Home » , » Biografi Wilhelmus Zakaria Johannes

Biografi Wilhelmus Zakaria Johannes

Wilhelmus Zakaria Johannes
Dr. Wilhelmus Zakaria Johannes sering juga ditulis dalam ejaan baru Wilhelmus Zakaria Yohannes, adalah ahli radiologi pertama di Indonesia, Ia lahir di Pulau Rote, 1895.

WZ. Johannes adalah sepupu Prof. Dr. Ir. Herman Johannes, guru besar UGM yang adalah paman dari Helmi Johannes, presenter berita dan produser eksekutif televisi VOA Indonesia.

Sebagai dokter Indonesia pertama yang mempelajari ilmu radiologi di Belanda WZ Johannes juga menjadi ahli rontgen pertama yang sangat berjasa dalam pengembangan ilmu kedokteran Indonesia sehingga mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Namanya diabadikan sebagai nama rumah sakit umum di Kupang, Nusa Tenggara Timur yakni RSU WZ Johannes. Nama pahlawan ini juga diabadikan menjadi nama sebuah kapal perang TNI-AL yakni KRI Wilhelmus Zakaria Johannes.

Wilhelmus Zakaria Johannes meninggal di Den Haag, Belanda, 4 September 1952, dan dimakamkan di Pemakaman Jati Petamburan, Jakarta Pusat. Wilhelmus Zakaria Johannes menjadi Pahlawan Nasional pada 27 Maret 1968 dengan dikeluarkannya Keppres No. 6/TK/1968.
(sumber: Wikipedia)