Home » , , » Biografi Mas Tirtodarmo Haryono - Pahlawan Revolusi

Biografi Mas Tirtodarmo Haryono - Pahlawan Revolusi

Mas Tirtodarmo Haryono
Mas Tirtodarmo Haryono

PROFIL 

Nama Lengkap : Mas Tirtodarmo Haryono
Alias: Tirtodarmo Haryono | M.T. Haryono
Agama : Islam
Tempat Lahir : Surabaya
Tanggal Lahir : Minggu, 20 Januari 1924
Warga Negara : Indonesia
Saran untuk dibaca"Biodata Lengkap 10 Pahlawan Revolusi Indonesia"

Letnan Jenderal TNI Anumerta Mas Tirtodarmo Haryono atau dikenal juga dengan nama MT Haryono adalah tokoh pahlawan revolusi Indonesia yang meninggal pada 1 Oktober 1965 saat terjadinya peristiwa Gerakan 30 September. Mas Tirtodarmo Harjono menjadi Pahlawan Revolusi pada tanggal 5 Oktober 1965 berdasarkan Keppres No. 111/KOTI/1965.

MT Haryono mengenyam pendidikan pertamanya di ELS, yakni pendidikan setingkat sekolah dasar bentukan Belanda. Ia juga sempat melanjutkan sekolah di HBS, pendidikan setingkat sekolah umum. Kemudian beralih ke masa pendudukan Jepang, MT Haryono sempat disekolahkan ke Ika Dai Gakko, sebuah sekolah kedokteran pada masa pendudukan Jepang, tetapi tidak sampai selesai.

Saat Kemerdekaaan RI dikumandangkan, MT Haryono sedang berada di Jakarta dan segera bergabung dengan para pemuda lain untuk mempertahankan Indonesia. Semangat perjuangan tersebut juga dilanjutkan dengan masuknya MT Haryono ke TKR (Tentara Keamanan Rakyat). Pada masa awal pengangkatannya, MT Haryono mendapat jabatan sebagai Mayor. Dengan prestasinya, MT Haryono pun akhirnya berkali-kali naik pangkat hingga mendapat jabatan Letnan Jenderal.

Pada tragedy G30S PKI yang terjadi pada tanggal 30 September 1965, MT Haryono menjadi salah satu korban indsiden lubang buaya. Ia adalah salah satu korban yang ditemukan meninggal di lubang buaya. Para korban dari insiden G30S PKI tersebut kemudian dijuluki sebagai Pahlawan Revolusi. Selain MT Haryono, pahlawan revolusi lainnya yang turut menjadi korban adalah Jenderal TNI (Anumerta) Achmad Yani, Letjen. (Anumerta) Siswondo Parman, Letjen. (Anumerta) Suprapto, Mayjen. (Anumerta) Donald Isaac Pandjaitan, Mayjen. (Anumerta) Sutojo Siswomihardjo, Brigjen. (Anumerta) Katamso Darmokusumo (wafat di Yogyakarta), Kolonel Inf. (Anumerta) Sugiono (wafat di Yogyakarta), Kapten CZI (Anumerta) Pierre Tendean, dan Aipda (Anumerta) Karel Satsuit Tubun. Jenazah MT Haryono dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.

PENDIDIKAN
Ika Dai Gakko (Sekolah Kedokteran)
HBS (setingkat Sekolah Menengah Umum)
ELS (setingkat Sekolah Dasar)

KARIR
Mayor TKR (Tentara Keamanan Rakyat)
Sekretaris Dewan Pertahanan Negara
Sekretaris Delegasi Militer Indonesia

PENGHARGAAN
Pahlawan Revolusi Indonesia
(sumber: merdeka.com)