Home » , , » Biografi Grace Murray Hopper - Pencetus Ide bahasa pemrograman komputer

Biografi Grace Murray Hopper - Pencetus Ide bahasa pemrograman komputer

Grace Murray Hopper
Grace Murray Hopper adalah seorang ilmuwan komputer Amerika dan Laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat. Sebagai Seorang pelopor di lapangan, Dia adalah salah satu programmer pertama dari Harvard komputer Mark I, dan mengembangkan compiler pertama untuk bahasa pemrograman komputer. Dia mengkonseptualisasikan ide mesin bahasa pemrograman - independen, yang menyebabkan perkembangan COBOL, salah satu bahasa pemrograman modern yang pertama. Dia dikreditkan dengan mempopulerkan istilah " debugging " untuk memperbaiki gangguan komputer ( terinspirasi oleh ngengat yang sebenarnya dihapus dari komputer). Karena luasnya prestasi dan peringkat angkatan laut, dia kadang-kadang disebut sebagai " Amazing Grace ". Angkatan Laut AS USS Hopper ( DDG - 70 ) adalah nama untuk dirinya , seperti Cray XE6 " Hopper " superkomputer di NERSC dan juga ruang belajar di Chalmers University of Technology .

Awal kehidupan dan pendidikan

Hopper lahir di New York City 9 Desember 1906. Dia adalah anak tertua dari tiga bersaudara. Keingin tahuannya tentang sesuatu sudah dimunculkan sejak kecil, pada usia tujuh tahun ia berfikir bagaimana alarm  jam bekerja, dan membongkar tujuh alarm jam sebelum ibunya menyadari apa yang dia lakukan ( ia kemudian terbatas pada satu jam ). Untuk pendidikan sekolah dasar dia terdaftar di Hartridge School di Plainfield , New Jersey. Pada usia 16 tahun dia ditolak untuk masuk  Vassar College (skor tes -nya dalam bahasa Latin terlalu rendah). Dia lulus Phi Beta Kappa dari Vassar pada tahun 1928 dengan gelar sarjana dalam matematika dan fisika dan meraih gelar Master-nya di Universitas Yale pada tahun 1930.

Pada tahun 1934 , ia meraih gelar Ph.D. dalam matematika dari Yale bawah arahan Disertasinya Øystein Ore , Jenis Baru Kriteria irreducibility, diterbitkan pada tahun yang sama. Hopper mulai mengajar matematika di Vassar pada tahun 1931 dan dipromosikan menjadi profesor pada tahun 1941 .

Dia menikah dengan profesor Universitas New York, Vincent Foster Hopper (1906-1976) dari tahun 1930 sampai perceraian mereka pada tahun 1945 dan tidak pernah menikah lagi.

Perang Dunia II
Pada tahun 1943 selama Perang Dunia II , Hopper memperoleh cuti dari Vassar dan dilantik ke dalam Angkatan Laut Amerika Serikat Reserve, salah satu dari banyak perempuan menjadi sukarelawan untuk melayani di WAVES.

Dia dilatih di Sekolah Naval Reserve taruna pada bulan Desember dan di Smith College di Northampton, Massachusetts. Hopper lulus pertama di kelasnya pada tahun 1944 , dan ditugaskan kepada Biro Perhitungan Proyek Kapal  di Harvard University sebagai letnan, kelas junior.

Dia bertugas di staf pemrograman komputer Mark I yang dipimpin oleh Howard H. Aiken. Hopper dan Aiken menulis tiga makalah pada Mark I, juga dikenal sebagai Automatic Urutan Controlled Calculator. Hopper meminta untuk ditransfer ke Angkatan Laut reguler pada akhir perang tapi ditolak karena usianya 38 dan terus melayani di Angkatan Laut Reserve. Hopper tetap di Harvard Lab Komputasi sampai 1949 , menolak sebagai guru besar di Vassar mendukung bekerja sebagai seorang peneliti di bawah kontrak Angkatan Laut di Harvard
.
UNIVAC
Pada tahun 1949 , Hopper menjadi seorang karyawan dari Eckert - Mauchly Computer Corporation sebagai ahli matematika senior dan bergabung dengan tim pengembangan UNIVAC I. Pada awal 1950-an perusahaan itu diambil alih oleh perusahaan Remington Rand dan saat itu dia bekerja untuk mereka bahwa pekerjaan compiler aslinya. Compiler dikenal sebagai compiler A dan versi pertama adalah A- 0 : 11.

Pada tahun 1952 ia memiliki compiler operasional . " Tidak ada yang percaya bahwaAku punya compiler berjalan dan tak seorang pun akan menyentuhnya. Mereka mengatakan komputer hanya bisa melakukan aritmatika , " katanya . Pada tahun 1954 Hopper bernama direktur pertama perusahaan pemrograman otomatis, dan departemennya merilis beberapa bahasa pemrograman berbasis compiler pertama , termasuk MATEMATIKA - MATIC dan FLOW - MATIC.

COBOL
Pada musim semi tahun 1959 konferensi dua - hari dikenal sebagai Konferensi Data Systems Languages CODASYL dibawa bersama ahli komputer dari industri dan pemerintah. Hopper menjabat sebagai konsultan teknis, dan banyak dari mantan karyawan nya bertugas di komite jangka pendek yang mendefinisikan bahasa baru COBOL. Bahasa baru memperpanjang bahasa FLOW - MATIC Hopper dengan beberapa ide setara dari  IBM ,COMTRAN.

