky, 1910
  4. Biplan traktor bermesin tunggal S-2 dikembangkan dari S-1, 1910
  5. S-3 versi yang diperbesar dan ditingkatkan dari S-2, 1910
  6. S-4 konsep biplan satu kursi, bermesin tunggal yang dikembangkan dari S-3, tidak pernah diterbangkan, 1911
  7. S-5 biplan satu kursi, bermesin tunggal, pesawat praktis pertama Sikorsky, 1911
  8. S-6 biplan tiga tempat duduk, bermesin tunggal, 1912
  9. S-7 pesawat udara bersayap sepasang, dua tempat duduk, bermesin tunggal, 1912
  10. Pesawat latih biplan bermesin tunggal, dua kursi S-8 , 1912
  11. S-9 Krugly pesawat udara bersayap sepasang, tiga tempat duduk, bermesin tunggal, 1913
  12. S-10 Pesawat pengintai/pelatih biplan, lima kursi bermesin tunggal, S-10 dikembangkan dari S-6, 1913
  13. S-11 Polukrugly prototipe pesawat udara bersayap sepasang, pengintai sayap tengah, dua tempat duduk, bermesin tunggal, 1913
  14. S-12 satu kursi, pesawat latih bermesin tunggal, pesawat Sikorsky yang paling sukses di Rusia, 1913
  15. Desain yang diusulkan S-13 dan S-14 , tidak pernah selesai karena tidak tersedianya mesin
  16. Pesawat apung pembom ringan bermesin tunggal S-15 , 1913
  17. S-16 pesawat tempur pengawal, dua kursi, bermesin tunggal, 1914–1915
  18. Biplan pengintai dua tempat duduk, bermesin tunggal S-17 berdasarkan S-10, 1915
  19. S-18 pesawat tempur/pencegat biplan pendorong, dua kursi, bermesin ganda
  20. Pesawat tempur biplan dua kursi S-20 , 1916
  21. S-21 Russky Vityaz pesawat biplan bermesin empat, pesawat bermesin empat pertama yang sukses, 1913
  22. S-22–S-27 Ilya Muromets pesawat biplan bermesin empat dan pembom berat, 1913
  23. Avion Atlas mengusulkan pembom biplan bermesin empat untuk Prancis, dibatalkan karena berakhirnya Perang Dunia I, 1918
  24. IS-27 Battleplane mengusulkan pembom berat biplan bermesin empat, yang dikembangkan dari Avion Atlas, untuk USAAS, 1919
  25. S-28 memproyeksikan pesawat biplan bermesin empat; Desain Amerika pertama Sikorsky, 1919
  26. S-29-Sebuah pesawat biplan bermesin ganda, 1924
  27. Amfibi bermesin ganda S-34 , 1926 : 167, 180 
  28. Trimotor S-35 dibuat untuk upaya René Fonck memenangkan Hadiah Orteig, 1926 : 169–178 
  29. Amfibi bermesin ganda S-36 , 1927 : 182 
  30. S-37 bermesin ganda dibuat untuk René Fonck, tetapi kemudian diubah menjadi pesawat penumpang, 1927 : 180–182 
  31. Kapal terbang sepuluh kursi bermesin ganda S-38 , 1928: 182–183 
  32. Amfibi bermesin empat S-40 dibuat untuk Pan Am, 1931 : 187–193 
  33. S-42 Clipper – kapal terbang, 1934
  34. S-43 versi yang diperkecil dari S-42, 1934
  35. Helikopter prototipe eksperimental VS-300 , 1939
  36. Kapal terbang VS-44 , 1942
  37. Helikopter produksi R-4 pertama di dunia, 1942


Sumber: