Home » » Profil & Biodata Idza Priyanti - Bupati Brebes ke-31

Profil & Biodata Idza Priyanti - Bupati Brebes ke-31

 Idza Priyanti
Hj. Idza Priyanti, A.Md., S.E. adalah Bupati Brebes periode 2012 - 2017, Idza Priyanti dilantik bersama pasangannya, Narjo sebagai Wakil Bupati Brebes pada 4 Desember 2012 oleh Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo. Ia adalah salah satu bakal calon bupati untuk Pilkada Brebes 2017.


Awal kehidupan dan Karier

Idza Priyanti lahir di Pesurungan Kulon Kota Tegal, Jawa Tengah, pada 09 Januari 1971. Ia adalah anak ketiga dari enam bersaudara, putri pasangan Ayah, H. Ismail dan Ibu, Hj. Rukhayah. Kakaknya, Ikmal Jaya, merupakan Walikota Tegal menjabat (periode 2009 - kini 2013).

Ayahnya merupakan warga asli desa Randusanga Kulon Brebes, dan karena pernikahan pindah ke Pesurungan Kulon tempat istrinya berdiam. Menikah dengan Kompol Drs. H. Warsidin dan dikaruniai empat orang anak; Raihan Raka, Elshanti Nabihah Salma, Elshinta Nafita Salma Moh. Rafi Danendra.

Sebelum menjadi Bupati, Idza menjadi Wakil Bupati Brebes, dan juga Direktur PO. Dewi Sri milik orang tuanya. PO Dewi Sri adalah perusahaan angkutan terbesar di kota tegal yang sebelumnya jabatan Direktur Utama dipegang oleh Kakaknya, Ikhmal Jaya, sebelum menjabat sebagai Walikota Tegal.

Idza terpilih sebagai Wakil Bupati (Wabup) Brebes sisa masa jabatan peroide 2007 – 2012, dalam rapat Paripurna DPRD Brebes pada 25 Agustus 2011 dengan 42 suara, sementara Cawabup lainnya, yakni Drs. Agus Chaerul Anwar hanya memperoleh satu suara.

Pada saat menjabat sebagai bupati Idza memberikan gajinya pada Taripah bin Darsa, wanita warga Brebes yang makan nasi Aking selama lima bulan setelah ditinggal mati suaminya dan rumahnya terbakar. Sebelumnya warga juga mengumpulkan bantuan untuk Taripah dan telah mengusulkan pada pemerintah agar Ibu ini diberi bantuan, namun belum direspon.


Pendidikan

  • SMA PGRI Kota Tegal
  • D-III STIE Kerja sama Yogyakarta
  • Manajemen Ekonomi (S-1) Universitas Pancasakti UPS Tegal pada tahun 2012 


Pilkada Brebes 2017

Pada pemilihan kepala daerah (PILKADA) kabupaten Brebes 2017, Hj. Idza Priyanti bersama Narjo mendaftarkan diri ke KPU sebagai bakal pasangan calon Bupati wan wakil bupati kabupaten Brebes untuk periopde 2017-2022.

Pasangan Hj. Idza Priyanti- Narjo diusung oleh Partai PDIP, Partai Golkar, PPP, PKB, Partai Demokrat, PAN dan Partai Hanura. Pasangan ini mendaftar pada Rabu (21/9/2016). Partai pengusung Idza-Narjo memiliki 39 kursi dengan rincian PDI Perjuangan 11 kuris, PKB 8 kursi, Golkar 7 kursi, PAN 5 kursi, Demokrat 4 kursi, PPP 3 kursi dan Hanura 1 kursi.


Profil Hj. Idza Priyanti, S.E.
  • Bupati Brebes ke-31, Petahana, Mulai menjabat: 4 Desember 2012
  • Wakil Bupati Brebes, Masa jabatan: November 2011 – Desember 2012
Informasi pribadi:
  • Lahir: 9 Januari 1971 Pesurungan Kulon Kota Tegal, Jawa Tengah, Indonesia
  • Partai politik: PDI-P
  • Suami: Kompol. Drs. H. Warsidin
  • Anak: Raihan Raka, Elshanti Nabihah Salma, Elshinta Nafita Salma, Moh. Rafi Danendra
  • Alma mater: SMA PGRI Kota Tegal, D-III STIE Kerjasama Yogyakarta, S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti UPS Tegal
  • Agama: Islam
  • Media Sosial: Twitter @idza_priyanti