Keyakinan Hopper bahwa program harus ditulis dalam bahasa yang dekat dengan bahasa Inggris daripada dalam kode mesin atau bahasa dekat dengan kode mesin ( seperti bahasa assembly ) ditangkap dalam bahasa bisnis baru, dan COBOL akan meluas untuk menjadi bahasa bisnis sampai yang paling dipakai di mana-mana saat ini .

Dari tahun 1967 sampai 1977, Hopper menjabat sebagai direktur Navy Bahasa Pemrograman Group di Kantor Angkatan Laut Informasi Perencanaan Sistem dan dipromosikan ke pangkat kapten pada tahun 1973.  Dia mengembangkan software validasi untuk COBOL dan compiler sebagai bagian dari program standarisasi COBOL untuk seluruh Angkatan Laut .

Standar
Pada 1970-an , Hopper diminta Departemen Pertahanan untuk mengganti sistem besar terpusat dengan jaringan kecil komputer yang didistribusikan. Setiap pengguna pada setiap node komputer dapat mengakses database umum terletak pada jaringan.Dia memelopori penerapan standar untuk sistem pengujian komputer dan komponen yang paling penting untuk bahasa pemrograman awal seperti FORTRAN dan COBOL. Tes Angkatan Laut untuk kesesuaian dengan standar ini menyebabkan konvergensi yang signifikan antara dialek bahasa pemrograman vendor komputer besar . Pada 1980-an , tes ini ( dan administrasi resmi mereka ) diasumsikan oleh Badan Standar Nasional ( NBS ) sekarang dikenal sebagai Institut Nasional Standar dan Teknologi ( NIST ) .

Pensiun
Hopper pensiun dari Naval Reserve pada usia 60 , sesuai dengan peraturan gesekan Angkatan Laut dengan pangkat komandan pada akhir tahun 1966. Dia dipanggil kembali ke tugas aktif bulan Agustus 1967 untuk periode enam bulan yang berubah menjadi tugas terbatas . Dia lagi pensiun pada tahun 1971, tetapi diminta untuk kembali ke tugas aktif lagi pada tahun 1972.

Dia dipromosikan menjadi kapten pada tahun 1973 oleh Admiral Elmo R. Zumwalt  Jr, Setelah Rep Philip Derek melihatnya di segmen Maret 1983 dari 60 Minutes, ia diperjuangkan HJRes . 341 , resolusi bersama di DPR yang menyebabkan promosi dia komodor oleh janji Presiden khusus.

Dia tetap aktif bertugas selama beberapa tahun di luar wajib pensiun dengan persetujuan khusus dari Kongres. Pada tahun 1985 , pangkat komodor berganti nama laksamana belakang , bagian bawah. Dia pensiun ( tanpa sadar ) dari Angkatan Laut pada tanggal 14 Agustus 1986.

Pada perayaan yang diadakan di Boston pada Konstitusi USS untuk merayakan pensiun , Hopper dianugerahi Defense Distinguished Service Medal , tertinggi non - tempur dekorasi diberikan oleh Departemen Pertahanan . Pada saat pensiun , dia adalah yang tertua aktif-tugas bintara di Angkatan Laut Amerika Serikat ( 79 tahun , delapan bulan dan lima hari ), dan ditugaskan di kapal tertua kapal di Angkatan Laut Amerika Serikat ( 188 tahun , sembilan bulan dan 23 hari ). ( Admirals William D. Leahy , Chester W. Nimitz , Hyman G. Rickover dan Charles Stewart ( 1778-1869 ) adalah satu-satunya perwira lainnya dalam sejarah Angkatan Laut untuk melayani aktif bertugas di usia yang lebih tinggi . Leahy dan Nimitz bertugas bertugas aktif untuk hidup karena promosi mereka ke peringkat Fleet Admiral ).

Dia kemudian dipekerjakan sebagai konsultan senior untuk Digital Equipment Corporation , posisi dia ditahan sampai kematiannya pada tahun 1992 , berusia 85 .

Kegiatan utamanya dalam kapasitas ini adalah sebagai duta goodwill, mengajar secara luas pada hari-hari karir komputernya, dan upaya yang vendor komputer bisa ambil untuk membuat hidup lebih mudah bagi pengguna mereka . Dia mengunjungi sebagian besar dari fasilitas rekayasa digital, di mana dia biasanya menerima sambutan pada akhir sambutannya . Selama kuliah dia mengggambarkan nanodetik menggunakan  Bell usang Sistem 25 pair kabel telepon, memotongnya menjadi 11,8 inci ( 30 cm ) , jarak yang ditempuh cahaya dalam satu nanodetik, dan membagikan kabel individu untuk pendengar nya.

Hal yang paling penting yang saya capai , selain membangun compiler, melatih orang-orang muda. Mereka datang ke saya, Anda tahu dan berkata, "Menurutmu kita bisa melakukan ini ? " Aku berkata , " Cobalah . " Dan aku kembali ' . Mereka membutuhkan itu. Aku melacak mereka ketika mereka semakin tua dan saya aduk pada interval sehingga mereka tidak lupa untuk mengambil risiko . "

Grace Murray Hopper wafat 1 Januari 1992 dan dimakamkan di Arlington National Cemetery dengan penghormatan militer penuh.