Biografi Heinrich Göbel Legenda Sang Penemu Bola Lampu

Heinrich Göbel, atau Henry Goebel  adalah seorang mekanik dan penemu presisi Amerika kelahiran Jerman. Pada tahun 1848 dia beremigrasi ke kota New York, di sana dia tinggal hingga kematiannya dan menerima kewarganegaraan Amerika pada tahun 1865.

Pada tahun 1893, majalah dan surat kabar melaporkan bahwa 25 tahun sebelumnya, Göbel telah mengembangkan bola lampu pijar yang sebanding dengan yang ditemukan pada tahun 1879 oleh Thomas Alva Edison. Namun Göbel tidak mengajukan paten.

Pada tahun 1893, Perusahaan Lampu Listrik Edison menggugat tiga produsen lampu pijar karena melanggar paten Edison. Pembelaan perusahaan-perusahaan ini mengklaim paten Edison batal karena penemuan yang sama oleh Göbel 25 tahun sebelumnya, yang kemudian dikenal sebagai "Goebel-Defense" (pertahanan Göbel).

Hakim dari empat pengadilan mengajukan keraguan; tidak ada bukti yang jelas dan meyakinkan atas penemuan yang diklaim tersebut. Sebuah karya penelitian yang diterbitkan pada tahun 2007 menyimpulkan bahwa Goebel-Defense adalah penipuan.

Setelah kematian Göbel, di beberapa negara, muncul legenda bahwa dialah penemu sejati bola lampu pijar praktis.

Penemuan Göbel yang memiliki paten

  1. Perbaikan mesin jahit (1865)
  2. Perbaikan pompa Geissler (1882)
  3. Teknik menghubungkan benang karbon ke kabel logam pada lampu pijar (1882).

Biografi Heinrich Göbel Legenda Sang Penemu Bola Lampu
Biografi

Springe, Jerman 1818–1848

Heinrich Göbel lahir di Springe dekat Hanover di Jerman pada tanggal 20 April 1818. Ayahnya, Heinrich Christian Göbel adalah seorang tukang kebun dan menjadi penjual coklat dari rumah ke rumah. Ibunya bernama Marie Eleonore née Hüper. Saat itu Springe adalah sebuah desa kecil di Kerajaan Hanover dengan penduduk kurang dari 2.000 jiwa. Kebanyakan dari mereka bekerja di bidang pertanian.

Heinrich Göbel menyelesaikan sekolah pada tahun 1832 dengan nilai buruk. Salah satu guru berkomentar, "Dia nampaknya memiliki pikiran yang kreatif. Alasan dari nilai buruk tersebut tampaknya karena penyakitnya yang berkepanjangan."

Pada tahun 1834, ahli tukang kunci Gerhard Linde dari Springe menerima Göbel untuk magang selama tiga tahun.

Göbel mulai bekerja sebagai mekanik reparasi pada tahun 1837. Kemudian pada tahun 1850-an di New York, ia mencantumkan tahun 1837 sebagai tanggal pendirian bisnisnya pada kartu nama tokonya.

Pada tahun 1844, Göbel menikah dengan Sophie Lübke née Rodewig. Dia menjalankan bisnisnya sendiri dalam memperbaiki dan menjual jam. Putranya Johann Carl lahir pada tahun 1846, dan putrinya Marie Sophie pada tahun 1848.

Pada tahun 1848, pada usia 30 tahun, Göbel dan keluarganya beremigrasi ke kota New York. Mereka meninggalkan Jerman pada tahun 1848 dengan kapal layar JWAndrews , tiba pada bulan Januari 1849. Menurut daftar penumpang kapal, ia menjadikan "mekanik" sebagai profesinya. Alasan emigrasi tidak diketahui.


New York 1849–1893

Di New York City, Göbel membuka toko di Monroe Street. Judulnya adalah Toko Perhiasan, Horologi, dan Ahli Kacamata. Untuk mendapatkan lebih banyak uang, Göbel membuat teleskop. 

Pada tanggal 23 Maret 1865, ia mengambil sumpah berdasarkan Konstitusi Amerika Serikat dan selanjutnya menjadi warga negara Amerika.

Pada tanggal 9 Mei 1865, Göbel memperoleh Paten AS No. 47.632 "Hemmer untuk mesin jahit". Namun, Ia tidak berhasil menjual patennya.

Pada tahun 1881, Göbel Goebel bekerja untuk American Electric Light Co. Jelas terdapat kebutuhan akan mekanika presisi untuk konstruksi lampu listrik. Selanjutnya, ia memproduksi filamen karbon di tokonya untuk perusahaan tersebut.

Pada tanggal 30 April 1882, New York Times melaporkan pameran bola lampu pijar di toko Göbel. Menurut laporan ini, Göbel menyatakan bahwa lampu listrik bukanlah penemuan baru seperti yang diperkirakan orang dan dia mengetahui jenis lampu ini sejak berada di Jerman. Ia mengaku memproduksi lampu listrik sejak tahun 1850-an tanpa memberikan rincian teknisnya. Lampu yang dipamerkan adalah bola lampu pijar dengan filamen karbon berdaya tahan tinggi yang terbuat dari serat alang-alang.

Pada akhir tahun 1880-an, Göbel pensiun dan putranya Henry menjadi pemilik toko. Heinrich Göbel meninggal pada tanggal 4 Desember 1893 karena pneumonia. Ia dimakamkan di Pemakaman Green-Wood.


Investigasi

Investigasi dalam beberapa tahun terakhir sebagian menguatkan temuan artikel Tanner. Satu hal penting adalah, belum ada sumber yang dapat mengkonfirmasi dugaan sumber pengetahuan Goebel di bidang fisika kelistrikan dan vakum. Goebel mengklaim bahwa dia pernah bekerja sama dengan Profesor Münchhausen pada tahun 1840-an, bahwa dia telah membuat peralatan untuk eksperimen di Universitas Leibniz Hannover (saat itu disebut Höhere Gewerbeschule ), bahwa dia telah membantu eksperimen yang berkaitan dengan lampu listrik, bahwa dia telah mendapat ide dan konsep dasar perancangan lampu pijar listrik dari Profesor Münchhausen dan ia melanjutkan eksperimennya sendiri pada lampu listrik di New York. Seseorang yang Profesor Münchhausen tidak dikenal di Kerajaan Hanover pada tahun 1830-an dan 1840-an, tidak ada dokumentasi eksperimen lampu listrik di Kerajaan Hanover pada tahun 1840-an dan tidak ada sumber pengiriman peralatan atau hubungan apa pun dengan Henry Goebel ke Universitas Leibniz Hannover saat ini.

Sebagai salah satu hasil investigasi di Jerman dan Amerika serta analisis terhadap seluruh dokumen litigasi dengan Goebel-Defense Hans-Christian Rohde dinyatakan dalam disertasinya, bahwa tidak ada sumber dari masa sebelum tahun 1880 yang mendukung asumsi a hubungan Henry Goebel dengan lampu pijar sebelum tahun 1880. Tesisnya adalah, Henry Goebel mendapat ilmu tersebut ketika bekerja di American Electric Light Co. pada tahun 1881 dan sebelumnya tidak sibuk dengan lampu pijar.

Sumber: