Profil Briptu Renita Rismayanti Peraih Penghargaan Polwan Terbaik 2023 dari PBB

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberi penghargaan kepada Briptu Renita Rismayanti asal Indonesia sebagai perwira polisi wanita terbaik 2023. Penghargaan diberikan selama Pekan Polisi PBB di Markas Besar PBB pada hari Kamis (16/11/2023). Penghargaan tersebut diberikan atas peran Briptu Renita Rismayanti sebagai pasukan perdamaian PBB.

Penghargaan Polisi Wanita Terbaik merupakan penghargaan yang dibuat sejak 2011 untuk mengakui kontribusi polwan dalam operasi perdamaian PBB dan mempromosikan pemberdayaan perempuan.

Memulai profesinya di Kepolisian RI (Polri), Briptu Renita Rismayanti kini bertugas sebagai Petugas Basis Data Kriminal (Crime Database Officer) di Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah.

Ia membantu membuat konsep dan mengembangkan basis data kriminal yang memungkinkan Polisi PBB memetakan, menganalisis titik-titik kejahatan atau kekacauan. Dampaknya, bisa membantu pasukan keamanan merencanakan operasi mereka dengan lebih baik dalam mendukung penduduk lokal.

Wakil Sekretaris Jenderal Operasi Perdamaian, Jean -Pierre Lacroix mengatakan, Renita Rismayanti memanfaatkan data dari PBB dan kepolisian Republik Afrika Tengah untuk meningkatkan keamanan komunitas rentan, termasuk perempuan dan anak-anak.


Profil Briptu Renita Rismayanti
Profil Briptu Renita Rismayanti Peraih Penghargaan Polwan Terbaik 2023 dari PBB
Renita Rismayanti

Rismayanti lahir di Magelang pada 28 Oktober 1996. Di usianya yang ke-27, wanita yang akrab disapa Nita ini memiliki pangkat Brigadir Polisi Satu atau Briptu.

Renita Rismayanti memulai karier di Polri sebagai petugas informasi publik pada 2014. Renita juga pernah bekerja di bidang pelatihan, administrasi, dan logistik.

Di Indonesia, Renita tergabung ke dalam Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) yang diketuai oleh Kadivhubinter Polri, Irjen Pol Krishna Murti. 

Renita dikenal memiliki kemampuan dalam berbahasa daerah dan asing. Dia juga memiliki kemampuan di bidang teknologi dan data.


Pengembangan desain dan basis data kriminal dan gangguan publik

Briptu Renita Rismayanti ditugaskan menjadi Petugas Basis Data Kriminal (Crime Database Officer) di Misi Stabilisasi Terintegrasi Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah (MINUSCA).

Di PBB, Renita bertugas menyusun desain dan mengembangkan basis data kriminal dan gangguan publik di Afrika Tengah. Data itu lalu digunakan polisi setempat bersama PBB untuk memetakan dan menganalisis titik-titik rawan kejahatan dan kekacauan negara tersebut.

Basis data kriminal tersebut juga membantu pasukan keamanan negara untuk merencanakan operasi dengan lebih baik untuk membantu penduduk setempat.

Kontribusi dan kemampuan Briptu Renita Rismayanti menjadikannya sebagai petugas polisi PBB termuda yang memenangkan Penghargaan Polisi Wanita Terbaik.


Prestasi Briptu Renita Rismayanti

Selama bertugas sebagai pasukan perdamaian PBB dan polwan Indonesia, Renita menorehkan sederet prestasi dan kontribusi bagi masyarakat. Dilansir dari akun resmi Instagram Penjaga Perdamaian atau Peacekeeper Polri @peacekeeperpolri, berikut prestasi yang dicapai Briptu Renita:

  1. Merancang dan mengembangkan sistem data kriminal di misi PBB.
  2. Membuat sistem data kriminal polisi PBB untuk memetakan dan menganalisis titik rawan kejahatan.
  3. Mendukung operasional dalam melindungi masyarakat lokal, khususnya perempuan dan anak perempuan yang terdampak kejahatan seksual serta kekerasan gender.
  4. Menjadi partisipan perempuan dari sekitar 10.000 polisi PBB yang bertugas di 16 lokasi operasi perdamaian.
  5. Membantu membangun kepercayaan antara pemerintah daerah dan masyarakat sehingga pekerjaan polisi PBB lebih efektif dan menjaga masyarakat lebih aman.


Sumber:

  1. Situs Humas Polri, https://humas.polri.go.id/
  2. kompas.com, https://www.kompas.com/tren/read/2023/11/16/151500365/profil-briptu-renita-rismayanti-polwan-terbaik-pbb-2023-asal-indonesia?page=all 
  3. Tribata Polri, https://tribratanews.polri.go.id/
  4. Instagram Penjaga Perdamaian atau Peacekeeper Polri @peacekeeperpolri, https://www.instagram.com/reel/CzolS3_Pgn1/?next=%2Frockcitrarayaofficial%2Ftagged%2F&hl=bg